Inilah Jenis Sariawan Pada Anak yang Membahayakan Beserta Obatnya

Stomatitis aphtosa atau yang biasa dikenal sariawan merupakan luka atau peradangan yang terjadi disekitar bibir atau di dalam mulut. Luka ini biasanya menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman bagi penderita nya, biasanya orang akan merasa terganggu jika sedang melakukan aktivitas makan, minum, atau bicara.

Sariawan dapat diderita oleh siapa saja, tidak mengenal jenis kelamin dan usia. Dari bayi hingga lansia bisa mengalami sariawan. Terlebih lagi ternyata sariawan memiliki beberapa jenis dengan gejala dan bentuk yang berbeda. Kira-kira jenis sariawan seperti apa yang bisa terjadi pada anak-anak? Oleh karena itu kali ini kita akan membahas jenis sariawan pada anak beserta cara pengobatan nya, yuk simak artikel nya!

Jenis Sariawan Pada Anak

Sariawan merupakan luka yang membuat si penderita nya tidak nyaman di sekitar mulut. Bagi orang dewasa saja sariawan amat sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, apalagi jika yang mengalami sariawan adalah anak-anak tentu kita sebagai orang dewasa tidak tega bukan. Untuk mencegah dan menangani sariawan yang dapat terjadi pada anak, mari kita kenal terlebih dahulu jenis sariawan yang dapat dialami oleh anak-anak:

  • stomatitis aphtosa

Sariawan pada jenis ini biasanya dipicu oleh luka atau trauma yang terjadi ketika tidak sengaja tergigit bisa juga karena tergores oleh sikat gigi.

  • Oral thrush

Biasanya penyebab dari sariawan jenis ini adalah infeksi jamur candida albicans. Sebagian besar kasus terjadi pada anak yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah, bisa juga karena mengkonsumsi antibiotik dalam jangka waktu lama.

  • Stomatitis herpetic

Untuk sariawan jenis ini dapat terjadi ketika daya imun anak menurun atau saat terjadi pandemi, penyebab nya adalah virus herpes  simplex. 

  • Sariawan penyakit hand, foot, and disease

Biasanya luka pada jenis sariawan ini banyak dan menimbulkan rasa nyeri, uniknya sariawan ini biasanya juga akan muncul bersamaan dengan lesi pada telapak tangan dan kaki.

Cara Pengobatan Sariawan Pada Anak

Setelah mengetahui berbagai macam jenis sariawan yang dapat terjadi pada anak, tentu para orangtua akan lebih mudah mengenali sariawan jenis apa yang terjadi pada anak kalian. Setelah mengenali jenis nya berikut cara penanganan atau pengobatan yang bisa anda lakukan dirumah sebagai usaha awal untuk menangani anak yang menderita sariawan.

Mengobati Sariawan Pada Anak Dengan ASI

Air susu ibu (ASI) sudah banyak di kenal kaya akan nutrisi dan manfaatnya bagi tubuh bayi. Selain memenuhi kebutuhan nutrisi pada anak, ternyata ASI juga dapat digunakan sebagai salah satu obat sariawan pada bayi. Biasanya ASI dapat dijadikan obat sariawan pada bayi yang menderita sariawan dengan usia dibawah 6bulan. 

Pastikan puting ibu bersih dari bakteri, dan pastikan juga ibu mengkonsumsi makanan yang bergizi tinggi. Bayi yang sedang menderita sariawan tentu akan menjadi rewel dan merasa tidak nyaman, dengan begitu kesabaran orangtua sangat di butuhkan karena bayi akan merasa sakit dan tidak nyaman saat menyusui.

Mengobati Sariawan Pada Anak Dengan Menambah Nutrisi

Banyak faktor anak yang menderita sariawan, mungkin salah satunya kekurangan nutrisi. Bagi anak anda yang berusia diatas 2 tahun menambahan nutrisi bisa didapatkan dengan mengkonsumsi suplemen tambahan yang mengandung vitamin C, B2, B5 serta asam folat.

Mengobati Sariawan Pada Anak Dengan Kompres Air Dingin

Cara selanjutnya yaitu dengan kompreskan sariawan pada mulut anak menggunakan air dingin, karena rasa dingin tersebut akan membuat rasa nyeri pada sariawan menjadi mati rasa dan anak dapat makan atau minum dengan nyaman. Selain dengan air dingin, anda juga bisa memberikan makanan dingin pada anak untuk mengurangi rasa nyeri contohnya seperti potongan buah dingin atau es krim.

Sekian beberapa informasi mengenai sariawan pada anak serta cara mengobati nya yang telah dirangkum oleh tim Ensipedia.id. Semoga informasi ini dapat membantu anda dalam menangani anak yang sariawan, atau sekedar pengetahuan baru dalam bidang kesehatan. Jangan lupa simak artikel lainnya di website kami, karena banyak informasi menarik yang kami sajikan.

Latest articles