Mungkinkah Akan Ada ‘Virus Zombie?’

ENSIPEDIA. ID, Kendal – Bagi kamu yang suka menonton film bertemakan wabah atau bencana pasti tidak asing dengan yang namanya zombi. Zombi atau zombie pada film tampak sangat mengerikan karena dapat mengubah pikiran, perilaku dan kesadaran dari orang yang terjangkit. Biasanya, mereka yang menjadi zombi akan bertindak agresif dan tidak terkendali sehingga dapat mengejar dan menularkan virusnya kepada orang lain.

Namun, hal itu hanya terjadi di film-film saja. Eits, tapi kira-kira ada gak ya ‘zombi’ di dunia nyata?

Mirip dengan ‘Virus Zombi’ 

Zombie | Liputan6.com

Sampai saat ini, belum pernah ada wabah zombi yang menyebar di Dunia seperti pada kebanyakan film. Dibutuhkan virus yang benar-benar kuat dan ampuh untuk dapat menimbulkan wabah zombi global. Namun, ada salah satu virus yang “mirip” dengan virus zombi, yaitu rabies.

Rabies merupakan salah satu virus mematikan yang ditularkan ke manusia dari gigitan, cakaran, air liur dan luka terbuka dari hewan, seperti anjing, kucing, kera, kelelawar yang terinfeksi virus tersebut.

Virus rabies dianggap mematikan karena ketika manusia menerima virus tersebut dari hewan dan jika tidak cepat ditangani maka akan menyebabkan kematian. Rabies dapat menginfeksi pusat sistem syaraf dan otak yang dapat mengakibatkan kelumpuhan hingga kematian.

Ketika tertular, rabies tidak akan lansung bereaksi pada tubuh, tetapi membutuhkan 4-12 Minggu untuk dapat memunculkan gejala-gejala ringan hingga berat. Pasien yang menderita rabies akan mengalami gejala berisiko bila tidak ditangani, di antaranya adalah insomnia, kram otot, halusinasi, mengeluarkan air liur yang banyak, hiperaktif hingga kelumpuhan. Diklaim, rabies juga bisa membuat penderitanya menjadi “gila.”

Namun, saat ini sudah banyak vaksin- vaksin yang dapat melawan virus rabies yang diaplikasikan untuk hewan-hewan rawan seperti anjing dan kucing.

Potensi Virus Rabies Menjadi ‘Virus Zombie’ 

Rabies dapat memengaruhi kinerja otak | Klinik Vaksinasi

Nah, virus rabies ternyata juga dapat berpotensi menjadi virus zombi, lho. Namun, hal ini kecil kemungkinannya karena rabies harus bergabung dahulu dengan virus influenza untuk menghasilkan wabah global. Bayangkan saja, rabies dapat membuat manusia menjadi gila, sedangkan influenza yang bertugas menyebarkannya dengan cepat. Tapi, hingga saat ini belum ada kejadian virus yang saling berbagi atau meminjam kemampuan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Hilmi Harsaputra
Menyukai bidang sosial-hukum, sosial-budaya, geografi, dan astronomi.

Latest articles