Mengapa Kita Harus Sekolah? Ini Jawabannya!

ENSIPEDIA.ID, Jakarta – Mengapa kita harus sekolah? Apa yang ingin didapatkan disana? Hasil apa yang akan diperoleh setelahnya?
Sebagian besar pelajar mungkin memiliki pertanyaan yang sama di dalam hati kecil mereka. Kebanyakan dari mereka tidak paham mengapa mereka harus repot-repot bangun pagi untuk berangkat ke sekolah.
Tak jarang mereka menganggap sekolah, teman, guru, lingkungan, ataupun keadaan disekolah itu membosankan. Mereka lebih menyukai waktu libur tiba, serta akan menjadi sedih ketika waktu liburan tersebut akan berakhir.
Berbagai tugas, pekerjaan rumah, serta ujian sekolah tak jarang memberikan tekanan psikologis dan bahkan fisik kepada para pelajar.

Tapi, apakah benar begitu?

Tidak. Semua itu hanya dalih yang diungkapkan oleh pribadi-pribadi yang malas.
Kita harusnya bersyukur karena masih memiliki kesempatan untuk bersekolah. Masih banyak orang yang tidak punya kesempatan yang sama dengan yang kita punya.
Berbagai faktor yang melatarbelakangi hal tersebut, mulai dari tidak memiliki biaya atau bahkan tidak ada sekolah yang dekat dengan lingkungan mereka. Contohnya saja, teman-teman kita yang tinggal di desa pedalaman yang susah untuk terjamah.
Bahkan, banyak dari mereka yang harus mendaki gunung, melewati lembah, dan mengarungi samudera hanya untuk bisa bersekolah.
Lalu, kembali ke topik awal. Mengapa kita harus bersekolah?
Sekolah tentunya bertujuan untuk memberikan pendidikan sebagai bekal untuk kita bertahan dan menjadi sukses di dalam kehidupan. Dengan pendidikan, kita diberikan kekuatan untuk berpikir dan menjadi orang yang bermanfaat bagi keluarga, sahabat, serta orang-orang yang berada di sekitar.
Tidak hanya sampai disitu, dengan bersekolah kita juga dapat meningkatkan rasa percaya diri dengan membangun banyak relasi. Kita bertemu banyak orang dengan status dan latar belakang yang berbeda-beda, tentunya dengan sifat serta karakter yang berbeda pula.
Disinilah nantinya pribadi dan karakter kita akan terbentuk dengan cara memahami gaya hidup dan perilaku dari berbagai orang. Sehingga kita akan bisa memilih, ingin menjadi pribadi yang seperti apa nantinya dalam kehidupan bermasyarakat.
Salah satu faktor yang mempengaruhi seseorang malas untuk pergi ke sekolah adalah karena mereka tidak mengerti tujuan dari bersekolah itu sendiri. Oleh karenanya, tetapkanlah target (goal), aktivitas, serta apa yang ingin kita capai di sekolah sedari awal agar tidak akan menjadi bosan ketika menjalankannya.

Latest articles