Apa Itu Mukbang Eating Disorder dan juga Cara Menyembuhkannya

Para penyuka kuliner atau penonton setia para chanel food vlogger, pastinya tahu apa sih itu mukbang, makan banyak dalam jumlah besar. Sayangnya pengertian makan banyak bukanlah arti sebenarnya dari mukbang, karena mukbang sendiri adalah orang-orang yang menyiarkan diri mereka sendiri melalui internet saat mereka sedang mengonsumsi makanan, biasanya makanan ekstrim atau tidak lazim untuk dimakan.

Mukbang juga bukanlah berasal dari Indonesia, melainkan dari Korea Selatan yang berarti Muk-ja berarti makan, dan bang-song berarti siaran. Bicara mukbang, nyatanya acara tersebut bisa membuat seseorang teridap kelainan yang berkelanjutan, yaitu kelainan tersebut dinamai sebagai “Mukbang Binge Eating Disorder”. Untuk lebih jelasnya tentang kelainan tersebut dan juga cara menyembuhkannya, maka kalian bisa simak artikel ini selengkapnya!

Apa Itu Mukbang Binge Eating Disorder?

Nah Mukbang Binge Eating Disorder adalah adalah suatu kondisi yang mana ketika ada seseorang mengidap gangguan makan berlebihan, seperti adanya kehilangan kendali atas makannya. Para pengidap biasanya membuat mereka akan makan makanan dalam porsi besar yang tidak normal padahal tidak sedang kelaparan, dan biasanya juga pengidap sering kali akan berpotensi mengalami obesitas dan kelebihan berat badan yang cukup signifikan. Nah gejala atau kelainan tersebut ternyata berasal dari para pelaku kegiatan mukbang, sehingga potensi terkena Binge Eating Disorder adalah 70% dari kebanyakan pelaku mukbang.

Dampak Negatif dari Mukbang Binge Eating Disorder

  • Pastinya ada kenaikan berat badan, dan tidak sedikit yang bisa mengalami obesitas. Dan ketika terjadi obesitas maka banyak masalah obesitas yang bisa terjangkit orang tersebut, seperti jantung dan sebagainya yang ada.
  • Para Binge Eating Disorder akan cepat mengalami kembung, dikarenakan porsi makan yang tidak sesuai dengan kebutuhan normalnya.
  • Dengan banyaknya makanan yang masuk, hal itu bisa berdampak pada produksi asam lambung yang berlebihan.
  • Pelaku dan pengidap Mukbang, biasanya akan memiliki sistem pencernaan yang lambat daripada biasanya.
  • Kemungkinan makanan yang dimakan akan banyak yang tidak dikunyah dengan benar, karena Binge Eating Disorder akan makan banyak dengan waktu yang cepat.
  • Pastinya bisa mudah buncit, jadi jika belum obesitas maka biasanya akan buncit terlebih dahulu.
  • Para pengidap Mukbang Binge Eating Disorder jelas akan membuat kerugian, itu karena jumlah makanan yang banyak yang jelas akan memakan biaya yang lebih.

Penyebab Binge Eating Disorder Selain dari Mukbang

  • Adanya riwayat atau keturunan keluarga yang memiliki gangguan makan, bisa juga dari depresi, atau kecanduan alkohol atau obat-obatan terlarang.
  • Banyak cemas dan khawatir ingin tubuh ideal, karena banyak yang gagal dan melampiaskannya melalui makan makanan yang berlebih.
  • Dampak body shaming dari lingkungan atau penghinaan hingga pelecehan, bisa dari kerjaan, sekolah, ataupun dari keluarga yang menyebabkan tekanan batin pada seseorang.
  • Sering menonton mukbang orang lain, bisa dari Youtube, Tv, ataupun sebagainya. Dan dengan begitu maka orang tersebut lama-kelamaan tertarik untuk mencoba mukbang, yang mana nantinya bisa berpotensi terkena Binge Eating Disorder.

Cara Menyembuhkan Pengidap Mukbang Binge Eating Disorder

Berikut adalah beberapa cara yang bisa membantu menyembuhkan kelainan makan Binge Eating Disorder, yang mana bisa kalian pelajari dan juga tiru:

  • Mengontrol asupan kalori yang masuk, dimana kalian harus perhatikan apakah sudah kalori yang masuk cukup atau tidak. Jika cukup maka berhenti makan, dan jika belum maka pengidap masih bisa makan sampai defisit kalori terpenuhi. Dengan begitu, maka tubuh akan perlahan-lahan mengikuti gaya makan sesuai dengan kebutuhannya.
  • Olahraga yang intens, agar ada pembakaran lemak atau penggunaan energi dari makanan berlebih yang dimakan. Dengan sering berolahraga, maka tubuh akan menyesuaikan cara hidup sehatnya, dimana pastinya setelah olahraga tubuh akan terlebih dahulu membutuhkan cairan ketimbang makanan besar.
  • Lakukan terapi dengan sering, seperti terapi Cognitive Behavioral Therapy (CBT), Interpersonal Psychotherapy (IPT), hingga melakukan diet dengan benar atau mulai hidup sehat.

Jadi itulah pemahaman dari Mukbang Binge Eating Disorder, begitu juga dengan cara menyembuhkannya. Tentunya artikel ini bermanfaat bagi kalian agar terhindar dari Binge Eating Disorder ataupun bermanfaat bagi penyembuhannya. Oleh karena itu, agar semakin bermanfaat maka kalian bisa share artikel ini kepada yang lainnya, dengan tujuan agar tidak ada lagi kelainan Binge Eating Disorder. Tentunya masih ada banyak artikel kesehatan yang menarik di Ensipedia.id yang bisa kalian simak.

Latest articles