Ketika Etika di Sosial Media Rendah, Review Serial Drama “Mr. Hiiragi’s Homeroom”

ENSIPEDIA.ID, Jakarta – Mr. Hiiragi’s Homeroom atau dengan judul Jepang-nya “3 Nen A Gumi: Ima kara Mina-san wa, Hitojichi Desu” adalah karya fiksi buatan Shogo Muto yang dijadikan serial drama Jepang berjumlah 10 episode. Drama ini diperankan oleh Masaki Suda, Nagano Mei, Nana Mori dan aktor ternama lainnya. Saya disini merekomendasikan serial drama ini karena akhir-akhir ini sedang ramai kasus bunuh diri seorang remaja di Kings Mall Bandung. Sayangnya kejadian ini dianggap sebagai lelucon bagi beberapa orang. Oleh karena itu, diharapkan dengan menonton serial ini, hati kalian dapat tercerahkan untuk tidak semena-mena berkomentar di internet.

Judul              : Mr. Hiiragi’s Homeroom (2019)

MDL Score      : 8.6/10

Genre             : Action, Mystery, Psychological, School, Drama

Sinopsis :

Ibuki Hiiragi (Masaki Suda) adalah seorang guru kesenian. Dia adalah wali kelas 3A dan mulai mengajar kelas SMA ini sejak dua tahun yang lalu. Sepuluh hari sebelum hari kelulusan, Ibuki Hiiragi berdiri di hadapan kedua puluh sembilan muridnya, termasuk Sakura Kayano (Mei Nagano), dan memberitahu mereka bahwa mulai saat itu, mereka menjadi sandera.

Pendapat Pribadi :

Serial ini dikemas dengan sangat baik. Meski dari sinopsis masih agak kurang menarik, tapi saat sudah nonton berbanding balik dengan kesan awal baca sinopsis. Banyak moral yang bisa diambil dari serial ini. Mulai dari pengembangan karakter yang sangat baik, hingga plot twist yang seru. Serial ini hikmahnya bener-bener kuat, cocok buat para anak-anak jaman sekarang.

Kekurangan dari serial ini adalah banyaknya adegan yang cukup lebay. Mengapa saya katakan cukup lebay? karena beberapa adegan nampaknya memiliki akting yang berlebihan, alias tidak cukup normal di kehidupan biasa. Dan tokusatsu juga dilibatkan di serial ini, hal ini juga menurut saya cukup tidak normal karena tidak mungkin ada di dunia nyata. Namun, untungnya adegan tokusatsu ini hanya berupa latar belakang si karakter utama, atau lebih tepatnya pekerjaan Ibuki Hiiragi sebelum menjadi guru adalah aktor film tokusatsu.

[SPOILER CONTENT]

Serial ini bercerita mengenai kelas yang berisikan siswa yang sangat nakal. Bahkan saking nakalnya, terdapat siswa yang berprestasi namun dituduh melakukan dopping. Sehingga siswa tersebut bunuh diri. Ibuki Hiiragi adalah guru seni di kelas tersebut. Hingga pada akhirnya Ibuki Hiiragi menyandera seisi kelas untuk memberikan pelajaran tambahan selama seminggu sebelum kelulusan. Apabila siswa hendak melarikan diri, bom akan diledakkan di dalam kelas.

Mungkin pada awalnya, kalian mengira bahwa Ibuki Hiiragi adalah antagonisnya. Namun sebenarnya niat Hiiragi adalah untuk mengulik siapa yang sebenarnya membunuh siswa yang diduga bunuh diri tadi. Siapa yang pertama kali menuduh? siapa sebenarnya yang menyebarkan video palsu? dan siapa sebenarnya yang membuat korban menderita hingga memutuskan untuk bunuh diri. Awal episode mungkin membuat kalian bosan, namun setelah 4 episode keatas kalian akan disuguhi adegan-adegan tak terduga.

Endingnya benar-benar menyentuh hati. Seisi kelas yang awalnya nakal dan melawan guru, kini menjadi orang yang sangat menghargai orang lain. Pengembangan karakter di serial ini sangatlah bagus. Sangat direkomendasikan untuk ditonton.

Kesimpulan :

Serial drama ini sangat related dengan keadaan sosial media kita saat ini. Orang-orang dengan mudahnya melontarkan kata-kata negatif. Mengatakan seseorang bermental lemah jika bunuh diri, layaknya sudah pernah ditimpa ratusan masalah.

Latest articles