Simak Beberapa Penyebab Demam Tiba-Tiba Pada Orang Dewasa yang Tidak Bisa Diremehkan

Jika anda mengalami demam mendadak biasanya terjadi karena respon tubuh terhadap virus yang masuk, karena sistem imunitas tubuh mencoba mendeteksi dan melawan virus tersebut. Dengan begitu suhu tubuh anda akan naik dari biasanya sekitar 37derajat celcius hingga 40 derajat celcius. Ketika anda mengalami demam mendadak sepatutnya anda berwaspada karena ini merupakan sebuah gejala awal datangnya suatu penyakit. Apalagi jika demam tinggi yang anda rasakan bersamaan dengan datangnya rasa mual, badan terasa lemas, hingga kepala pusing. Umumnya demam tinggi yang anda rasakan akan menurun secara perlahan setelah 3-5 hari. Namun jika melebihi batas tersebut, atau disertai dengan gejala lain sebaiknya anda langsung memeriksakan diri ke layanan kesehatan. Untuk mengetahui penyebab demam tinggi yang terjadi, kali ini kita akan membahas penyebab demam tinggi pada orang dewasa. Yuk langsung simak artikel berikut ini!

  • Terkena infeksi

Penyebab demam tinggi mendadak bisa terjadi akibat masuknya virus kedalam tubuh, misalnya meningitis, flu, radang tenggorokan, hingha sinusitis. Dengan masuknya virus-virus tersebut kedalam tubuh, maka respon alami yang dilakukan tubuh ialah terjadinya kenaikan suhu pada tubuh anda.

  • Pneumonia

Penyakit ini menyerang organ pernapasan pada manusia. Ketika penyakit ini menghinggapi tubuh anda, maka tubuh akan merespon nya dengan cara naiknya suhu tubuh secara mendadak. Ketika anda terserang penyakit ini, selain demam akan ada gejala lain yang anda rasakan seperti sesak napas, mual, dan batuk kering. Jika anda mengalami gejala-gejala tersebut, sebaiknya anda langsung memeriksakan diri ke dokter. Sebab jika penyakit ini tidak segera di tangani maka akan menyebabkan datangnya penyakit kronis lainnya secara cepat.

  • GERD

Gastroesophageal Reflux Disease atau yang dikenal dengan GERD atau naiknya asam lambung ke kerongkongan. Penyakit ini terjadi diakibatkan oleh katup yang berada pada kerongkongan tidak berfungsi dengan baik karena terjadinya pelemahan. Sehingga terjadilah dimana anda akan merasakan kondisi mulut terasa asam, sesak napas hingga naik ke tenggorokan. Penyakit yang terjadi pada sistsm pencernaan ini juga dapat menyebabkan demam tinggi mendadak.

  • Infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih atau disingkat ISK ini terjadi akibat adanya bakteri E. Coli. Pasien yang mengidap penyakit ini akan terus merasa ingin buang air kecil, merasakan panas ketika buang air kecil, terasa perih, urine berwarna keruh dan disertai demam tinggi mendadak.

  • Radang telinga

Radang telinga disebabkan oleh terjadi infeksi pada area telingah tengah yang menjalar hingga ke tenggorokan. Ketika radang telinga terjadi, suhu tubuh penderitanya akan mengalami kenaikan yang tinggi dan akan terjadi demam tinggi mendadak. Untuk menghindari radang telinga ini menyerang anda, sebaiknya rutin membersihkan telinga anda atau periksakan diri ke dokter THT.

  • Imunisasi atau vaksin

Penyebab demam tinggi selanjutnya ialah akibat vaksin atau imunisasi. Seseorang yang baru saja mendapatkan vaksinasi atau imunisasi, umumnya akan mengalami demam tinggi secara mendadak. Hal ini dapat terjadi karena disebabkan oleh sistem imun tubuh anda akan memberikan reaksi alami atas virus jinak yang baru saja di masukkan ke dalam tubuh anda. Namun biasanya proses ini tidak berlangsung lama, setelah tubuh beradaptasi dengan datangnya virus jinak tersebut, suhu tubuh anda akan kembali normal seperti semula. Jika terjadi hal-hal lainnya selain demam seperti menggigil hingga badan terasa lemas. Anda boleh segera periksakan diri ke dokter, untuk mengantisipasi hal-hal yang terjadi diluar dugaan.

Nah itulah informasi mengenai penyebab demam tinggi mendadak yang telah dirangkum oleh tim Ensipedia. Semoga informasi ini bermanfaat, dan jangan lupa untuk simak artikel lainnya dengan pembahasan yang tidak kalah menarik.

Latest articles