Inilah Penyebab Utama Tekanan Darah Rendah dan Cara Mencegahnya

Tekanan darah rendah mungkin tampak diinginkan dan mungkin tidak menimbulkan kesulitan bagi sebagian orang.Namun, pada orang-orang tertentu, tekanan darah yang sangat rendah atau hipotensi, dapat menyebabkan pusing dan bahkan pingsan. Dalam keadaan yang parah, tekanan darah rendah bisa berakibat fatal.

Tekanan darah rendah didefinisikan sebagai kurang dari 90 millimeter air raksa (mm Hg) untuk angka atas (sistolik) atau 60 mm Hg untuk angka bawah (diastolik). Tekanan darah rendah dapat disebabkan oleh apa saja, mulai dari dehidrasi hingga kondisi medis yang signifikan. Sangat penting untuk menentukan apa yang menyebabkan tekanan darah rendah Anda sehingga dapat diatasi.

Penyebab Utama Tekanan Darah Rendah

  • Masalah Jantung

Penurunan tekanan darah yang cepat dapat disebabkan oleh penyakit jantung seperti detak jantung yang rendah, gagal jantung, masalah katup jantung, atau serangan jantung. Gangguan ini mengurangi fungsi jantung Anda, mencegahnya mengedarkan darah secara efektif. 

  • Dehidrasi 

Dehidrasi memiliki dampak yang signifikan pada tekanan darah. Tidak mendapatkan cukup air dapat mempengaruhi fungsi organ dan aliran darah. Jika Anda melihat diri Anda menjadi pusing dan lelah dan belum minum air putih, konsumsilah cairan dan rehidrasi sesegera mungkin.

  • Nutrisi yang Tidak Memadai

Dalam situasi yang parah, kekurangan protein dan vitamin penting, seperti vitamin B12 dan folat, dapat menyebabkan penurunan tekanan darah. Ini terjadi karena asam amino dari protein, bersama dengan vitamin, membantu produksi sel darah merah dalam tubuh Anda. Anda menjadi anemia jika Anda tidak memiliki cukup sel darah merah, dan jantung Anda tidak dapat mempertahankan tekanan vena yang normal.

  • Gangguan Endokrin

Sistem endokrin Anda bertanggung jawab atas kelenjar penghasil hormon seperti tiroid. Tekanan darah dapat dipengaruhi oleh masalah dengan kelenjar ini, seperti tiroid yang kurang aktif atau gula darah rendah. 

  • Usia

Usia mungkin berpengaruh pada tekanan darah Anda, terutama jika Anda memiliki riwayat tekanan darah tinggi. Hipotensi postural dapat terjadi ketika seseorang berdiri terlalu cepat dari posisi duduk atau berbaring, menyebabkan tekanan darah turun.

Cara Mencegah Tekanan Darah Rendah

  • Minum Banyak Air Putih

Dari penyebab yang sudah kita baca diatas, dehidrasi merupakan penyebab utama darah rendah. Maka dari itu, kita harus banyak minum air putih untuk menghindari itu setidaknya 8 gelas per hari.

  • Asupan Nutrisi yang Baik

Diatas pun disebutkan kalau asupan nutrisi yang buruk dapat menyebabkan tekanan darah rendah maka kita harus mencegahnya dengan cara memberi tubuh kita dengan nutrisi yang baik. Dengan cara memakan biji-bijian, buah, dan sayur seperti semangka, buah bit dan bayam yang dapat meningkatkan tekanan darah agar tetap stabil.

  • Berdiri Perlahan Saat Anda Sedang Duduk atau Berbaring

Berdiri secara tiba-tiba dapat membuat tekanan darah rendah yang menyebabkan pusing atau kliyengan. Untuk mencegah ini kita bisa mengatasinya dengan cara bangkit dengan perlahan-lahan. Regangkan otot-otot kaki seolah-olah Anda akan menendang ke depan. Aktivitas ini dapat meningkatkan sirkulasi darah sekaligus mencegah darah menumpuk di kaki saat Anda bangun.

  • Rutin Berolahraga

Olahraga secara teratur bermanfaat bagi kesehatan seseorang secara keseluruhan. Usahakan untuk berolahraga secara rutin, minimal 30-60 menit setiap hari. Anda bisa melakukannya dua kali seminggu. Namun, Anda harus menghindari berolahraga di daerah yang sangat panas atau lembab.

Nah, itulah tadi artikel tentang Penyebab Utama Tekanan Darah Rendah dan Cara Mencegahnya. Semoga informasi yang kami berikan dapat bermanfaat bagi kalian yang sudah membaca artikel ini terutama bagi kalian yang sedang mengalami tekanan darah rendah dan kalian yang ingin mencegah penyakit ini. Jika anda merasa kondisi tekanan darah rendah anda sudah cukup mengkhawatirkan dan mengganggu aktivitas anda sehari-hari sebaiknya konsultasi dengan ahlinya untuk cara mengatasi atau menyembuhkannya.

Latest articles