Alasan Mengapa Kamu Jangan Terlalu Baik Terhadap Orang Lain

ENSIPEDIA.ID, Tangerang – Berbuat baik terhadap orang lain merupakan suatu kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap orang. Setiap orang memang sewajarnya bersikap baik terhadap satu sama lain. Namun, jika terlalu baik terhadap orang lain juga tidak baik. Karena, berbuat baik tak selalu berimbas baik juga kepada diri kita sendiri. Ada kalanya, sikap baik yang kita lakukan kepada orang lain, malah membuat kita mengalami kerugian.

Terdapat beberapa alasan yang masuk akal mengapa berbuat baik juga tidak baik. Berikut ini beberapa alasannya.

1. Dimanfaatkan Orang Lain

Sikap terlalu baik kamu terhadap orang lain dapat dimanfaatkan oleh orang lain. Orang lain akan terlalu mengandalkan kamu, sehingga orang tersebut akan memiliki ketergantungan terhadap kamu. Jika hal ini terjadi dalam waktu yang lama, tentunya akan membuat kamu menjadi terganggu.

2. Melupakan Kepentingan Diri Sendiri

Karena terlalu baik, kamu selalu mengutamakan kepentingan orang lain terlebih dahulu. Sehingga, kamu melupakan bahwa kamu juga mempunyai kepentingan yang harus dilakukan. Hal ini dapat membuat urusanmu menjadi tidak terpenuhi.

3. Menimbulkan Hubungan yang Toxic dan Abusive

Hubungan yang toxic dan abusive adalah hubungan yang tidak sehat dan bisa berdampak buruk. Karena salah satu pihak akan berupaya menguasai dan mengendalikan pihak lainnya secara negatif. Sikap yang terlalu baik merupakan salah satu faktor yang dapat menimbulkan hubungan sosial seperti ini.

4. Orang Lain Belum Tentu Membalas Kebaikan Kita

Saat kita berbuat baik terhadap orang lain, tentunya kita juga mengharapkan orang itu akan berbuat sebaliknya kepada kita. Namun sayangnya, orang tersebut terkadang suka melupakan kebaikan yang pernah kita lakukan kepadanya. Saat kita sedang mengalami kesusahan, orang yang pernah kita bantu belum tentu membantu kita. Walaupun, sebenarnya dia mampu untuk membantu kita.

5. Menyalahkan Diri Sendiri

Karena sikap terlalu baik yang kita miliki, orang lain akan sering meminta bantuan kita. Akan tetapi, ada kalanya kita sedang tidak bisa menolong orang lain. Sebetulnya, hal seperti ini wajar jika kita tidak membantunya karena memang tidak bisa.

Namun, jika memiliki sikap yang terlalu baik, maka kita akan menyesalinya dan malah menyalahkan diri sendiri. Hal seperti ini harus dihindari, karena dapat menimbulkan gangguan kecemasan pada diri sendiri.

Nah, itu dia beberapa alasan mengapa sebaiknya kamu jangan terlalu baik terhadap orang lain. Berbuat baik memanglah hal yang positif. Namun, jika berbuat baik secara berlebihan justru akan menjadi bumerang bagi diri sendiri.

Latest articles