Mengetahui Lebih Lengkap Selaput Dara Itu Letaknya Dimana dan Seperti Apa

Organ reproduksi manusia adalah salah satu hal wajib yang harus kalian ketahui dan pahami. Karena hal tersebut adalah bagian penting dari diri kalian. Dan faktanya, masih banyak diantara kalian yang masih saja menganggap remeh dan tidak peduli tentang hal ini. Salah satu contohnya adalah tentang selaput dara pada wanita.

Banyak wanita diluaran sana yang masih abai dan tidak tahu tentang apa itu sebenarnya selaput dara, dimana letaknya serta seperti apa rupanya. Oleh karena itu, kami akan memberikan kalian informasi penting seputar selaput dara pada wanita. Tanpa berpanjang lebar lagi, mari silahkan simaklah penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini.

Apa itu Selaput Dara?

Sebagaimana diketahui, bahwa selaput dara adalah salah satu bagian pada organ intim dan reproduksi pada wanita. Selaput dara juga biasa disebut dengan nama hymen dimana merupakan salah satu bagian penting dari vagina. Biasanya orang-orang akan melabelkan eksistensi dari selaput dara ini sebagai tanda keperawanan seorang wanita dimana mereka masih belum pernah berhubungan intim dengan siapapun.

Namun, faktanya, asumsi bahwa selaput dara itu adalah tanda keperawanan seorang wanita tidaklah sepenuhnya benar. Sebab, ada banyak wanita diluaran sana yang kenyataannya masih belum pernah melakukan hubungan intim dengan siapapun, namun selaput dara mereka sudah sobek dan rusak.

Sobek dan rusaknya selaput dara pada wanita sebenarnya bisa disebabkan oleh berbagai hal, bukan hanya karena telah melakukan hubungan intim saja. Tipisnya lapisan jaringan pada selaput dara membuatnya mudah dan rentan untuk sobek meski hanya dikarenakan hal yang sepele.

Di beberapa kasus, terdapat wanita yang selaput daranya robek dan rusak bahkan ketika mereka belum pernah melakukan hubungan intim dengan siapapun. Sobek dan rusaknya selaput dara tersebut bisa diakibatkan oleh berbagai hal, misalnya seperti aktivitas berat, penggunaan tampon atau bahkan karena terlalu sering mengendarai sepeda dalam tempo waktu yang lama. Jadi, jangan pernah mematokkan bahwa seorang wanita itu sudah tidak perawan lagi hanya karena selaput daranya sudah robek dan rusak.

Sebagai catatan, bahkan pada kasus tertentu ada pula wanita yang terlahir tanpa selaput dara sejak lahir. Jika begitu, tidak mungkin dia sudah tidak perawan bahkan ketika baru saja dilahirkan, bukan?

Selaput Dara Itu Letaknya Dimana dan Seperti Apa

Pada penjelasan sebelumnya, kalian sudah mengetahui apa itu selaput dara pada wanita. Selanjutnya, hal yang juga perlu untuk kalian ketahui tentang selaput dara adalah dimanakah letaknya dan seperti apakah bentuk dan rupanya.

Merupakan bagian dari vagina, tentu saja selaput dara akan terletak pada daerah di sekitar vagina, lebih tepatnya yaitu pada bagian depan atau mulut vagina berupa lapisan kulit yang sangat tipis dan elastis. Karena terletak pada bagian depan atau mulut vagina, sehingga keberadaan selaput dara ini akan menutup lubang vagina wanita.

Untuk bentuk, rupa serta ukuran dari selaput dara ini sendiri biasanya berbeda-beda pada setiap wanita yang bisa berubah sejalan dengan pertambahan usia yang disebabkan oleh masa pubertas, kehamilan, melahirkan dan menopause.

Sifat elastis pada selaput dara membuatnya mudah untuk berubah bentuk, sehingga bisa menyempit dan merenggang ketika ada pergerakan yang terjadi di sekitar vagina. Karena sifatnya yang elastis ini, selaput dara tidak memiliki serabut saraf, otot maupun sel darah, dimana bila sobek dan rusak tidak akan berdarah atau mengeluarkan darah. Oleh karena itu, terkadang terdapat kasus dimana seorang wanita yang baru pertama kali melakukan hubungan intim dengan pasangannya tidak akan mengeluarkan darah dari vaginanya.

Di samping itu, karena tipisnya lapisan ini, tentu membuatnya rentan dan mudah untuk robek dikarenakan berbagai alasan dan akibat lainnya. Karena sobek dan rusaknya selaput dara pada wanita tidak hanya bisa diakibatkan karena melakukan hubungan intim. Sehingga hal tersebut tidak bisa menjadi patokan yang tepat untuk menyimpulkan bahwa seorang wanita dianggap tidak perawan lagi karena selaput daranya sudah robek dan rusak.

Dengan informasi seputar selaput dara yang telah dirangkum oleh tim Ensipedia.id di atas, sekarang kalian sudah lebih tahu dan paham tentang apa-apa saja mitos dan fakta yang benar tentang selaput dara pada wanita, bukan? Tentu hal ini merupakan suatu hal penting yang harus diketahui oleh orang-orang agar tidak salah kaprah dan menilai lagi tentang permasalahan selaput dara pada wanita.

Latest articles