Informasi Lengkap Tepung Tapioka Terbuat dari Apa dan Biasanya Untuk Apa

Sebagian orang mungkin masih merasa kebingungan dengan berbagai macam jenis tepung. Khususnya tepung tapioka. Seberapa paham anda dengan tepung tapioka? Jika belum mengetahuinya secara detail, sebaiknya anda menyimak artikel berikut ini sebab pada kesempatan kali ini kita akan membahas secara detail mengenai tepung tapioka. Yuk langsung simak artikel berikut ini!

Tepung tapioka dibuat menggunakan umbi singkong. Tepung tapioka dapat dengan mudah anda temui di Indonesia, karena umbi singkong dapat dengan mudah tumbuh dengan baik dan subur di tanah ini. Selain bahan dasarnya yang mudah ditemukan, tepung tapioka juga dapat dioleh untuk berbagai macam pangan. Bagi anda yang sedang melakukan diet, tepung ini aman digunakan karena kandungan nya yang terbebas dari gluten. Maka dari itu diantara tepung lainnya, tepung tapioka menjadi favorit bagi orang yang menjalankan diet vegan. Tepung tapioka di dapat dari pati yang kemudian diekstrak dari akar tanaman singkong. Untuk memperoleh pati ini yaitu dengan cara cuci singkong terlebih dahulu, setelah itu lumatkan singkong hingga menjadi bubur lunak, setelah itu bubur lunak tersebut di peras sehingga menghasilkan cairan ekstrak singkong. Ketika cairan tersebut menguap, maka akan tersisa bubuk putih ekstrak halus yang merupakan pati murni dan biasa kita kenal dengan tepung tapioka. 

Kegunaan tepung tapioka

Setelah mengenal apa itu tepung tapioka, selanjutnya kita akan membahas kegunaan dari tepung tapioka tersebut. 

Tepung tapioka biasa digunakan sebagai bahan pengganti yang baik dan alternatif bebas gluten dibandingkan tepung lainnya. Tepung tapioka merupakan bahan umum dalam campuran tepung bebas gluten, yang umumnya mengandung campuran tepung jagung, tepung beras, tepung kentang, tepung almond, maupun tepung beras merah. Biasanya tepung tapioka akan digunakan untuk mengentalkan cairan, puding, dan saus manis. Tepung ini juga dinilai lebih stabil dibandingkan dengan tepung jagung secara umum, yang akan rusak dalam jangka waktu beberapa jam, dan membuat saus lebih berair. Selain sebagai bahan pengental, tepung tapioka juga biasa digunakan sebagai penambah tekstur tertentu pada saus dan custard, yang akan memberikan konsistensi yang hampir licin. 

Dalam kegunaan yang lebih utama, tepung tapioka dapat menjadikan makanan memiliki tekstur kenyal atau melar. Tepung tapioka merupakan bahan penting yang digunakan untuk campuran bahan kue bebas gluten karena dapat mereplikasikan tekstur kenyal yang didapat dari gluten. Selain itu tepung tapioka memiliki kemampuan untuk mengikat sehingga dapat membantu pembuatan roti menghasilkan roti yang lembut, ringan, dan memiliki tekstur kenyal. 

Dalam beragam makanan asia, tepung tapioka banyak digunakan sebagai bahan dasar hidangan penutup yang membutuhkan tekstur kenyal. Salah satu contohnya ialah dalam pembuatan mutiara dan boba yang biasa kita jumpai dalam teh susu ala Taiwan. Tepung tapioka juga memiliki efek yang berbeda jika kita menggunakan nya sebagai pelapis gorengan. Bukan menjadi licin, tapi akan menghasilkan gorengan yang renyah dan indah sehingga akan tetap konsisten dalam jangka waktu yang cukup lama. Karena tepung ini tidak memiliki rasa dan bau, maka dapat digunakan untuk campuran jenis masakan apapun tanpa mengubah rasa dan aroma dari makanan tersebut.

Manfaat tepung tapioka untuk kesehatan

Tidak banyak orang yang mengetahuinya, bahwa tepung tapioka ternyata memiliki peran yang baik dalam menjaga kesehatan jantung. Sebab dengan menggunakan tepung tapioka, maka tidak terdapat lemak jenuh sehingga dapat mengurangi asupan lemak jenuh dalam tubuh yang akan memberikan kesehatan untuk organ jantung anda. Selain itu tepung tapioka juga berguna untuk menjaga kadar diabet dalam tubuh, dan juga kesehatan pencernaan.

Nah itulah informasi mengenai tepung tapioka yang telah dirangkum oleh tim Ensipedia. Semoga informasi ini bermanfaat, dan jangan lupa untuk simak artikel lainnya dengan pembahasan yang tidak kalah menarik.

Latest articles