Home Lifestyle Kesehatan Inilah Perbedaan Pityriasis Alba dan Vitiligo Pada Kulit

Inilah Perbedaan Pityriasis Alba dan Vitiligo Pada Kulit

24
pityriasis alba dan vitiligo

Ada beragam jenis penyakit kulit dengan gejala serta penyebab yang berbeda-beda. Ada penyakit kulit yang disebabkan oleh reaksi alergi, hingga penyakit yang disebabkan oleh infeksi jamur ataupun bakteri. Sama hal nya dengan jenis penyakit begitu pula dengan gejalanya, dari skala ringan hingga berat. Oleh karena nya penting bagi anda untuk mengetahui jenis penyakit kulit, untuk sekedar berjaga-jaga atau sebagai bentuk ilmu pengetahuan saja.

Kulit merupakan organ terbesar yang ada pada tubuh manusia. Selain melindungi organ tubuh di dalamnya dari bakteri, virus, dan sinar matahari, kulit juga bisa berfungsi sebagai pengatur suhu tubuh, indra perasa melalui sentuhan dan nyeri, ternyata kulitpun juga menghasilkan vitamin D. Sebagai organ tubuh terluar yang menerima berbagai bentuk paparan dari lingkungan, kulit dapat dengan mudah mengalami gangguan. Penyakit kulit dapat timbul dengan waktu tak terduga, banyak orang mengaitkan penyakit kulit dengan kebersihan kulit itu sendiri namun kenyataan nya banyak sebab dan faktor yang dapat mempengaruhi penyakit pada kulit.  Untuk itu kali ini kita akan membahas perbedaan dua penyakit kulit yaitu pityriasis alba dan vitiligo. Yuk simak informasi lengkapnya!

Apa Itu Pityriasis Alba?

Pityriasis alba merupakan salah satu penyakit kulit yang biasanya menyerang anak-anak hingga remaja. Hingga saat ini penyebab pastinya belum diketahui, tetapi kondisi ini diyakini ada kaitannya dengan eksim. Pasien yang terserang penyakit ini dicirikan dengan adanya bercak merah pada kulit yang berbentuk bulat atau oval. Umumnya bercak ini akan muncul disekitar wajah, dada, leher hingga lengan bagian atas. Pada dasarnya penyakit ini tidak dapat disembuhkan, akan tetapi pengobatan yang dijalani akan mengontrol gejala yang timbul. 

Gejala Pityriasis Alba

Seperti yang telah disebutkan beberapa gejala diatas, umumnya pityriasis alba akan muncul bercak merah berbentuk oval atau bulat dalam beberapa waktu bercak merah tersebut akan berubah warna menjadi putih hingga beberapa bercak akan menghilang dalam jangka waktu lama atau bahkan ada bercak putih yang tidak bisa menghilang. Gejala spesifik pada penyakit kulit ini cendrung akan muncul ketika udara panas. Pinggiran bercak dapat berubah warna menjadi kecoklatan ketika terkena panas.

Obat Untuk Pityriasis Alba

Sayangnya pityriasis alba ini tidak dapat disembuhkan hanya bisa di kontrol gejala nya ketika kambuh, akan tetapi ada beberapa obat-obatan yang diberikan dokter seperti:

  • Produk pelembab untuk mengurangi kulit yang kering
  • Krim steroid oles dengan dosis ringan yaitu 0,5-1% hydrocortison untuk mengurangi gatal dan kemerahan
  • Obat oles immunomodulators seperti pimecrolimus atau tacrolimu yang berfungsi untuk membatasi respon sistem imun yang nantinya akan mengurangi peradangan pada kulit

Apa Itu Vitiligo?

Vitiligo merupakan salah satu penyakit kulit yang menyebabkan warna kulit pudar. Biasanya area warna kulit yang memudar akan bertambah lebar seiring waktu. Selain itu vitiligo tidak hanya menyerang kulit, tetapi juga dapat terjadi pada bagian mulut, rambut, mata, dan sekitar kelamin.

Gejala Vitiligo

Gejala yang akan muncul pada penderita vitiligo yaitu munculnya bercak hipopigmentasi di tubuh. Awalnya, bercak yang muncul berwarna lebih muda dari kulit, hingga perlahan-lahan akan memutih. Biasanya gejala ini akan muncul lebih awal pada area yang lebih sering terpapar sinar matahari hingga menyebar kebagian tubuh lain. Tidak hanya merubah warna kulit, vitiligo juga bergejala mengeluarkan rasa gatal dan nyeri. 

Obat Untuk Vitiligo

Penanganan pada penyakit ini bertujuan untuk mengembalikan warna kulit aslinya. Pengobatan yang diberikan pun tergantung pada usia pasien, seberapa lebar area yang terkena vitiligo, hingga dampak vitiligo terhadap kelangsungan hidup pasien. Beberapa penanganan yang akan dilakukan dokter diantaranya yaitu:

  • Mengkonsumsi obat-obatan
  • Terapi sinar UV
  • Prosedur bedah
  • Cangkok kulit
  • Mikropigmentasi

Perbedaan Pityriasis Alba dengan Vitiligo

Jika dilihat dampak yang ditimbulkan dari kedua penyakit kulit ini memang terlihat mirip, namun terdapat beberapa perbedaan signifikan jika kita lihat dari gejalanya, beberapa perbedaannya yaitu:

Vitiligo

  • Merupakan penyakit yang mengganggu fungsi sel pembentuk pigmen kulit
  • Mengidap autoimun
  • Dapat muncul disekitar mulut, rambut, hingga kelamin
  • Faktor keturunan

Pityriasis Alba

  • Memiliki riwayat eksim
  • Tidak dapat disembuhkan
  • Terlalu sering mandi dengan air hangat
  • Hanya menyebar sekitar kulit

Itulah informasi yang dapat kami sajikan sebagai informasi untuk anda, yang telah di rangkum oleh tim Ensipedia.id semoga informasi yang kami sajikan bermanfaat dan dapat membantu anda menangani masalah serupa atau sekedar ilmu pengetahuan baru dibidang kesehatan. Jangan lewatkan artikel kami lainnya yang tersedia di website kami.