Melihat Pesona Destinasi Wisata di Cappadocia, It’s My Dream!

ENSIPEDIA.ID, Kendari – Belakangan ini, Cappadocia menjadi perbincangan jagat maya. Kota di Turki ini menjadi populer setelah tercantum dalam dialog serial Layangan Putus. “Cappadocia It’s my dream, not her,” ungkap Kinan dalam serial tersebut. Kota ini menjadi impian Kinan yang diperankan oleh Putri Marino tersebut. Namun, ada apa di Kota Cappadocia? Apakah seindah dan semenarik yang dibayangkan oleh Kinan?

Cappadocia merupakan salah satu daerah yang berada di Negara Turki. Secara administratif, Cappadocia berada dalam Provinsi Nevsehir di distrik kuno Anatolia. Kota ini terletak di dataran tinggi utara Pegunungan Taurus, Turki. Kawasan Cappadocia berada di sekitaran bagian hulu dan tengah Sungai Kizilirmak atau yang biasa disebut dengan Sungai Merah.

Karakteristik kawasan di Cappadocia berupa batuan vulkanik yang lunak. Hamparan batuan tersebut seiring waktu mengalami erosi sehingga membentuk sebuah lembah-lemban yang menakjubkan. Dengan keunikan alam yang begitu indah, Cappadocia menjadi salah satu objek wisata di Turki. Kawasan ini juga masuk dalam salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO.

Nah, berikut beberapa destinasi wisata di Cappadocia yang akan membuat kamu bermimpi untuk mengunjunginya. Now, it’s your dream!

1. Daratan Cerobong Peri (Land of Fairy Chimney)

Land of Fairy Chimney (Pixabay/LonggaWiggler)

Daerah yang menjadi destinasi favorit di Cappadocia adalah Daratan Cerobong Peri. Kawasan ini terdiri dari bebatuan yang menjulang tinggi berbentuk seperti cerobong dengan kubah layaknya sebuah jamur raksasa yang tersusun dengan alami. Pegunungan ini terbentuk dari erosi angin dan air di wilayah bebatuan vulkanis yang lunak.

Fairy Chimney akan berubah bak di negeri dongeng ketika senja tiba. Terpaan sinar matahari jingga yang menyatu dengan warna tanah dan bebatuan di Fairy Chimney membuat nuansa alam mimpi. Bukan hanya karena keindahannya bak di negeri dogeng, konon katanya kawasan ini sebagai tempat para peri tinggal.

2. Kota Bawah Tanah Kaymaki

Kota Bawah Tanah Kaymaki (Dailysabah.com)

Kota ini dibuat dan dibangun di bawah bukit. Awalnya, kota ini sebagai benteng pertahanan yang bernama Benteng Kaymaki. Pada tahun 1964 kota ini dibuka untuk umum sebagai objek wisata.

Jangan lupa untuk mengunjungi kota bawah tanah ini. Labirin-labirin di dalamnya membuat sensasi baru saat melakukan liburan. Kota ini terdiri dari 8 tingkat lantai bawah tanah. Empat lantai diantaranya bisa dikunjungi oleh wisatawan.

3. Gerome National Park

Gerome National Park (Dailysabah.com)

Wilayah ini menjadi ikon dari Cappadocia. Jika kamu ingin menikmati Cappadocia dari sudut pandang yang berbeda, menumpangi balon udara menjadi cara yang wajib dicoba. Balon-balon udara akan membawa kamu terbang di atas bebatuan indah di Taman Nasional Gerome dari ketinggian. Tapi, siap-siap saja merogoh kantong lebih dalam lagi.

Selain itu, arsitektur di Gerome juga tak boleh dilewatkan. Kamu juga bisa mengunjungi bangunan peninggalan Romawi seperti gereja, musium, dan bangunan klasik lainnya.

4. Kastil Uchisar

Uchisar Castle (Dailysabah.com)

Bangunan ini pada zaman Romawi digunakan sebagai benteng pertahanan. Kastil ini dibangun pda sebuah bukit batu berwarna krem yang menjulang tinggi. Bukit tersebut dipahat dan dibuatkan ruangan-ruangan untuk melindungi diri. Uchisar Castle memiliki landskap pemandangan yang sangat indh jika dikunjungi pada saat sebelum matahari terbenam.

5. Pigeon Valley

Lembah Merpati (Dreamstime.com)

Jika kamu pecinta burung merpati, objek wisata di Cappadocia ini jangan sampai terlewat. Di lembah ini kamu akan menemukan segerombolan merpati yang terbang membelah langit-langit di distrik Gerome. Lembah ini banyak dihuni oleh burung merpati yang jika dipadukan dengan langit Cappadocia akan sangat menakjubkan.

6. Pasabag

Pasabag (Qxtravel.org)

Pasabag atau yang sering diucapkan sebagai Pah-shah-bah ini juga merupakan daratan bebatuan yang berbetuk seperti jamur-jamur raksasa. Uniknya di Pasabag, bebatuan yang menjulang tersebut memiliki ujung yang lancip layakya sebuah kerucut.

Selain keindahan bentang alam, Pasabag juga memiliki nilai historis. Pada zaman dahulu, daerah ini dijadikan sebagai tempat para biarawan untuk bersembunyi dari marabahaya.

7. Kota Avanos

Kota Avanos (Rusti Travel Trunk)

Tak hanya bentang alam yang indah, Cappadocia juga memiliki pusat pembuatan tembikar dan karpet cappadocia. Kota ini terletak di tepi sungai Kizilirmak. Para wisatawan haruslah berkunjung ke kota ini untuk sekedar melihat pembuatan tembikar dan karpet ataupun untuk mencari buah tangan di Cappadocia.

Itulah beberapa destinasi wisata di Cappadocia. Bagaimana, tertarik untuk ke sana?

Latest articles