Sejarah Musik Medieval Abad Pertengahan

ENSIPEDIA.ID – Halo para Ensiklopedian, kembali lagi saya hadirkan sejarah permusikan khususnya pada periode Abad Pertengahan atau zaman Medieval yang sesuai dengan request/permintaan David Tric pada thread saya sebelumnya.

Abad Pertengahan adalah zaman antara berakhirnya kerajaan Romawi (476 M) sampai dengan zaman reformasi agama Kristen oleh Marthen Luther pada tahun 1572. Perkembangan musik pada zaman ini disebabkan perubahan dunia yang semakin meningkat, sehingga menyebabkan penemuan-penemuan baru dalam segala bidang, termasuk dalam kebudayaan. Salah satu perubahan musik adalah: tidak lagi dititikberatkan pada kepentingan keagamaan, tetapi dipergunakan juga untuk urusan duniawi, yakni sebagai sarana hiburan. Perkembangan selanjutnya adalah terjadi perbaikan tulisan musik dan dasar-dasar teori musik yang dikembangkan oleh Guido d’ Arezzo pada 1050. Musik yang menggunakan beberapa suara berkembang di Eropa Barat, dan musik greogrian disempurnakan oleh Paus Gregorius. Pelopor Musik pada abad pertengahan adalah Gullanme Dufay dari Prancis dan Adam de la Halle dari Jerman.

Musik Abad Pertengahan terdiri dari lagu, karya instrumental, dan musik liturgi. Kemudian notasinya berkembang menjadi Musical Repertoire atau dikenal dengan kumpulan dari beberapa lembaran musik yang dimainkan secara individual, dan ensambel. Salah satu lembaran musik yang terkenal adalah The Gregorian Chant.

Pada era medieval ini, musik-musik dikaitkan dengan unsur keagamaan oleh masyarakat barat seperti musik liturgi atau musik yang seringkali dipakai di gereja, yaitu Pujian Gregorian (mimin juga gak tau musiknya seperti apa), musik sekuler, dan musik non-religius.

Biasanya Pujian Gregorian dinyanyikan oleh para biarawan pada Misa Katolik atau suatu rangkaian yang me-reka ulang adegan dari Perjamuan Terakhir Yesus, yang diyakini dapat memberi hubungan spiritual antara Manusia dan Tuhan melalui musik yang menjadi himpunannya.

Jenis nyanyian ini terus berkembang hingga akhir abad ke-10 dan secara perlahan musik polifonik mulai menggatikan/mengakhiri era ini. Sekiannn


—————
Sumber & Referensi:
[1] Puspitasari, Anggraeni, 2018. Dari https:,//www,google,com/amp/s/www,ruangguru,com/blog/ini-lho-sejarah-musik-dan-perkembangannya%3fhs_amp=true diakses pada 9 Maret 2021
[2] 2020. Dari https,://id,m,wikipedia,org/wiki/Musik_abad_pertengahan diakses pada 9 Maret 2021

[3] 2020. Dari https://tirto.id/giGs diakses pada 9 Maret 2021

Latest articles