Kisah Bilqis Prasista, Pebulu Tangkis Peringkat 333 yang Kalahkan Peringkat 1 Dunia di Uber Cup

ENSIPEDIA.ID – Aksi terbaik ditampilkan oleh pebulu tangkis muda Indonesia, Bilqis Prasista. Ia berhasil mengalahkan tuggal putri Jepang, Akane Yamaguchi yang menjadi pemain peringkat 1 dunia. Kemenangan dalam pertandingan tersebut dilakukan pada kejuaraan Uber Cup 2022.

Bilqis yang kerap disapa Sista itu mengalahkan Akane dengan dua set langsung dengan skor 21-19, 21-19 pada Rabu, (11/5/2022) di Impact Arena, Bangkok.

Sebelumnya, Sista diturunkan di partai pertama untuk menggantikan posisi Komang Ayu. Sista mengungkapkan bahwa kunci kemenangannya melawan Akane yaitu bermain tanpa beban.

“Saya main tanpa beban. Saya yakin saja, di pertandingan, tidak ada yang tidak mungkin. Orangtua saya juga berpesan kalau ketemu siapa saja, jangan takut dan selalu yakin. Sebab tidak ada yang tidak mungkin sepanjang mau berusaha dan yakin kita bisa. Tadi strategi saya hanya bagaimana membuat dia lari terus. Juga saya harus siap tahan dan semangat,” ucapnya saat diwawancarai usai pertandingan.

Akane yang berada di peringkat 1 dunia tersebut terkenal dengan kekuatan, keuletan, dan kecepatan. Sementara itu Bilqis Prasista yang berada di peringkat 333 dunia berusaha untuk mengandalkan kekuatan dan performa terbaiknya.

Ia mengungkapkan bahwa untuk menandingi kecepatan Akane, teknik yang ia gunakan ialah membuat Akane terus berlari.

“Pokoknya yang penting yakin saja sama diri sendiri, jangan banyak mati sendiri dulu saja dan tekniknya bikin di lari-lari terus. Orang tua juga berpesan agar harus percaya diri, kita pasti bisa asal ada kemauan. Semuanya tidak ada yang tidak mungkin, apa pun bisa terjadi,” ucap Bilqis Prasista.

Di awal pertandingan, Bilqis Prasista langsung melakukan gempuran terhadap Akane. Di menit-menit awal, ia langsung unggul 4-0. Walaupun terjadi kejar-kejaran poin, Bilqis tetap bisa mengalahkan Akane dengan durasi 35 menit.

Sebelumnya, Bilqis Prasista yang lahir pada 24 Mei 2003 tersebut merupakan atlet junior Indonesia. Ia sempat menjadi pebulu tangkis putri perhitungan Asia. Ia pernah menjuarai Bangladesh Junior International Series 2021 dan menjadi semifinalis Badminton Asia Junior Championship 2019. Ia akhirnya diangkat menjadi squad senior baru-baru ini.

Latar belakang Bilqis juga berasal dari keluarga pebulu tangkis. Kedua orang tuanya merupakan atlet-atlet yang menyumbangkan piala Thomas maupun Uber bagi Indonesia.

Ayahnya, Joko Supriyanto pernah berjuang dan membantu Indonesia membawa pulang Piala Thomas sebanyak 4 kali. Sedangkan, ibunya, Zelin Resiana pernah mengangkat Piala Uber sebanyak 2 kali. Dalam pertandingan Uber Cup 2022, kedua orang tua Sista turut serta menyemangatinya.

Keberhasilan Bilqis Prasista membuka pertandingan Indonesia vs Jepang dengan baik. Sayang sekali, Tim Indonesia harus kalah dari Jepang dengan skor 1-4. Meskipun demikian, perlawanan Tim Uber Indonesia perlu diapresiasi terkhusunya kepada Bilqis Prasista yang berhasil mengalahkan Akane Yamaguchi. Indonesia hadir sebagai Runner Up Grup A Piala Uber 2022.

Latest articles