Mengulas Persepsi ” Tidak Perawan = Murahan?”

Pengertian perawan.

Menurut KBBI— tentang perawan—adalah perempuan yang belum pernah sama sekali melakukan hubungan seksual dengan laki-laki atau dimana saat malam pertama perempuan akan dicap ‘perawan’ jika ia mengeluarkan darah.

Hal yang tidak lagi tabu yang di tuhan kan kepada para perempuan. Dimana perempuan akan dianggap suci apabila ia masih perawan. Faktanya, selaput dara—selaput penyebab keluarnya darah pada malam pertama— hanyalah lapisan yang sangat tipis dan merentang di bagian bawah vag*na. Umumnya, lapisan ini memiliki berbagai macam bentuk; bulan sabit, cincin bahkan bulat seutuhnya. Pun sekarang, selaput dara ini bisa didapatkan dengan menjalani operasi. Saya rasa ini sudah menjadi rahasia umum.

Lalu apa hubungan ‘perawan’ dengan ‘murahan’?

Terkait persepsi masyarakat, bahkan sebagian besar laki-laki yang mengatakan;

  • “Perempuan yang sudah tidak perawan adalah perempuan murahan.”
  • “Perempuan yang disaat malam pertama tidak berdarah = bekas orang, barang rusak.”

Opini yang menyakitkan. Opini yang seakan-akan merendahkan perempuan yang tidak lagi memiliki hymen. Opini ini biasanya berdasar pada pengertian perawan tadi.

Padahal, hymen ini bisa robek dengan beberapa aktivitas fisik. Sebagian perempuan yang selaput hymen-nya sudah robek—pengecualian untuk mereka yang memang sudah pernah melakukan hubungan seksual—tidak sadar bahwa selaput itu sudah robek. Beberapa penyebab misalnya, cedera karena naik kuda dan bersepeda.

Lalu bagaimana dengan perempuan yang sudah tidak perawan karena memang pernah melakukan hubungan seksual?

Perempuan itu TETAP PEREMPUAN!

Ia bukan barang yang bisa kau sebut sebagai ‘bekas’.

Ia bukan barang yang bisa kau anggap ‘rusak’.

Perawan atau tidak, hal itu tidak mengurangi bahkan mengubah bahwa ia tetap perempuan. Ia tetap manusia yang tidak pantas direndahkan. Juga, ia masih manusia yang tidak patut di anggap tidak bernilai atau tidak berharga lagi.

Perihal terbuka dan kriteria para lelaki, kalau memang benar-benar ingin mencari pasangan yang sesuai dengan kriteria anda, sudahkah anda berkaca hari ini? Punya kriteria tertentu sebenarnya tidak salah. Yang salah itu ketika anda memiliki sebuah kriteria dan merendahkan orang yang tidak masuk kedalam kriteria anda itu.

Masa lalu perempuan itu, mau ia ceritakan atau tidak, sisa bergantung pada rasa bertanggung jawab dan kepercayaan yang ia miliki.

Mau anda terima atau tidak, sekali lagi itu bergantung pada keputusan anda. Jika memang anda tidak bisa menerima perempuan yang sudah tidak perawan lagi, ada baiknya anda membicarakan baik-baik dengan pasangan anda sebelum lanjut pada jenjang hubungan yang lebih tinggi.

Karena jika tidak, hal itu suatu saat akan menjadi bom waktu yang berujung pada saling menyakiti. Entah itu secara fisik atau emosional.

Lalu untuk kamu para perempuan yang sudah tidak lagi perawan, kamu tetap manusia. Perbaiki diri, bentuk pribadi yang lebih baik lagi dan jangan mengulangi kesalahan yang sama. Dan bagi kamu yang masih perawan, pertahankan itu dan jangan pernah mencoba untuk melakukan hubungan seksual diluar ikatan pernikahan.

Lost your virginity, does not define your worth. You are still a girl, and you are still valuable.

Latest articles