Obat Ketombe Secara Medis Maupun Herbal yang Bisa Digunakan dengan Mudah

Salah satu masalah kulit kepala dan rambut yang sering dialami oleh banyak orang adalah ketombe. Tidak hanya rasa gatalnya saja yang bisa membuat kalian merasa risih dan terganggu, tetapi butiran putih yang jatuh di sekitaran bahu kalian tentu akan membuat rasa percaya diri kalian menjadi berkurang.

Bagi kalian yang memiliki masalah dengan ketombe, maka kalian sudah mendatangi tempat yang tepat karena pada artikel ini kami bermaksud untuk membagikan informasi penting seputar Obat Ketombe secara Medis maupun Herbal yang bisa Digunakan dengan Mudah untuk mengatasi permasalahan ketombe kalian. Tanpa berpanjang lebar, mari simaklah penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini.

Obat Ketombe Secara Medis

Ada banyak cara yang bisa kalian coba dan lakukan untuk mengobati permasalahan ketombe pada kulit kepala dan rambut kalian. Khusus untuk kalian, kami telah merangkap informasi lengkapnya di bawah ini.

  1. Salah satu cara yang paling umum dan banyak digunakan orang untuk mengobati permasalahan ketombe adalah dengan menggunakan shampo anti ketombe dengan kandungan khusus untuk mengobati ketombe. Kalian bisa menggunakan shampo anti ketombe tersebut untuk keramas seperti biasa untuk membersihkan kulit kepala dan rambut kalian dari kotoran sekaligus mengobati ketombe yang ada;
  2. Obat lain yang bisa kalian coba dan gunakan untuk mengobati ketombe secara medis adalah dengan menggunakan obat steroid topikal. Namun, perlu kalian garis bawahi, bahwa penggunaan obat ini harus dibawah pengawasan dan atas resep dari dokter kulit. Kalian bisa berkonsultasi kepada dokter kulit terlebih dahulu untuk bisa mendapatkan obat ini. Nanti dokter akan meresepkan kortikosteroid topikal, seperti fluocinolone yang bisa kalian gunakan untuk 2 minggu. Biasanya obat ini akan diresepkan dokter untuk kalian bila masalah ketombe kalian tidak kunjung hilang dan malah membuat ruam pada kulit kepala kalian;
  3. Penggunaan shampoo dengan kandungan asam salisilat juga bisa kalian coba untuk mengobati permasalahan ketombe secara medis. Kandungan asam salisilat ini dipercaya bisa mengangkat sel kulit mati yang menumpuk di kulit kepala sekaligus mencegah minyak berlebihan yang menjadi penyebab munculnya ketombe. Cara penggunaannya pun cukup mudah dan praktis layaknya shampoo pada umumnya, yaitu 2 kali seminggu atau sesuai dengan anjuran dokter bila shampoo ini diresepkan khusus oleh dokter. Hindari penggunaan shampoo ini bila terdapat ruam dan luka di kulit kepala kalian.

Obat Ketombe Secara Herbal

Permasalahan ketombe yang menyerang kulit kepala dan rambut kalian ternyata juga bisa diobati dengan menggunakan bahan-bahan herbal alami loh. Berikut beberapa bahan-bahan herbal alami untuk mengobati permasalahan ketombe.

  1. Minyak kelapa adalah bahan herbal alami pertama yang bisa kalian gunakan untuk mengobati ketombe. Minyak kelapa diyakini bisa melembabkan kulit kepala dan rambut sehingga bisa mencegah kering dan mengelupasnya kulit kepala kalian. Cara pakainya cukup sederhana, yaitu oleskan dan pijat minyak kelapa secara menyeluruh pada kulit kepala kalian, lalu diamkan selama 15 hingga 20 menit. Dengan minyak kelapa, kalian tidak hanya bisa mengobati ketombe, tetapi juga bisa menghaluskan dan menyuburkan rambut loh;
  2. Sejak dahulu, lidah buaya memang sudah dikenal memiliki berbagai manfaat dan salah satunya adalah untuk rambut dan kulit kepala. Nah, dengan kandungan anti radang dan anti jamurnya, lidah buaya bisa mengatasi peradangan yang terjadi di kulit kepala penyebab dari munculnya ketombe. Sama seperti minyak kepala, cara pakainya cukup mengolesi lidah buaya segar yang sudah dihaluskan ke kulit kepala dan diamkan selama 1 jam. Lakukanlah secara rutin dalam beberapa minggu untuk hasil yang maksimal;
  3. Soda kue juga salah satu bahan herbal alami yang bisa dipakai untuk mengobati ketombe dengan membasmi jamur yang menjadi penyebab munculnya ketombe serta mengangkat sel-sel kulit mati yang banyak menumpuk di kulit kepala. Taburkan saja soda kue secukupnya pada rambut basah kalian secara merata dan diamkan selama 1 hingga 2 menit lalu sebelum keramas.

Lebih kurang itulah informasi penting seputar Obat Ketombe secara Medis maupun Herbal yang bisa Digunakan dengan Mudah yang sudah dirangkum oleh tim Ensipedia.id. Semoga saja informasi pada artikel ini bisa membantu dan memberikan pengetahuan baru bagi kalian serta bisa bermanfaat. Jangan sungkan untuk menjelajahi website kami karena selain artikel ini masih banyak artikel lainnya yang juga berisi informasi penting dan informatif yang mungkin kalian cari dan butuhkan.

Latest articles