Standar Struktur Artikel dan Teknik SEO Inpage

ENSIPEDIA.ID – Setelah kemarin kita mempelajari standar penulisan judul sesuai standar PUEBI, sekarang kita lanjut membahas cara membangun bagian-bagian tulisan artikel.

Secara umum, artikel ialah suatu karya tulis yang tidak hanya memuat fakta dan data, namun biasanya juga disertai analisis pribadi dari sang penulis, analisis pribadi penulis sering kita dapati pada bagian penutup.Nah, sebenarnya ada apa saja sih bagian-bagian artikel? Artikel dibangun dengan struktur sebagai berikut:

1. Judul

 

Judul ialah pintu gerbang bagi kita untuk masuk pada tulisan, oleh sebab itu kemarin kita sudah menyelesaikan membahas “Cara Menulis Judul Sesuai Standar PUEBI”.

2. Pembukaan

Tulisan yang baik ialah tulisan yang memuat pembukaan di awalnya, pembukaan bukan sekadar intro biasa, namun pembukaan berperan sebagai latar belakang dari bahasan yang akan kita bahas di bagian isi nanti. Oleh sebab itu, bagian pembuka mesti memuat beberapa unsur, sebagai berikut:

a. Memuat Latar Belakang

Kebanyakan penulis dalam membuat pembukaan sering bertele-tele, padahal untuk menghindari hal itu cukup dengan menguraikan judul dari tulisan kita.

Jadi poinnya, kita cukup menjelaskan gambaran umum dari apa yang kita cantumkan pada judul. Nah gambaran umum inilah yang akan kita kerucutkan pada bagian isi tulisan (Ini teknik Piramida Terbalik).

b. Keterkaitan dengan Data

Pembukaan yang baik, selain memuat latar belakang, mesti disertai suatu data.

Contoh pembukaan yang berisi uraian judul dan disertai data:

“Mengedukasi Terkait Organ Genital atau Bagian Privat Anak | Konsen”

Edukasi seks, kerap dianggap tabu oleh orang tua. Dari survey yang dilakukan institut ABCDE, persentase anak asia yang mendapat edukasi seks dari orang tuanya hanya sekitar 50%, dari kesehatan organ genital, sampai dalam hal “Consent” (suatu paket boleh dan atau tidak bolehnya sesuatu dilakukan terhadap biologis kita) sangat jarang diajarkan orang tua.

Nah berhubung anak-anak masih awam dalam mengenal batasan-batasan tertentu, maka ada baiknya kita sebagai orang tua memberitahu juga mengarahkan mereka. Berikut beberapa tips dalam mengedukasi anak tentang sex consent:

1.

2.

dst

c. Awali dengan Mengulangi Narasi Judul

Dalam menulis artikel, ada yang namanya SEO In-page, nah salah satu poinya ialah “Keyword”, keyword ini ialah kata yang sering digunakan user google dalam tab pencarian.

Untuk itu, dalam menentukan judul kita harus survei keyword dulu, yg mana keyword ini mesti kita cantumkan juga pada paragraf pertama dengan cetak tebal (bold). Untuk lebih mendalam terkait SEO ini, nanti akan kita bahas pada artikel yang dibuat oleh Yosef Diaz.

Contoh:

Judul: Cara menghilangkan Karat Besi

Karat besi seringkali sangat sulit dihilangkan, blablablabla blabla

…. Oleh karenanya, pada artikel kali ini kita akan membahas Cara menghilangkan karat besi.

 

3. Leher Isi

Leher isi ialah suatu narasi pendek setelah pembukaan, cirinya Ialah berupa ajakan untuk membaca bagian isi, seperti :

“Nah menarik bukan, mari kita bahas”;

“Itulah sekian problematikanya, berikut beberapa solusinya:”

 

4. Isi Tulisan

Aturan umumnya antara lain seperti:

-Harus memuat detail topik bahasan, kalau perlu dengan data pendukung;

-Penjabaran jangan bertele-tele;

-Baris paragraf jangan terlalu banyak, dalam salah satu poin SEO In-Page, setidaknya dalam satu paragraf artikel cukup memuat 5-6 baris saja.

 

5. Penutup

Tulisan artikel yang baik juga mesti memuat penutup. Dalam bagian penutup, umumnya kita mesti memuat kesimpulan, bahkan kita juga bisa memuat opini kita sebagai penulis, semisal suatu harapan, ajakan, seruan, dsb.

Nah dalam SEO, In-Page, kadang juga kita mesti mengulang keyword dari artikel kita.

Latest articles