Mengapa Ide-Ide Kreatif dan Cemerlang Selalu Muncul saat Berada di Toilet?

ENSIPEDIA.ID, Kendari – Saat berada di tiolet, tak jarang pemikiran-pemikiran kreatif keluar begitu saja. Begitu pula ide-ide cemerlang kerap kali terpikirkan, keluar saat kita berada di ruang tersebut.

Namun demikian, karena keterbatasan ruang gerak di toilet, ide-ide cemerlang tersebut sulit untuk bertahan lama. Ketika keluar tiolet, ide-ide kreatif terkadang dilupakan begitu saja. Walaupun banyak juga ide kreatif yang berubah menjadi karya-karya hebat.

Berpikir di tiolet merupakan cara yang cukup ampuh saat mengalami kebuntuan dalam berpikir kreatif. Ada banyak jawaban yang bisa menjawan alasan toilet menjadi tempat berpikir yang bisa membuahkan pemikiran-pemikiran kreatif.

Menurut studi yang dilakukan oleh Scott Barry Kaufman, seorang ahli kognitif berkebangsaan Amerika mengungkapkan bahwa sebagian besar ide kreatif di sebuah kantor lebih banyak dibuahkan oleh karyawan saat berada di toilet.

“Kami melakukan penelitian multinasional dan menemukan bahwa orang melaporkan lebih banyak inspirasi kreatif di kamar mandi tempat mereka bekerja.”

Setidaknya ada dua kondisi yang membuat seseorang di toilet lebih kreatif lagi dalam berpikir.

1. Santai dan Rileks

Saat berada di toilet, ada perasaan santai dan rileks yang dihasilkan. Dengan kesantaian dan kerileksan ini, otak akan menghasilkan hormon dopamin yang berperan dalam hal mengatur emosi. Hormon dopamin tentunya juga berfungsi dalam merangsang keluarnya kreativitas.

Dalam sebuah riset, santai dan keadaan rileks bisa dipicu oleh beberapa hal, seperti mendengarkan musik, berolahraga, dan tentunya beberapa aktivitas di toilet seperti mandi, buang air kecil, dan buang air besar.

2. Mengkhayal

Kondisi pertama sering kali membawa kita pada kondisi kedua, yaitu mengkhayal. Karena pikiran yang begitu rileks, kita seakan bisa merefleksikan dan memvisualisasikan pemikiran dalam sebuah bayang-bayang khayalan.

Mengkhayal atau melamun diungkapkan oleh Kaufman sangatlah berperan dalam melatih fungsi otak untuk berimajinasi dan berkreativitas.

Kedua kondisi tersebut pada dasarnya bisa ditemui di mana saja. Tidak hanya saat berada di toilet. Namun, suasana toilet yang tenang, hening, ditemani oleh gemiricik air keran, dan fokus yang tinggi dalam buang hajat, bisa membuka kondisi-kondisi pikiran sehingga membuahkan ide-ide kreatif nan cemerlang

Latest articles