Sinetron Indonesia Kembali Menjadi Sorotan Setelah Dituduh Plagiat “Squid Game”

ENSIPEDIA.ID, Jember – Belakangan ini, serial “Squid Game” memang sedang populer di seluruh dunia. Sangking populernya, salah satu sinetron Indonesia menjadi sorotan setelah dituduh melakukan plagiat atas serial asal Korsel tersebut.

Sinetron tersebut bernama “Dari Jendela SMP” yang tayang di salah satu TV swasta ternama, SCTV. Pada salah satu episodenya yang tayang pada Jumat, 22 Oktober 2021, terlihat para pemeran melakukan akting memainkan sebuah permainan yang berjudul “Dolanan Game”.

Kesamaan “Squid Game” dengan “Dolanan Game”

sinetron-indonesia-kembali-menjadi-sorotan-setelah-dituduh-plagiat-squid-game

Para pemain juga memakai jaket yang mirip dengan jaket yang ada pada “Squid Game”. Terdapat juga nomor urut yang ditempel sama halnyal, serta para kru yang memakai topeng besar. Tentu hal ini menggambarkan kru pada serial terlaris di netflix tersebut yang memakai jaket merah bertopeng.

Bukti kemiripan lain pada sinetron tersebut adalah terletak pada permainan “Red Light, Green Light”, jika pada “Squid Game” ditembak mati, maka pada sintron “Dari Jendela SMP” hanya disemprot cairan yang berbau tidak sedap.

Hadiah yang didapat dari permainan “Dolanan Game” sebesar 500 ribu dikali dengan jumlah peserta. Sedangkan, pada serial “Squid Game” hadiah yang diberikan sebesar 1 juta dikali dengan seluruh peserta.

Dihujat Netizen Hingga Direspon Netflix!

Dari beberapa bukti kemirian di atas, sontak saja membuat netizen Indonesia marah serta dipenuhi rasa malu.

“2beer! Malu banget anji** ini kalo ampe ketauan korea selatan bisa lho kena copyright”, tulis @tubirfess

Baca juga : AS Sukses Mencangkokkan Ginjal Babi ke Tubuh Manusia

“Terinspirasi sama Plagiat gk beda² amat yaak🤣 -Dolanan Game”, tulis @daffamaulaya02

“gue tuh ga mau ya ngejelek jelekin karya anak bangsa mulu, tapi kalo bentukannya begini gimana gue ga mau ngejelekin coba”, tulis @seokmindotco

Bahkan hal ini pun direspon oleh pihak Netflix Indonesia. Dalam sebuah komentar pada akun @moviemenfes, akun twitter Netflix Indonesia mengirimkan gif dari salah satu tokoh utama “Squid Game”, Gi Hun, yang tersenyum ke arah kamera.

Tentu jika hal ini sampai terdengar ke Netflix pusat dan geram atas plagiat ini, maka sinetron tersebut harus membayar sejumlah uang ganti rugi yang tidak sedikit, bisa berjuta-juta hingga milliaran.

Ubay Muzemmil
Gak tau mau ditulis apa

Latest articles