Apa Itu Pembengkakan Kelenjar Getah Bening dan Cara Mengatasinya

Kelenjar getah bening memainkan peran penting dalam kapasitas tubuh Anda untuk melawan infeksi. Mereka bekerja sebagai filter, menangkap virus, bakteri, dan patogen lain sebelum mereka dapat menginfeksi bagian lain dari tubuh Anda. Pembengkakan kelenjar getah bening paling sering ditemukan di leher, di bawah dagu, di ketiak, dan di selangkangan.

Dalam keadaan tertentu, hanya dengan penerapan kompres hangat mungkin sudah cukup untuk mengobati pembengkakan kelenjar getah bening. Terapi untuk pembengkakan kelenjar getah bening yang disebabkan oleh infeksi ditentukan pada penyebabnya. Pembengkakan kelenjar getah bening seringkali disebabkan oleh penyakit bakteri atau virus. Langsung saja kita bahas lebih lanjut apa itu Pembengkakan kelenjar getah bening dan bagaimana cara mengatasinya.

Apa itu Pembengkakan Kelenjar Getah Bening?

Saat Anda merasa tidak enak badan, Anda mungkin melihat pembengkakan di sisi leher Anda. Benjolan itu cenderung lunak dan halus saat disentuh, dan bahkan mungkin sedikit sakit. Pembengkakan kelenjar getah bening (juga dikenal sebagai limfadenopati) sering terjadi dan sebenarnya bermanfaat. Pembengkakan pada kelenjar getah bening seukuran kacang ini adalah reaksi alami tubuh Anda terhadap penyakit atau infeksi. Ini menunjukkan kepada dokter bahwa sistem kekebalan tubuh Anda yang kuat sedang mencoba untuk membersihkan infeksi, virus atau kuman yang menyerang.

Banyak orang menyebutnya sebagai kelenjar bengkak, meskipun faktanya itu bukan kelenjar, melainkan komponen dari sistem limfatik Anda. Komponen ini merupakan salah satu sistem tubuh Anda yang kurang dikenal, bertanggung jawab untuk menyeimbangkan kadar cairan Anda. Kelenjar Anda yang membesar berfungsi sebagai filter, membantu tubuh Anda menghilangkan bakteri, sel, dan kotoran asing lainnya yang mengalir melalui kelenjar getah bening Anda (cairan bening atau agak kekuningan yang terdiri dari sel darah putih, protein, dan lemak). Ketika Anda memikirkan kelenjar bengkak, Anda mungkin berpikir tentang pembengkakan di leher Anda. Padahal, kelenjar getah bening di selangkangan, di bawah dagu, dan ketiak mungkin juga membengkak.

Cara Mengatasi Kelenjar Getah Bening

Setelah infeksi virus berakhir, pembengkakan kelenjar getah bening biasanya kembali normal. Antibiotik tidak efektif dalam mengobati infeksi virus. Perawatan untuk pembengkakan kelenjar getah bening yang disebabkan oleh sumber yang berbeda bervariasi tergantung pada penyebabnya:

  • Infeksi: Antibiotik adalah terapi yang paling sering digunakan untuk pembesaran kelenjar getah bening yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Jika pembesaran kelenjar getah bening Anda disebabkan oleh infeksi HIV, Anda akan diperlakukan sesuai.
  • Gangguan kekebalan: Jika pembengkakan kelenjar getah bening Anda disebabkan oleh kelainan seperti lupus atau rheumatoid arthritis, terapi difokuskan pada penyebab yang mendasarinya terlebih dahulu.
  • Kanker: Pembengkakan kelenjar getah bening terkait kanker memerlukan terapi kanker. Perawatan mungkin termasuk pembedahan, radiasi, atau kemoterapi, tergantung pada jenis kankernya.

Jika kelenjar getah bening Anda yang membesar dan membuat anda tidak nyaman, Anda mungkin bisa mencoba hal berikut:

  • Gunakan kompres hangat. Oleskan kompres hangat dan basah ke daerah yang sakit, seperti waslap yang direndam dalam air panas dan diperas.
  • Minumlah pereda nyeri yang tersedia bebas. Aspirin, ibuprofen (Advil, Motrin, dan lainnya), naproxen (Aleve), dan acetaminophen adalah contohnya (Tylenol, lainnya). Saat memberikan aspirin kepada remaja atau remaja, lanjutkan dengan hati-hati. Meskipun aspirin diizinkan untuk digunakan pada anak-anak di atas usia dua tahun, anak-anak dan remaja yang menderita cacar air atau gejala seperti flu tidak boleh meminumnya. Jika Anda memiliki kekhawatiran, bicarakan dengan dokter Anda.
  • Istirahat yang cukup. Istirahat sering diperlukan untuk membantu penyembuhan dari penyakit yang mendasarinya.

Nah, itulah tadi artikel tentang Apa Itu Pembengkakan Kelenjar Getah Bening dan Cara Mengatasinya. Semoga informasi yang kami berikan dapat bermanfaat bagi kalian yang sudah membaca artikel ini terutama bagi kalian yang sedang mengidap penyakit tersebut. Jika anda merasa pembengkakan ini sudah cukup mengkhawatirkan dan mengganggu aktivitas anda sehari-hari sebaiknya konsultasi dengan ahlinya untuk cara mengatasi atau menyembuhkannya.

Latest articles