Berakhirnya Sistem Feodal Abad Pertengahan Eropa

ENSIPEDIA.ID – Kalau kita membayangkan Eropa abad pertengahan, apa yang ada di pikiran kita? Kastil dengan arsitektur ala eropa abad pertengahan, baju zirah, bangsawan, ksatria berkuda, dan petani yang selalu ditariki upeti oleh bangsawan lokal, bukan?
Pada tahun 1347 wabah Black Death masuk ke Eropa. Karena perdagangan dengan Asia melalui Jalur Sutra itu juga melibatkan perpindahan orang-orang dari Eropa ke Asia dan sebaliknya, penyakit juga ikut bersama orang-orang yang pergi berdagang.
Orang-orang Eropa tiba-tiba terpapar oleh suatu penyakit menular dari tanah yang jauh dari mereka dan mereka sebelumnya tidak punya antibodi terhadap penyakit tersebut. Diperparah lagi dengan tingkat ilmu kesehatan pada abad pertengahan yang tidak memadai, Eropa literally menjadi lautan mayat. Mengerikan.
Apa yang terjadi setelah Black Death? We will just apply law of economics here. Supply and demand. Sebelum Black Death, populasi para peasant ini tentu sangat banyak sehingga para feudal lords tidak akan kehabisan buruh yang bekerja dan membayar upeti.
Tapi setelah Black Death yang membunuh sepertiga populasi, tentu jumlah orang yang bisa bekerja kini terbatas. Para bangsawan atau feudal lords ini berkuasa atas wilayahnya masing-masing dan kadang-kadang malah saling bersaing.
Dengan supply peasant sangat menurun dan demand tetap (karena tanah yang harus digarap jumlahnya konstan selama wabah Black Death), “harga” untuk peasant-peasant ini sebagai sumber tenaga kerja akan naik.
Feudal lords mulai menawarkan gaji agar tenaga kerja yang tersisa menggarap tanah mereka alih-alih tanah bangsawan yang lain. SIstem feodal mulai terkikis dan pekerja mulai diupah. Ini memberi jalan untuk revolusi industri 400 tahun kemudian di mana norma nya adalah pekerja yang menjual jasa/keahlian mereka terhadap para pemodal/kapitalis dikompensasi dengan gaji/wages.
Black Death adalah kekuatan sosial yang membalik sejarah bangsa pada saat-saat kritis.
Note : Feodalisme merupakan sistem sosial atau politik yang memberikan kekuasaan yang besar kepada golongan bangsawan.

Latest articles