Yuk Simak Gejala, Penyebab, Hingga Pengobatan Untuk Latrophobia!

Kebanyakan orang takut untuk pergi ke dokter, meskipun hanya untuk sekedar periksa atau kontrol rutin. Berbagai macam alasan setiap orang berbeda-beda ada yang takut pergi ke dokter karena takut akan disuntik, takut jika di diagnosis penyakit kronis, bahkan ada orang yang takut jika diharuskan minum obat.

Tetapi yang harus diketahui ternyata jika takut pergi ke dokter tanpa penyebab yang jelas bisa saja anda mengalami Latrophobia merupakan sebuah ketakutan terhadap kunjungan ke dokter atau rumah sakit. Seperti apa gejala serta penyebabnya? Yuk simak artikel berikut ini!

Apa itu Latrophobia?

Latrophobia merupakan ketakutan irasional/ tidak wajar yang membuat pengidapnya menghindari kunjungan ke dokter dan juga rumah sakit. Pada tingkat yang lebih serius pengidapnya bahkan akan takut jika melakukan perawatan medis atau hal yang memicu kambuhnya. Phobia ini cendrung lebih sulit untuk disembuhkan, karena biasanya latrophobia takut akan hal medis hingga yang berkaitan dengan dokter. Maka akan kesulitan juga pada saat proses pengobatan akan di lakukan.

Penyebab Latrophobia

Ada beberapa aspek yang menjadi sebab terjadinya latrophobia ini. Berikut beberapa penyebab latrophobia:

  • Kejadian traumatis

Jika pasien mengidap latrophobia karena traumatis, bisa jadi di masa lalunya pasien pernah mengalami hal yang tidak menyenangkan hingga membekas. Sampai pada akhirnya rasa trauma terus menghantui hingga menyerang psikis pasien. Beberapa peristiwa yang dapat menyebabkan pasien trauma seperti pernah disuntik saat masin kecil, proses ambil darah yang begitu sulit, mengkonsumsi obat yang sangat banyak dengan waktu jangka panjang.

  • Memiliki riwayat phobia lain

Ternyata phobia lain dapat memicu terjadinya latrophobia ini. Terutama yang berkaitan dengan medis. Misalnya phobia terhadap jarum suntik (trynophobia), phobia dokter gigi (dentophobia), atau phobia darah (hemophobia). Hal-hal berkaitan itulah yang dapat memicu nya latrophobia mudah kambuh.

Gejala Latrophobia

Umumnya gejala latrophobia yang sering terjadi ialah rasa takut, hingga kecemasan berlebih pada saat ini pergi ke dokter atau kerumah sakit. Pada kasus yang berat biasanya dibarengi dengan sulitnya bernapas, jantung berdebar cepat, nyeri dada, kelelahan, pusing, keluar keringat dingin hingga berbagai gejala fisik lainnya. Oleh sebab itu, biasanya orang yang mengidap phobia ini akan berusaha sebisa mungkin untuk tidak terserang penyakit, untuk menghindari bertemu dengan dokter atau pengobatan medis lainnya. 

Pengobatan Latrophobia

Meskipun terlihat sulit mengobati phobia ini, pada nyatanya phobia ini masih bisa dilakukan pengobatan dengan beberapa cara, berikut cara pengobatan latrophobia bagi pengidapnya:

  • Terapi paparan

Pada terapi paparan ini tujuan utamanya agar pasien dapat mengurangi tingkat ketakutannya terhadap suatu objek atau peristiwa yang ditakutinya. Proses terapinya dilakukan dengan cara pasien akan dihadapkan atau diperlihatkan sebuah video atau foto objek yang ditakuti pasien, kemudian therapis akan melihat respon pasien terhadap foto atau video yang diperlihatkannya. Kemudian secara perlahan dan berproses therapis akan membantu pasien dalam menghadapi situasi tersebut dengan cara meditasi, relaksasi otot, teknik bernapas, hingga peralihan pikiran.

  • Terapi kognitif dan perilaku (CBT/ Cognitive Behavioral Therapy)

Berbeda dengan terapi paparan, CBT merupakan teknik terapi yang tujuannya untuk merubah pola pikir (kognitif) dan perilaku pasien pengidap latrophobia. Terapi ini dilakukan dengan cara pasien akan bertatapan dengan therapis untuk mencari tahu permasalahan yang dihadapi. Setelah itu pasien dan therapis akan bekerjasama untuk mengubah pola pikir serta perilaku pasien sesuai dengan yang sudah di targetkan. Setelah permasalah telah ditemukan berikutnya therapis akan menjelaskan secara perlahan dan memberikan pengertian bahwa pergi ke dokter merupakan salah satu hal yang penting untuk pencegahan pengobatan suatu penyakit.

Itulah informasi lengkap mengenai latrophobia yang telah dirangkum rapih oleh tim Ensipedia.id semoga infomasi ini bermanfaat sebagai ilmu baru atau informasi yang sedang anda cari. Jangan lupa lihat informasi lainnya yang kami sajikan di website, sebagai bentuk informasi untuk anda dengan berbagai pembahasan yang menarik.

Latest articles