Wajarkah Menjadi Seorang “Simp”?

ENSIPEDIA.ID, MALANG – “Simp” adalah sebuah istilah slang dalam Bahasa Inggris-Amerika yang memiliki makna kurang lebih terlalu memiliki simpati yang besar terhadap orang lain (biasanya gadis) dalam konteks meraih hati/perasaannya. Di Indonesia, kata simp ini sebenarnya mirip dengan istilah bucin atau singkatan dari “Budak Cinta”. Selain itu, kata simp juga bisa diperlakukan sebagai kata kerja menjadi simping yang bermakna membucin. Kedua istilah ini sama-sama memiliki konotasi yang cenderung negatif, seperti halnya dengan bucin.

 

Berdasarkan forum internet di Reddit, kata simp berasal dari kata “simpleton” yang artinya seseorang yang mudah dikelabui (cinta buta). Kata simp juga diyakini berasal dari kata symphatetic atau memiliki simpati/perasaan yang berlebihan kepada orang lain. Menurut artikel dari Know Your Meme, kata tersebut ternyata sudah terdaftar dalam kosakata kamus Urban Dictionary pada tanggal 20 Januari 2005, dengan makna seorang pria yang mendekati perempuan seksi karena dia merasa dapat tidur seranjang bersamanya.

 

Baca juga : Alasan Mengapa Kamu Belum Menemukan Bakatmu – Ensiklopedia Bebas (ensipedia.id)

 

Seiring berjalannya waktu, kata simp ini menjadi sering digunakan kepada seseorang yang rela melakukan apa pun demi seorang perempuan, bahkan perempuan yang ia lihat melalui internet. Mulai dari rela menghabiskan uangnya demi perempuan tesebut, hingga membelanya apabila perempuan tersebut dihujat oleh seseorang. Mungkin istilah simp ini bisa dikatakan istilah “white knight” dalam konteks demi perempuan yang ia cintai.

 

Tentu simping ini bukanlah hal yang baik untuk dilakukan, karena pada dasarnya melakukan sesuatu yang berlebihan hanya untuk beharap di-notice oleh perempuan yang ia cintai adalah hal yang berlebihan. Mencintai bukanlah hal yang salah, tetapi perlu diingat ada batasan-batasan yang perlu diterapkan agar kita tidak terlalu tergila-gila dengannya yang membuat kita sendiri kehilangan segala yang kita miliki.

Latest articles