Turning Point, Titik Pengubah Kehidupan

ENSIPEDIA.ID – Pada detik ini juga, sudahkah Anda menemukan masa depan Anda? Atau Anda merupakan tipe orang yang mengikuti arus kehidupan tanpa menemukan tujuan akhir Anda? Bagi kalian yang merupakan salah satu tipe orang di atas, kemungkinan besar anda belum menemukan titik balik atau turning point Anda. Sebelum itu, apa sih “Titik balik” itu?

Turning point atau titik balik adalah peristiwa penting yang dapat mengubah kehidupan seseorang dari kondisi kehidupan yang terpuruk ,setelah menemukan titik balik,mendapatkan semangat baru untuk mengubah nasibnya menjadi lebih baik. Biasanya titik balik ini terjadi saat seseorang sangat kepikiran akan masa depannya, lalu ketika berhasil melewati titik baliknya ia menjadi seseorang yang bertekad merubah nasibnya, bahkan segala hambatan seperti malas dan sebagainya berhasil ia kalahkan.

Salah satu ciri orang yang berhasil melewati titik balik adalah ia bersedia mengambil resiko besar dalam hidupnya, selalu optimis, dan berhasil mengalahkan rasa malas dan takut akan kegagalan. Tapi apa orang yang berhasil melewati titik balik kehidupannya akan pasti sukses atau berhasil?

Ketika seseorang berhasil melewati titik balik kehidupannya, bukan berarti ia akan 100% berhasil. Tapi dengan adanya titik balik ini, meski kegagalan menimpanya, ia akan tetap memiliki keteguhan untuk menggapai impiannya meski melewati jalur yang lain. Contohnya, ketika seseorang sudah bertekad untuk menjadi ahli IT namun gagal masuk di fakultas yang ia inginkan, ia tak terlalu berlarut dengan kesedihan. Rasa kecewa tentu pasti ada, tapi jalan untuk menggapai impiannya tidak hanya dapat diraih dengan satu jalur. Ada ribuan cara untuk menggapai impiannya meski salah satu jalur gagal. Inilah efek dari titik balik tadi. Tekad tadi terus dipegang meski kegagalan menimpa. Namun, Bagaimana cara menemukan titik balik kita sendiri?

Sebenarnya setiap orang akan mengalami titik balik yang berbeda-beda. Ada yang mengalaminya melalui masa yang sangat sulit, ada juga yang berhasil menemukannya melalui motivasi-motivasi orang lain, dan sebagainya. Namun, yang pasti langkah pertama untuk menemukan titik balik kita adalah dengan membuka pikiran dan hati untuk menerima masukan dari setiap peristiwa yang mungkin merupakan jalan untuk menemukan titik balik dalam kehidupan kita. Terkadang kita sangat depresi dengan masalah-masalah yang sedang menimpa kita, dan malah melampiaskan dengan mencari kesenangan yang lain.

Sebaliknya kalau orang sudah menutup dirinya dan merasa yakin bahwa sudah nasibnya menjadi kuli seumur hidup, maka ia tidak akan pernah menemukan titik balik dalam kehidupannya. Walaupun disodorkan kesempatan di depan matanya,ia akan menolak dan tidak yakin diri. “Ga yakin bro, orang kecil macam kita bisa apa? Kita akan kalah sama mereka yang berduit”, seperti itulah pemikiran yang tidak berhasil menemukan titik balik.

Orang yang sudah terperangkap oleh zona nyaman, sangat berpotensial tidak akan menemukan titik balik dalam kehidupannya, karena sudah merasa cukup puas dengan apa yang ada padanya. Biasanya orang tipe semacam ini,berprinsip.: “Dengan kerja seperti ini, saya sudah bisa hidup, mau apa lagi?”  Akibatnya ia akan menjalani hidup secara monoton yang lama kelamaan akan tiba pada titik jenuh.

Ingat, arus dunia ini tidak untuk dinaiki. Buatlah kehidupanmu sendiri. Ambil satu langkah besar, dan beri tenaga yang kuat untuk langkahmu itu. Hidupmu adalah milikmu sendiri, jangan biarkan orang lain menghalangi tujuan hidupmu.

Jangan menunggu besok hari, mulai detik ini buatlah satu langkah besar hidupmu dengan menentukan seperti apa masa depan yang kamu inginkan. Dan ketika esok hari kau bangun dari tidurmu, mulailah bergerak dari hal kecil. Sedikit demi sedikit beradaptasi melawan zona nyaman. Terkadang, rasakan pahitnya kehidupanmu saat ini demi manisnya kehidupan masa depanmu.

Latest articles