Yuk Simak Penyebab Mata Juling dan Cara Mengobatinya Dengan Mudah

Mata merupakan salah satu alat vital pada tubuh manusia. Memiliki mata yang sehat tentu keinginan semua orang, namun terkadang gangguan pada mata bisa saja terjadi. Salah satu gangguan pada mata yang kerap terjadi disekitar kita yaitu mata juling.

Mata juling atau strabismus merupakan kondisi pada saat mata tidak dapat melihat kearah yang sama disaat bersamaan, salah satu mata biasanya mengarah ke bawah atau ke atas dan mata lainnya dapat melihat ke samping. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang mata juling, mari kita simak informasinya pada artikel berikut ini!

Mata juling umum terjadi pada usia anak-anak. Sekitar 1 dari 20 anak menunjukkan gejala strabismus. Kasus ini biasa terjadi sejak lahir, namun mayoritas mata juling pada bayi tidak terdeteksi hingga berusia 3 bulan.

Penyebab Mata Juling

Sebagian besar mata juling terjadi karena faktor keturunan. Secara umum penyebab mata juling ialah pergerakan otot mata yang tidak berfungsi normal. 

Pada penderita mata juling, otot-otot mata tersebut tidak dapat bekerja secara bersamaan. Hal tersebut berakibat pada salah satu mata yang sulit fokus untuk melihat suatu objek, sementara mata yang lainnya melihat ke arah yang berbeda.

Sehingga menyebabkan retina mengirimkan dua sinyal yang berbeda ke otak. Pada akhirnya membuat otak kebingungan dalam memproses sinyal menjadi gambar, yang sering terjadi sinyal akan diabaikan oleh mata yang fokus dan pergerakannya lebih lemah. Jika hal tersebut dibiarkan terus menerus fungsi mata akan melemah hingga lama kelamaan akan kehilangan kemampuan melihat dengan baik. Selain itu mata juling juga bisa terjadi karena masalah kesehatan pada anak-anak, seperti:

  • Cerebral palsy
  • Congenital rubella
  • Cedera otak traumatis
  • Trisomi 18 (cacat lahir yang disebabkan kelainan genetik)
  • Retinoblastoma (kanker pada retina)
  • Tumor otak
  • Stroke
  • Cedera kepala
  • Penglihatan buruk di salah satu mata
  • Kesalahan refraksi yang tidak di perbaiki

Cara Mengobati Mata Juling

Pengobatan mata juling dilakukan bertujuan untuk menghindari kebutaan permanen atau ambliopia (mata malas), semakin cepat pengobatan dilakukan maka hasilnya tentu akan lebih efektif, berikut beberapa cara mengobati mata juling:

Mengobati Mata Juling dengan Kacamata

Cara pertama yang bisa dilakukan ialah menggunakan kacamata atau lensa kontak, terutama jika mengalami gangguan penglihatan lain contohnya rabun dekat.

Mengobati Mata Juling dengan Lensa Prima

Cara berikut hampir sama dengan penggunaan lensa kontak, hanya saja menggunakan lensa yang lebih tebal fungsinya untuk mengurangi pergerakan mata yang sulit fokus untuk melihat satu arah.

Mengobati Mata Juling dengan Penutup Mata

Cara ini bertujuan untuk menutup mata yang fungsinya paling baik. Sehingga mata yang tidak bekerja secara maksimal bisa terlatih meningkatkan kemampuannya untuk melihat lebih baik.

Mengobati Mata Juling dengan Terapi

Terapi ini dilakukan pada otot mata untuk melatih fokus penglihatan dan meningkatkan koordinasi pergerakan otot mata.

Mengobati Mata Juling dengan Tindakan Operasi

Biasanya dokter akan melakukan tindakan operasi untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi pada otot mata dengan mengubah posisi atau bentuk otot mata, biasanya tindakan ini akan dilakukan bersamaan dengan terapi otot mata.

Mengobati Mata Juling di Rumah

Hal yang bisa dilakukan untuk memperbaiki mata juling selain dengan obat, terapi atau tindakan operasi. Sebaiknya anda juga melakukan olahraga senam mata dan juga mengubah pola makan serta pola hidup sehat. Hal ini sebagai bentuk upaya agar kinerja mata perlahan akan membaik tentunya dilakukan bersamaan dengan pemeriksaan dokter.

Itulah informasi singkat mengenai mata juling serta cara pengobatannya yang telah dirangkum oleh tim Ensipedia.id semoga informasi ini dapat membantu anda dalam menangani masalah serupa atau sekedar ilmu pengetahuan di bidang kesehatan. Jangan lupa baca artikel lainnya yang banyak tersedia di website kami dengan berbagai topik menarik.

Latest articles