Kenapa Waktu Puasa di Utara Sangat Lama?

ENSIPEDIA.ID – Kenapa waktu puasa di belahan bumi utara sangat lama? Berbeda dengan khatulistiwa atau belahan bumi selatan yang hanya beberapa jam?

Jawabannya adalah Gerak semu tahunan matahari!. Sebenarnya, ini adalah Efek dari kemiringan rotasi bumi yang 23,5°. Sehingga suatu waktu (tanggal 23 desember), matahari lebih condong ke kutub selatan. Sedangkan, pada 23 juni matahari lebih condong ke utara. Dan pada september dan maret, matahari tepat berada di khatulistiwa dengan Deklinasi 0°.

Efek Kemiringan rotasi bumi ini cukup dirasakan dalam hidup kita. Seperti pergantian musim, lama panjang siang dan malam, pergantian waktu sholat dan lain sebagainya.
Bagaimana cara mengukur panjang siang di daerah kita? Simpel. Praktis kita hanya membutuhkan 2 rumus. Yakni persamaan cos setengah panjang siang dan deklinasi matahari. Lintang adalah lintang daerah kita.
Setengah Panjang siang dirumuskan dengan :
Cos HA = – (tan α)(tan β)
dengan 2HA = panjang siang dalam derajat
α adalah deklinasi matahari. β adalah lintang pengamat. Masih belum mudeng?

Masuk ke contoh. Sekarang daerah Finlandia jadi daerah dengan puasa terlama, lalu berapa lama puasanya? Benarkah sampai 20 jam lebih?

Lintang paling utara Finlandia adalah 70°. Ambil sampel adalah hari ini 17 Mei 2018. Tercatat deklinasi matahari 19°18′. Pers untuk deklinasi bisa kita turunkan sendiri berdasarkan grafik fungsi sin (x). Maka panjang siang disana adalah
Cos HA = – (tan 19,3°) tan (70°)
Cos HA = -0,96
HA = 163°
2HA = panjang siang dalam derajat
2(163) = panjang siang dalam derajat
327° = panjang siang dalam derajat
Untuk mengonversi ke jam, Anda hanya perlu menerapkan aturan 24 jam = 360°
Hasilnya, puasa total di siang hari(dari matahari terbit-terbenam) di finlandia (β = 70°) adalah 21,8 jam atau sekitar 21 jam 48 menit. Apakah ini sudah total? Seharusnya belum, karna ada waktu adzan subuh di sana yang seharusnya, matahari berada di bawah horizon. Sehingga masih ada kemungkinan lebih lama.
*persamaan diturunkan dengan Spherical trigonometry.
*Pers deklinasi diturunkan dari pers sin dengan 23,5° sebagai batas atas dan bawah.
Dec (h) = 23,5° sin ((Δh/365,25)x 360°)
Δh adalah perbedaan hari yang dipakai dari 21 maret ke tanggal yang dituju.
*efek refraksi atmosfer diabaikan. Jika memasukkan efek refraksi, maka puasa akan lebih lama walau beberapa menit.

Latest articles