Yuk Simak Ciri-Ciri Insomnia yang Bikin Kita Susah Tidur!

Tidur merupakan suatu hal yang dibutuhkan oleh manusia sebagai waktu untuk beristirahat. Karena pada saat tidur tubuh manusia akan meregenerasi sel-sel yang rusak selain itu juga dapat mengembalikan energi dan membersihkan racun-racun ditubuh. 

Sebaliknya, ternyata kekurangan tidur juga dapat merusak tubuh. Dalam artian tubuh akan menjadi kurang sehat, sebab waktu untuk mengembalikan energi dan meregenerasikan sel-sel yang rusak tidak ada lama kelamaan tubuh akan mudah terserang penyakit. Beberapa penyakit yang dapat menyerang orang yang kekurangan tidur seperti diabetes, stroke, jantung, obesitas, bahkan bisa mengalami depresi. Untuk mencegah penyakit diatas, ada baiknya kita mengenali gejala atau ciri-ciri orang yang susah tidur atau lebih dikenal dengan insomnia. Yuk simak artikel nya!

Ciri-Ciri Orang Mengalami Insomnia

Insomnia termasuk kedalaman golongan masalah kronis. Gangguan ini memiliki sifat berkelanjutan dalam hal susah tidur, berikut ciri-ciri orang yang mungkin mengalami insomnia:

Kesulitan Tidur di Malam Hari

Waktu istirahat yang optimal tentu dilakukan pada malam hari, hal itu terjadi karena sel-sel dalam tubuh akan mulai beregenerasi pada malam hari. Namun hal tersebut tidak akan terjadi atau sulit terjadi jika kita mengalami kesulitan tidur. 

Sering Bangun Tengah Malam atau Bangun Terlalu Pagi

Jika hal ini terjadi sesekali, masih bisa dikatakan umum terjadi. Namun anda perlu mengkhawatirkan diri anda jika gejala ini terjadi dalam waktu yang sering atau berkelanjutan, karena bisa saja anda mengalami insomnia.

Bangun Tidur Dengan Tubuh yang Lelah

Umumnya orang yang sudah cukup tidur dan istirahat akan terbangun lebih segar di keesokan harinya. Namun ternyata bangun tidur dengan tubuh masih terasa lelah bisa terjadi oleh beberapa orang.

Mudah Mengantuk dan Kelelahan Pada Siang Hari

Gejala selanjutnya yaitu mudah mengantuk dan kelelahan pada siang hari. Jika di sela-sela waktu produktif anda merasa kelelahan itu menjadi hal wajar jika terjadi sesekali. Tetapi yang perlu anda waspadai ketika kelelahan dan merasa ngantuk di siang hari menjadi hal rutin yang kerap terjadi pada diri anda.

Cepat Marah, Depresi, Cemas/Gugup

Gejala terberat pada orang yang mengalami insomnia jika emosional serta psikis anda sudah mulai terganggu. Kekurangan waktu istirahat tentu akan membuat semuanya menjadi berantakan, dari segi mental, fisik, dan pikiran bisa terserang. Anda akan mulai merasakan cepat marah, depresi, bahkan merasa cemas atau gugup tanpa ada sebab yang jelas. 

Mencegah Terjadinya Insomnia

Sebelum anda terkena insomnia, lebih baiknya anda mencegah agar hal tersebut tidak terjadi pada diri anda. Untuk pencegahan nya anda dapat melakukan beberapa hal berikut, seperti:

  • Atur jadwal tidur
  • Hindari kafein sebelum tidur
  • Lakukan relaksasi sebelum tidur
  • Olahraga rutin
  • Atur suasana tidur yang nyaman
  • Jauhi gadget sebelum tidur
  • Konsumsi makanan dengan kandungan magnesium lebih banyak
  • Tidak tidur siang terlalu lama

Kapan Harus Konsultasi Dengan Dokter?

Inilah tanda-tanda yang harus anda waspadai dan harus segera anda periksakan ke dokter sebelum terjadi insomnia akut:

  • gejala terjadi terus-menerus selama 4 pekan bahkan lebih
  • Mengganggu aktivitas sehari-hari
  • Terbangun pada malam hari karena merasakan sakit pada tubuh
  • Merasa mulas tanpa sebab di malam hari
  • Mengalami kesemutan dalam jangka waktu lama 
  • Merasakan kecemasan mendadak pada malam hari tanpa sebab yang jelas
  • Depresi saat melakukan aktivitas harian
  • Asam lambung naik pada malam hari

Itulah ciri-ciri insomnia beserta cara pencegahan nya yang telah dirangkum oleh tim Ensipedia.id semoga informasi ini dapat dijadikan acuan bahwa insomnia bukanlah sebuah hal yang bisa kita sepelekan. Ada baiknya anda segera melakukan pencegahan sebelum mengalami insomnia. Jangan lupa baca artikel lainnya di website kami dengan berbagai informasi dan topik yang menarik, yang dapat menambah ilmu serta wawasan anda.

Latest articles