Sebut Orde Baru Beri “Kebebasan,” Koordinator BEM SI Disorot Banyak Pihak

ENSIPEDIA.ID, KENDAL – Koordinator Pusat sekaligus Ketua BEM SI, Kaharuddin saat ini tengah menjadi sorotan berbagai pihak lantaran menyebut Orde Baru (orba) sebagai masa yang memberikan kebebasan dan kesejahteraan yang lebih baik dibanding Masa Reformasi.

Aksinya itu direkam oleh mahasiswa lain kemudian di upload ke media sosial. Dalam video itu, Kahar awalnya membandingkan Orde Lama dan Orde Baru dari sisi kebebasan dan kesejahteraan. Kemudian, Kahar menyebut Masa Orba seolah lebih baik dibanding Reformasi.

“Hari ini kesejahteraan contoh misalnya di Orde Lama kita peroleh yang namanya kebebasan, tapi kesejahteraan tidak. Orde Baru kita peroleh kebebasan, kesejahteraan kita punya. Hari ini yang ingin kita tanyakan adalah apakah kita punya kesejahteraan, apakah kita peroleh kebebasan? Ujar Kahar dalam video tersebut.

Koordinator Media BEM SI Luthfi Yufrizal ikut memberikan suara terkait pernyataan temannya itu. Menurutnya, Kahar telah memberikan klarifikasi atas apa yang disebutkannya.

“Tanggapan terkait video Kahar yang viral terkait Orde Baru, reformasi dan lain-lainnya, istilahnya itu dari pihak Kahar sudah klarifikasi di Twitter Kahar sendiri,” ujar Luthfi yang dilansir dari Detik.com.

Luthfi menjelaskan bahwa pernyataan tersebut murni datang dari Kahar sendiri, bukan pendapat BEM SI.

“Itu langsung dari Kahar sendiri yang mengatakan. Jadi terkait dengan yang kemarin itu istilahnya pelajaran buat kita semua. jadi apapun yang ingin sampaikan tidak ada salah-salah data,” tutur Luthfi.

Dalam akun Twitternya, Kahar menilai reformasi seharusnya menjadi perpaduan antara Orde Lama dan Orde Baru. Di mana, Masa Reformasi diharapkan menciptakan kesejahteraan dan kebebasan yang padu.

“Maksud dari penyampaian Ketua BEM SI adalah reformasi harusnya menjadi sintesa dari orde lama dan orde baru. Yaitu mendapatkan kesejahteraan dan kebebasan, karena itulah cita-cita dan semangat dari reformasi,” tulis @DinKaharud. Akun Twitter @DinKaharud ini dibenarkan merupakan akun Ketua BEM SI Kaharudin oleh Luthfi Yufrizal.

 

 

 

 

 

 

 

 

Hilmi Harsaputra
Menyukai alam dan dunia secara fisik, flora fauna serta astronomi.

Latest articles