5 Penyebab Wajah Bruntusan dan Cara Menghilangkannya dengan Mudah dan Cepat

Saat kita menginjak masa pubertas, sering kali kita mengalami masalah kulit pada bagian wajah. Jerawat merupakan masalah kulit yang paling mengkhawatirkan, wajah akan berwarna merah berbintik, terasa perih dan gatal, hingga menimbulkan bekas. Jerawat membuat kita merasa kurang percaya diri dengan penampilan kita. 

Sebagian orang mendapati masalah yang lebih parah dari jerawat yaitu bruntusan. Bruntusan mempunyai dampak yang lebih parah dari jerawat. Munculnya bintik bintik merah yang kasar dan tidak rata, jumlahnya sangat banyak. Sehingga saat berkeringat, akan terasa perih dan gatal yang ingin sekali untuk menggaruknya. Namun saat bruntusan digaruk akan menyebabkan infeksi serta iritasi sehingga akan berakhir sangat parah. Inilah 5 Penyebab Wajah Bruntusan dan Cara Menghilangkannya dengan Mudah dan Cepat.

5 Penyebab Wajah Bruntusan

Komedo

Bruntusan terjadi akibat komedo yang menumpuk terlalu banyak, komedo terdiri dari 2 jenis, komedo putih dan komedo hitam. Diakibatkan karena pori pori yang tersumbat karena minyak berlebih dan sel kulit mati yang tertumpuk. 

Jerawat

Jerawat juga menjadi penyebab utama timbulnya bruntusan, dikarenakan pori pori yang tersumbat dan terinfeksi oleh bakteri. Bruntusan yang disebabkan karena jerawat akan menimbulkan benjolan kecil kecil yang meradang dan jumlahnya yang banyak.

Milia

Milia berbentuk komedo putih dan dapat disebut juga sebagai kista, namun tidak berbahaya. Seperti yang kita tahu sebelumnya, bruntusan terjadi akibat komedo yang menumpuk terlalu banyak. Dan milia adalah jenis komedo yang sudah terlalu parah, terlihat seperti benjolan putih seperti nanah, dan berjumlah sangat banyak.

Keratosis pilaris

Keratosis pilaris merupakan bruntusan berupa bintik bintik kecil yang terlihat seperti kulit kita saat mengalami merinding, terjadi akibat folikel rambut yang tersumbat oleh sel kulit mati. 

Alergi

Bruntusan juga bisa disebabkan oleh alergi. Terjadi akibat reaksi tubuh di saat makanan atau minuman yang kita konsumsi tidak diterima dengan baik. Dan kalian juga perlu berhati hati saat membeli alat kecantikan atau produk perawatan kulit, adakalanya produk yang kita gunakan tidak diterima baik oleh tubuh kita akibat alergi yang kita derita dan akhirnya menyebabkan brutusan. 

Cara Menghilangkan Wajah Bruntusan

Menghilangkan bruntusan di wajah bisa dilakukan dengan cara rutin menjaga kebersihan wajah, dan menghindari wajah kita dari paparan debu dan kotoran. Namun apabila kita sudah mengalami bruntusan yang cukup parah, kalian bisa mencoba cara di bawah ini untuk menyembuhkannya.

Rutin mencuci muka

Cara ini merupakan cara yang wajib kalian terapkan pada rutinitas keseharian kalian, mencuci muka setelah bangun tidur dan saat hendak tidur. Membersihkan sisa makeup sebelum tidur merupakan aktivitas yang wajib dilakukan sebelum tidur, karena apabila makeup belum terhapus dengan baik, maka hal itu akan menyumbat pori pori yang kemudian menimbulkan komedo maupun jerawat. 

Pelembab

Menggunakan pelembab merupakan cara yang tepat untuk menghilangkan bruntusan. Apabila kalian rutin menggunakan pelembab, wajah kalian akan terasa lembut dan tidak kering. Setiap jenis kulit perlu menggunakan pelembab. Kalian bisa menggunakan, toner ataupun serum sebelum menggunakan pelembab untuk efek yang lebih baik.

Tabir Surya

Paparan ultraviolet memberikan dampak buruk bagi kulit, sehingga wajib bagi kalian untuk menggunakan tabir surya apabila kalian hendak keluar rumah. Bagi kalian yang memiliki banyak aktivitas di luar rumah, wajib bagi kalian untuk selalu menggunakan tabir surya, untuk menghindari paparan sinar ultraviolet secara berlebihan. Efek dari paparan sinar ultraviolet yang berlebihan akan menimbulkan kanker kulit, dan pada akhirnya akan merusak sel kulit pada tubuh kalian.

Bagi kalian yang sudah menginjak masa pubertas, baiknya kalian menjaga kebersihan diri. Mulai dari wajah hingga tubuh kalian. Karena saat menginjak masa pubertas, kalian akan sering mengalami masalah kulit yang mengganggu, yang  pada akhirnya akan merusak penampilan kalian. Kalian juga bisa menggunakan produk kecantikan untuk merawat kesehatan kulit kalian.

Bekas jerawat dan beruntusan akan menyebabkan wajah kalian mengalami perubahan bentuk, berlubang, flek hitam, sampai kemerahan. Sehingga kalian perlu merawat diri kalian agar tidak menyesal di kemudian hari.

Latest articles