Simak Beberapa Penyebab Sakit Punggung Bagian Tengah dan Cara Mengatasinya

Meski umumnya sakit punggung banyak diderita oleh kalangan yang sudah berumur, namun bukan berarti kalangan yang masih muda tidak bisa mengalami sakit punggung. Dan dari sekian banyak bagian punggung yang dikeluhkan sakit, salah satunya adalah punggung bagian tengah. Lalu, sebenarnya apa sajakah penyebab yang bisa membuat punggung bagian tengah sakit?

Kalian bisa mencari tahu tentang Simak Beberapa Penyebab Sakit Punggung Bagian Tengah dan Cara Mengatasinya melalui artikel ini yang khusus kami sajikan untuk kalian. Tanpa berpanjang lebar, mari simaklah penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini.

Penyebab Sakit Punggung Bagian Tengah

Sakit punggung bagian tengah dapat kalian alami karena disebabkan oleh berbagai macam penyebab. Berikut adalah beberapa penyebab sakit punggung bagian tengah yang bisa kalian perhatikan.

  1. Umur adalah salah satu penyebab terjadinya sakit punggung bagian tengah yang paling umum. Seiring dengan pertambahan usia, kalian menjadi lebih rentan untuk merasakan nyeri punggung. Biasanya, keluhan sakit punggung bagian tengah akan mulai terasa dan dialami oleh kalian yang berada di umur 30 hingga 60 tahun. Berkurangnya massa otot karena proses penuaan yang terjadi turut serta meningkatkan resiko sakit punggung bagian tengah ini;
  2. Adanya masalah pada tulang dan/atau persendian di sekitar punggung seperti radang sendi atau pengeroposan tulang juga bisa menjadi penyebab munculnya sakit punggung bagian tengah. Rasa sakit dan nyeri yang kalian rasakan di punggung bagian tengah juga bisa disebabkan oleh peradangan sendi dikarenakan pergesekan yang terjadi antara ujung-ujung tulang sehingga bisa menimbulkan rasa sakit, bengkak hingga kaku;
  3. Banyaknya ditemukan penderita sakit punggung bagian tengah tidak lain dan tidak bukan disebabkan oleh gaya hidup yang kurang sehat, yaitu kurang baiknya postur tubuh mereka. Postur tubuh yang terlalu sering membungkuk bisa membuat otot-otot punggung meregang untuk menstabilkan posisi pangkal leher dan pundak supaya lurus dengan punggung;
  4. Kurangnya asupan nutrisi ke tulang belakang karena kebiasaan merokok aktif juga dapat memicu munculnya rasa sakit punggung bagian tengah;
  5. Serta, memiliki berat badan yang berlebihan alias obesitas juga bisa membuat nyeri pada tulang, otot dan tubuh bagian belakang lainnya lebih terasa.

Cara Mengatasi Sakit Punggung Bagian Tengah

Bila suatu saat kalian merasakan sakit punggung bagian tengah dan belum sempat untuk berobat ke dokter, mungkin kalian bisa mencoba untuk melakukan perawatan sementara untuk mengatasi sakit punggung bagian tengah tersebut.

Cara pertama adalah dengan memberikan kompresan hangat dan dingin secara bergantian di area punggung yang terasa sakit dan nyeri. Kalian bisa memulainya dengan mengompres bagian punggung yang sakit dan nyeri dengan es batu yang dilapisi kain. Bila sudah, berikanlah jeda lebih kurang sekitar 20 menit sebelum melanjutkannya dengan mengompres bagian punggung yang sakit dan nyeri tadi dengan air hangat. Lakukanlah beberapa kali hingga rasa sakit dan nyerinya berkurang,

Bagi kalian yang memiliki postur buruk akibat kebiasaan duduk dalam jangka waktu lama, kalian bisa mengatasi sakit punggung bagian tengah ini dengan memperbaiki postur tubuh kalian. Usahakan untuk selalu mempertahankan bahu dan punggung kalian dalam posisi tegak, baik ketika duduk maupun berdiri. Jika kalian diharuskan untuk duduk dalam jangka waktu lama, berikanlah jeda beberapa saat untuk berdiri. Serta atur pula tinggi kursi dan komputer atau laptop kalian senyaman mungkin dengan mempertahankan posisi punggung tetap tegak.

Rutin berolahraga dan melakukan aktivitas fisik juga bagus untuk mengatasi sakit punggung bagian tengah loh. Kalian bisa mencoba untuk berenang atau melakukan pose yoga tertentu atau sekedar berjalan kaki. Melatih otot perut dan punggung dengan melakukan plank juga bisa dijadikan referensi.

Lebih kurang itulah informasi penting seputar Simak Beberapa Penyebab Sakit Punggung Bagian Tengah dan Cara Mengatasinya yang sudah dirangkum oleh tim Ensipedia.id. Semoga saja informasi pada artikel ini bisa membantu dan memberikan pengetahuan baru bagi kalian serta bisa bermanfaat. Jangan sungkan untuk menjelajahi website kami karena selain artikel ini masih banyak artikel lainnya yang juga berisi informasi penting dan informatif yang mungkin kalian cari dan butuhkan.

Latest articles