Apa Itu Molluscum dan Bagaimana Cara Mengobatinya

Kulit merupakan organ terbesar pada tubuh yang memiliki beragam fungsi, salah satunya yaitu untuk melindungi tubuh. Kulit manusia memiliki beragam sensitifitas dan sebagian orang memiliki kulit yang sensitif. Kulit yang sensitif biasanya mudah terkena infeksi, infeksi kulit merupakan gangguan pada kulit yang disebabkan oleh cuaca, virus, bakteri, atau suatu objek bahkan kondisi tertentu. Seseorang yang mengidap infeksi kulit akan mengalami gejala yang berbeda-beda dari satu orang hingga orang lainnya, dari kondisi ringan hingga berat.

Faktor resiko yang dapat terjadi yang akan memicu anda terkena infeksi kulit seperti sistem kekebalan tubuh yang lemah, membiarkan kulit pada kondisi lembap pada waktu yang lama, tidak menutup luka pada kulit, mempunyai riwayat diabetes, sedang menjalani prosedur kesehatan seperti kemoterapi, berbaring di tempat tidur dalam jangka waktu lama, kekurangan asupan gizi, hingga memiliki lipatan kulit yang berlebihan. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang infeksi kulit, kali ini kita akan membahas salah satu jenis infeksi kulit yaitu molluscum contagiosum. Berikut pembahasan nya.

Apa itu Molluscum Contagiosum?

Molluscum contagiosum merupakan salah satu jenis infeksi kulit yang menyebabkan munculnya bintil pada kulit. Biasanya bintil tersebut tidak terasa nyeri tetapi akan terasa gatal. Penyakit ini cukup mudah dikenali gejalanya, dalam kasus ringan molluscum contagiosum tidak perlu diobati dan biasanya akan hilang dalam kurun waktu 6-12 bulan. Namun hal tersebut juga tergantung pada daya tahan tubuh pasien, jika anda memiliki daya tahan tubuh yang lemah sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

Penyebab Molluscum Contagiosum

Infeksi kulit ini dapat terjadi karena terinfeksi oleh virus molluscum contagiosum, yang menjadi bagian virus pox. Virus ini masuk ke kulit melalui kelenjar rambut dan sangat mudah menular melalui kontak langsung kulit ke kulit atau dengan benda yang telah terkontaminasi, seperti mainan, alat makan, atau benda lainnya. 

Bila bintil tersebut di garuk virus ini dapat melebar ke kulit di sekitarnya. Pada daerah lipatan kulit yang lembap, seperti ketiak atau lipatan leher mempermudah virus lebih cepat menyebar. Penularan juga dapat terjadi melalui hubungan seks. 

Faktor Resiko Molluscum Contagiosum

Biasanya virus ini dapat menyerang orang dengan daya tahan tubuh lemah seperti orang pengidam HIV/AIDS, orang yang menjalani transplantasi organ tubuh, atau pasien dalam pengobatan kanker. Selain itu virus ini juga mudah menyerang kelompok usia dibawah umur, yaitu anak-anak rentan usia 1-10 tahun. Orang yang hidup di daerah tropis, penderita dermatitis atopik, hingga orang yang berolahraga dan melakukan kontak tubuh. 

Gejala Molluscum Contagiosum

Bintil-bintil pada virus ini biasanya berkumpul pada saru area tertentu atau rersebar ke beberapa bagian tubuh dengan gejala seperti:

  • Berukuran kecil
  • Muncul di sekitar wajah, ketiak, leher, perut, kelamin hingga tungkai kaki
  • Berwarna seperti kulit, kemerahan, atau putih
  • Ada titik kekuningan kecil ditengahnya
  • Biasanya jumlah bintil sekitar 20-30, namun bisa lebih banyak tergantung daya tahan tubuh penderitanya
  • Akan muncul dengan tekstur keras hingga lama kelamaan akan melunak
  • Tidak sakit namun terasa gatal

Cara Mengobati Molluscum Contagiosum

Pada kasus yang ringan infeksi kulit ini akan sembuh dengan sendirinya dalam jangka waktu 6 hingga 12 bulan tanpa pengobatan terutama pada pasien yang memiliki kekebalan tubuh yang baik. Tetapi beberapa kasus penyakit ini dapat menyerang hingga 5 tahun, namun orang yang sudah pernah terserang penyakit ini tidak akan tertular lagi. 

Pada kasus yang menyerang anak-anak biasanya dokter tidak menyarankan pengobatan, sebab biasanya bintil akan hilang dengan sendirinya selain itu pengobatan yang dilakukan pada anak-anak dapat menyebabkan rasa tidak nyaman bahkan menimbulkan bekas kerusakan pada kulit di area bintil. Pada kasus yang menyerang orang dewasa biasanya dokter akan melakukan beberapa tindakan seperti:

  • Mengolesi bintil dengan salep yang diresepkan dokter
  • Scraping
  • Terapi sinar laser
  • KrioterapiDiathermy (mengancurkan bintil dengan energi panas)

informasi lengkap mengenai molluscum contagiosum yang telah dirangkum oleh tim Ensipedia.id semoga dapat menambah ilmu pengetahuan anda tentang kesehatan, jangan lupa baca artikel lainnya yang bisa anda lihat di website kami dengan berbagai informasi.

Latest articles