Inilah Beragam Penyebab Kreatinin Tinggi dan Cara Untuk Menanggulanginya

Saat anda sedang bergerak atau beraktivitas, jaringan otot memproduksi zat limbah dalam darah yang disebut dengan kreatinin. Kreatinin memiliki kadar dalam tubuh yang diatur oleh ginjal. Itulah sebabnya, jika kreatinin tinggi bisa jadi terdapat masalah pada fungsi ginjal. 

Untuk mengetahui fungsi ginjal salah satu cara yang biasa dilakukan yaitu dengan pemeriksaan kadar kreatinin. Pada kondisi normal kreatinin dalam darah disaring oleh ginjal dan dikeluarkan melalui urin. Namun jika fungsi ginjal bermasalah akan mengakibatkan tinggi nya kadar kreatinin karena tidak dapat menyaring dengan baik. Untuk mengetahui informasi lebih lengkapnya mengenai kreatinin, yuk langsung simak artikel berikut ini!

Penyebab kreatinin 

Dalam kondisi normal kadar kreatinin dalam tubuh manusia dewasa adalah sekitar 0,6-1,2 mg/dL pada pria, dan 0,5-1,1 mg/dL pada wanita. Kadar kreatinin bisa saja sedikit lebih tinggi pada orang dewasa muda dan  yang memiliki jaringan otot lebih banyak seperti atlet. Namun kadar kreatinin yang tinggi juga dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti:

  • Mengidap gangguan ginjal seperti infeksi ginjal, gagal ginjal, ataupun batu ginjal
  • Mengalami dehidrasi
  • Mengidap rhabdomyolysis
  • Mengidap hipertensi
  • Mengidap diabetes
  • Mengalami efek samping dari obat-obatan tertentu
  • Memiliki kebiasaan mengonsumsi daging dalam jumlah banyak

Tips menurunkan kadar kreatinin dalam tubuh

Sebenarnya kreatinin merupakan produk limbah, sehingga zat ini harus dibuang melalui urin. Bila kadar kreatinin terus tinggi dan terus meningkat lalu menumpuk, bukan tidak mungkin jika anda akan mengalami gangguan kesehatan. Berikut merupakan cara menurunkan kadar kreatinin dengan cara alami:

  • Konsumsi air putih yang cukup

Seperti yang telah disebutkan bahwa dehidrasi dapat menyebabkan tinggi nya kadar kreatinin. Selain menyebabkan pusing dan tubuh lemas, dehidrasi juga dapat meningkatkan kadar kreatinin. Oleh karena itu untuk menurunkan kadar kreatinin konsumsilah air putih dengan jumlah yang cukup agar tubuh juga dapat terhidrasi dengan baik.

  • Tidak melakukan olahraga berlebihan

Olahraga merupakan gaya hidup yang paling di rekomendasikan. Hal ini juga dapat menurunkan kadar kreatinin dalam tubuh. Tetapi sebaiknya anda hindari olahraga yang terlalu berat secara berlebihan, karena dapat meningkatkan kadar kreatinin, sebagai respon kerusakan otot saat berolahraga.

  • Hindari asupan protein berlebihan

Meskipun protein dibutuhkan oleh tubuh, namun mengonsumsi protein berlebihan juga tidak baik untuk tubuh. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, mengonsumsi daging dalam jumlah berlebihan dapat meningkatkan kadar kreatinin. Oleh karena itu sebaiknya anda batasi mengonsumsi daging merah, meskipun itu baik untuk kesehatan.

  • Konsumsi makanan berserat

Sudah tidak diragukan bahwa sayur dan buah bagus untuk kesehatan. Oleh karena itu dengan mengonsumsi sayur dan buah yang kaya akan serat dapat menurunkan kadar kreatinin yang tinggi dalam darah. Meski cara alami ini memerlukan penelitian lebih lanjut, namun mengonsumsi sayuran dan buah tetap membuat badan lebih sehat karena mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh.

  • Kurangi mengonsumsi natrium

Natrium atau garam sebaiknya anda membatasi diri untuk memakan nya, terutama ketika kadar kreatinin dalam tubuh anda tinggi. Hal ini karena makanan dengan natrium yang tinggi dapat meningkatkan tekanan darah dan retensi air, yang secara tidak langsung dapat meningkatkan kadar kreatinin

Nah itulah informasi lengkap mengenai kreatinin beserta cara menurunkan nya yang telah dirangkum oleh tim Ensipedia, semoga informasi ini dapat menambah ilmu pengetahuan anda atau membantu menyelesaikan masalah anda. Jangan lupa simak artikel kami lainnya dengan pembahasan yang tidak kalah menarik untuk anda simak.

Latest articles