Yuk Mengenal Tentang Abses dan Cara Penanganannya

Umumnya orang sudah mengenal bisul merupakan tumbuhnya benjolan yang berisi nanah. Biasanya bisul tumbuh disebabkan oleh infeksi bakteri, namun belum banyak orang tahu bahwa ternyata bisul memiliki beragam bentuk tergantung dari letak dan penyebabnya. Bisul merupakan sebuah penyakit yang umum nya terjadi di area kulit luar seperti leher, ketiak, wajah, bokong, serta paha. Namun ada bisul jenis lainnya yang bisa muncul di bagian dalam organ tubuh manusia. Apakah itu? Untuk mengetahui informasi lengkap nya, yuk simak artikel berikut ini!

Apa Itu Abses

Abses merupakan jaringan massa lunak berwarna merah muda hingga merah tua yang disebabkan oleh infeksi. Abses dapat menimbulkan rasa nyeri dan panas ketika disentuh. Tidak seperti infeksi lain pada umumnya, ternyata abses tidak dapat disembuhkan hanya dengan antibiotik saja. Untuk menyembuhkan nya abses harus dibuka dan dikeringkan. Kadang kala drainase terjadi dengan sendirinya, tetapi mayoritas kasus harus dibuka dan dikeringkan dengan bantuan kompres hangat atau dokter dalam prosedur yang disebut sayatan drainase. 

Faktor Resiko Abses

Abses dapat muncul pada area manapun di tubuh manusia. Tempat paling umum munculnya abses adalah ketiak (aksila), daerah sekitar anus dan vagina (abses kelenjar bartholin), dasar tulang belakang (abses pilonidal), sekitar gigi (abses gigi), dan selangkangan bahkan abses bisa muncul di bagian organ dalam tubuh manusia seperti otak, paru-paru atau hati. Peradangan pada folikel rambut juga dapat menjadi penyebab terbentuknya abses yang biasa kita kenal dengan bisul (furunkel). 

Seperti yang sudah di bahas sebelumnya, abses tidak dapat diobati hanya dengan antibiotik. Secara umum biasanya abses harus dibuka dan dikeringkan agar dapat membaik. 

Orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, dapat lebih rentan terkena abses dibandingkan dengan orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang bagus. Hal itu disebabkan oleh tubuh akan mengalami penurunan untuk menangkal infeksi. Faktor lainnya yang dapat menyebabkan seseorang terkena abses yaitu faktor lingkungan yang kotor, paparan orang dengan jenis infeksi kulit tertentu, kebersihan lingkungan yang buruk serta sirkulasi udara yang buruk. 

Beragam Penyebab Abses

Saat penghalang kulit normal rusak, bahkan dari luka atau trauma kecil, robekan kecil atau peradangan, bakteri dapat masuk ke kulit. Abses dapat terjadi karena pertahanan tubuh mencoba membunuh kuman ini dengan respons peradangan (sel darah putih = nanah). Obstruksi pada kelenjar minyak atau keringat, atau kista atau folikel rambut yang sudah ada sebelumnya dapat menjadi pemicu munculnya abses. 

Bagian tengah abses yang terasa lunak berisi cairan dan mengandung sel-sel mati, bakteri, dan partikel lainnya. Pada bagian ini mulai tumbuh, menciptakan ketegangan di bawah kulit dan peradangan lebih lanjut pada jaringan disekitarnya. Tekanan dan peradangan tersebut akan menimbulkan rasa sakit.

Cara Mengatasi Abses

Untuk mengatasinya hal yang bisa anda lakukan dirumah yaitu dengan mengompres area yang munculnya abses dengan menggunakan air hangat sampai menyusut dan mengering. Temui dokter jika abses menjadi lebih parah dan tidak kunjung sembuh.

Untuk mengeringkan abses biasanya dokter akan memberikan obat mati rasa selanjutnya akan memotong abses untuk mengeluarkan cairan di dalamnya. Setelah abses mengering selanjutnya dokter akan mengobati luka. Cara ini dilakukan agar abses segera sembuh dan tidak dapat muncul kembali. Setelah prosedur selesai dilakukan, dokter akan memberikan anda antibiotik agar mencegah luka tidak kembali terjadi infeksi. 

Nah itulau informasi lengkap mengenai abses dan cara mengatasinya yang telah di rangkum oleh tum Ensipedia, jangan lupa untuk simak artikel lainnya tentunya dengan topik dan pembahasan yang tak kalah menarik.

Latest articles