Alasan Mengapa Kucing Mengikuti Kita

ENSIPEDIA.ID, Tangerang – Mungkin ada banyak dari kita yang pernah diikuti oleh kucing. Jika kita memberi setidaknya sedikit perhatian saja kepada kucing, seperti memberi makan atau hanya mengelusnya saja, maka kucing tersebut biasanya akan mengikuti ke mana pun kita pergi. Hal seperti ini bagi sebagian orang ada yang menyukainya dan merasa gemas terhadap tingkah si kucing. Namun, ada juga yang merasa terganggu dan risih akan kehadiran si kucing yang mengikutinya. Berikut ini ulasan mengenai mengapa kucing selalu mengikuti kita.

Mengutip dari Instagram @dokterhewan, perilaku kucing yang mengikuti manusia disebut “kitten-like behaviour” atau perilaku seperti anak kucing. Hal ini merupakan suatu kebiasaan yang dilakukan oleh anak kucing dengan mengikuti induknya untuk belajar bagaimana bertahan hidup secara mandiri. Jadi, jika seekor kucing mengikuti manusia itu berarti dia ingin mengetahui bertahan hidup mandiri seperti dia mengikuti induknya.

Ada alasan lain juga mengapa kucing mengikuti kita. Menurut Vetstreet, beberapa kucing adalah hewan yang penyayang secara fisik. Kucing menyukai jika kita memberi perhatian secara fisik, seperti mengelus bulunya, memberi sedikit pijatan, dan berbaring di dekatnya. Namun, ada beberapa kucing juga yang tidak terlalu menyukai perhatian secara fisik. Kucing yang seperti ini hanya ingin berada di dekat kita karena dengan melihat kawan sejenisnya didekati atau diberi perhatian oleh seseorang manusia, maka akan menganggap kawannya itu diperlakukan istimewa.

Selain itu, terdapat beberapa alasan lainnya mengapa kucing mengikuti kita. Berikut ini beberapa alasannya:

• ingin meminta makan;
• ingin dirawat oleh kita;
• mencari perhatian;
• ingin diperlakukan dengan baik;
• ingin bermain-main dengan kita; dan
• merasa bosan.

Nah, itu dia beberapa alasan mengapa kucing selalu mengikuti kita. Secara umum, alasan mengapa kucing mengikuti manusia adalah karena kucing memang hewan yang menyukai persahabatan. Tak heran, banyak manusia yang memelihara hewan menggemaskan itu.

Latest articles