Dilemanya Liga Arab pada Konflik Israel

ENSIPEDIA.ID, Jakarta – “Kami merasa seperti berada di film horor, pesawat berada di atas kami, dan tank dan angkatan laut mengebom – dan kami tidak bisa bergerak. Anak-anak, wanita dan laki-laki berteriak.” Ucap Salwa Al-Attar, salah seorang penduduk gaza seperti dikutip dari liputan6. Rasa kepedihan terus menyelimuti penduduk Gaza yang mana setiap hari saudara-saudara kita yang berada di sana meninggal akibat konflik berkepanjangan antara pasukan-pasukan militer Israel dengan pejuang-pejuang Hamas.

Hal tersebut mendapatkan banyak kecaman dari negara lain tak terkecuali negara yang tergabung di dalam Liga Arab. Namun, di sisi lain negara-negara Arab tersebut memiliki hubungan diplomatik yang erat dengan Israel.

Lalu, apa sebenarnya yang melatarbelakangi mereka untuk menjalin hubungan diplomatik dengan Israel? Apakah mereka sudah lupa dengan saudaranya? Berikut alasannya

Bahrain Mendapatkan Jaminan Keamanan Terhadap Iran

Bahrain bekerja sama dengan Israell dimulai ketika Perjanjian Abraham dibuat bersama dengan Uni Emirat Arab. Mereka menginginkan jaminan keamanan dari AS dan UEA terhadap serangan dari Iran.

Hal tersebut di akibatkan oleh dinasti Sunni yang menguasai mayoritas Syiah, dengan keterlibatan AS pada setiap konflik timur tengah, membuat negara timteng menganggap bahwa Israel adalah pelindung dari Iran.

Kerja Sama UEA dan Israel

Tidak kalah pentingnya dengan Bahrain, Uni Emirat Arab juga sangat “membutuhkan” bantuan dari Israel. UEA memperoleh jet siluman F-35 Israel yang canggih dari hasil perjanjian ini.
Bukan hanya itu saja, UEA juga bekerja sama dibidang pendidikan serta berkolaborasi dengan Institut Sains Weizmann Israel dalam pembuatan dan pengembangan kecerdasan buatan (AI).

Maroko Mendapatkan Pengakuan atas Sahara Barat

Kerajaan Maroko yang dipimpin oleh Raja Mohammed VI adalah negara Arab terbaru yang menjalin hubungan diplomatik dengan Israel.
Hal tersebut terjadi akibat pengakuan Amerika Serikat yang pada waktu itu masih di pimpin oleh Donald Trump atas kedaulatan Maroko di wilayah sengketa Sahara Barat yang sebenarnya menurut PBB itu bukan bagian dari wilayah Maroko.

Upaya Normalisasi Sudan Bersama AS dan Israel

Sudan memulai hubungan kerja sama dengan dua negara tersebut terhitung sejak 23 Oktober 2020. Beberapa pejabat Sudan mengungkapkan bahwa mereka tidak bisa menolak kesepakatan tersebut.
Sebagai timbal balik atas kesepakatan tersebut, Amerika Serikat menghapus Sudan dari daftar negara Terorisme serta membuka bantuan ekonomi dan investasi.

Iran Bantu Palestina

Iran merupakan negara yang secara terbuka mendukung Palestina. Hal tersebut dibuktikan ketika membantu Hamas memperkuat alutsista mereka untuk menyerang Israel.
Komandan Hamas disinyalir melakukan pertemuan rutin dengan Iran, mereka bekerjasama melakukan pelatihan dalam pengoperasian serta produksi senjata-senjata canggih.
Hal tersebut sangat berbanding terbalik dengan perlakuan negara-negara Arab terutama Arab Saudi terhadap Iran. Mereka membenci Iran dengan dilandasi berbagai faktor, terutama hal-hal yang berkaitan dengan agama.
Dengan suksesnya Israel yang dibantu Amerika Serikat membangun hubungan dengan negara Liga Arab menandakan bahwa Palestina tidak lagi dianggap penting oleh beberapa negara-negara Arab.
Terdapat dua cara yang digunakan oleh negara yang beribukota di Tel Aviv tersebut untuk menjalin hubungan yang baik dengan negara Arab.
Pola pertama, memanfaatkan Amerika Serikat dengan segala kekuatannya untuk menjadi perantara yang menjadi tuntutan atau kemauan negara Timur Tengah.
Pola Kedua, memanfaatkan kemelud ketegangan antara Iran dengan negara sekitarnya, sehingga Isreal menawarkan jaminan bantuan dan keamanan kepada negara yang diajak kerja sama.
Hal ini tentu menjadi sebuah kebimbangan bagi negara-negara yang tergabung ke dalam Liga Arab, pada satu sisi saudara mereka sedang mengalami ketidakadilan serta diskriminasi dari Israel dan pada sisi lainnya pula kepentingan bagi warganya perlu diutamakan.
Semoga masalah konflik Israell-Palestina segera teratasi dengan diumumkannya gencatan senjata dan semoga hidup berdampingan satu sama lain.
Ubay Muzemmil
Gak tau mau ditulis apa

Latest articles