Bagaimana Cara Mengobati Herpes Dengan Baking Soda? Disini Jawabannya!

Herpes merupakan sekelompok virus yang bisa menyebabkan infeksi. Gejala yang terjadi biasanya dimulai dengan kulit kering, luka melepuh, atau luka terbuka yang berair. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai virus herpes, mari simak bersama artikel berikut ini!

Jenis Herpes

Ada dua jenis virus herpes yang sering menyerang manusia yaitu Herpes Simplex Virus (HSV) dan Varicella-Zoster Virus(VZ). Virus ini tidak mengenal batasan usia untuk menyerang tubuh seseorang, herpes juga dapat menular ketika kita memiliki riwayat kontak dengan orang yang sedang terinfeksi virus herpes dan pada saat daya tahan tubuh melemah. Sama seperti virus lainnya, herpes juga memiliki beberapa jenis yang terbagi menjadi 3 kelompok:

  • Alpha
  • Beta
  • Gamma

Dari tiga kelompok tersebut terdapat 8 jenis herpes lainnya yang dapat menyerang manusia, yaitu:

  • Herpesvirus 8
  • Herpesvirus 7
  • Herpesvirus 6 (HBLV)
  • Cytomegalovirus 
  • Varicella-zoster virus
  • Epstein-barr virus
  • Herpes simplex virus type 1
  • Herpes simpex virus type 2

Gejala Herpes

Biasanya herpes tidak langsung muncul dengan bentuk yang parah, gejalanya akan perlahan-lahan muncul seiring berjalan nya waktu jika tidak segera di obati, berikut beberapa gejala herpes:

Stadium Primer

Pada tahap ini biasanya akan terjadi pada hari ke dua hingga ke delepan setelah terinfeksi virus ini. Gejala yang akan muncul yaitu terdapat ruam lepuh pada kulit berukuran kecil namun terasa sakit. Ruam ini biasanya berisi cairan, kemudian dalam beberapa waktu akan pecah sehingga menjadi luka terbuka dan membuat kulit disekitar area tersebut menjadi kemerahan.

 Stadium Laten

Pada tahap ini ruam lepuh biasanya akan mereda, tetapi yang tidak diketahui pada fase ini virus sedang berkembang dan dapat menyebar hingga ke saraf di dekat saraf tulang belakang yang terletak dibawah kulit. 

Stadium Peluruhan

Pada stadium ini virus mulai berkembang biak pada ujung saraf organ tubuh. Jika ujung saraf yang terkena infeksi berada pada organ tubuh yang menghasilkan cairan, maka virus akan terkandung dalam cairan tersebut contoh nya jika berada dekat vagina maka lendir vagina akan terkontaminasi dengan virus herpes. Namun yang umum terjadi pasien tidak akan merasakan gejala khusus.

Stadium Rekurensi

Pada tahap ini biasanya ruam lepuh akan muncul kembali namun tidak seperti ruam lepuh primer, tetapi akan terasa gatal, kesemutan, hingga nyeri di area infeksi pada stadium pertama. Tetapi gejala yang dialami oleh setiap penderita akan berbeda-beda tergantung fase, daya tahan tubuh dan juga jenis virus herpes yang di derita.

Cara Mengobati Herpes

Virus ini tidak bisa dibiarkan begitu saja, karena semakin lama akan semakin menimbulkan masalah yang serius, untuk itu perlu diobati sesegera mungkin. Berikut merupakan beberapa pengobatan yang dapat dicoba dirumah:

  • Cara mengobati herpes dengan es batu

Es batu dapat membantu mengurangi rasa sakit dan juga pembengkakan pada luka. Cara nya cukup mudah, ambil beberapa es batu lalu hancurkan dan masukkan kedalam satu kain bersih. Tempelkan pada luka selama 10-15 menit. Lakukan secara berulang setiap hari.

  • Cara mengobati herpes dengan minyak zaitun

Sifat minyak zaitun yang melembapkan dan kaya akan antioksidan dapat menyembuhkan luka herpes. Caranya, panaskan satu cangkir minyak zaitun lalu tambahkan sedikit minyak lavender dan lilin lebah didalamnya. Setelah ramuan dingin tempelkan pada area luka.

  • Cara mengobati herpes dengan baking soda

Baking soda merupakan salah satu bahan yang efektif untuk mengobati luka herpes, caranya pun cukup mudah ambil bola kapas lalu rendam pada baking soda, kemudian tempelkan pada area yang terinfeksi. Baking soda terbukti dapat mengeringkan luka. Dalam pengobatan ini pastikan baking soda tidak terkontaminasi dengan zat lain.

Itulah informasi mengenai cara mengobati herpes yang telah dirangkum oleh tim Ensipedia.id semoga artikel ini dapat membantu anda dalam menangani masalah terkait, jangan lupa baca artikel informatif lainnya yang terdapat pada website kami.

Latest articles