Berbagai Manfaat Scallop Kaya Akan Protein yang Baik Untuk Tubuh Manusia!

Makanan adalah suatu kebutuhan yang tentunya sangat dibutuhkan bagi setiap makhluk hidup, dimana makanan bisa dari segala jenis, bentuk, dan sebagainya yang sesuai dengan masing-masing makhluk hidup. Seperti halnya dengan manusia, makanan itu adalah sumber energi bagi dirinya, dikarenakan manusia dalam melakukan kegiatan dan aktivitas itu membutuhkan energi, dan ketika itu habis maka membutuhkan makanan untuk memenuhinya.

Makanan yang biasa dikonsumsi biasanya beragam, mulai dari makanan dengan kandungan protein, vitamin dan sebagainya. Namun dari segala makanan, makanan yang paling digemari banyak orang adalah Seafood, dan Scallop adalah salah satunya. Ingin tahu apa manfaat Scallop bagi tubuh manusia? Maka dari itu yuk simak protein yang tidak kalah dari daging merah tersebut di bawah ini!

Inilah Berbagai Manfaat dari Scallop yang Perlu Kalian Coba Konsumsi

Scallop atau juga bisa disebut sebagai kerang simping adalah moluska bivalvia dari famili Pectinidae yang hidup di perairan laut, kosmopolitan. Scallop sendiri biasanya memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi, hal itu lantaran ia adalah kerang yang memang cocok dan sesuai sebagai sumber makanan, dan bahkan bisa untuk bahan kerajinan. Selain itu, perlu kalian tahu bahwa kerang simping atau scallop itu dianggap kerang yang paling aman, bahkan untuk dimakan secara mentah-mentah tanpa diolah.

Banyak olahan kerang simping atau scallop yang bisa kalian temui di resto-resto seafood yang ada di Indonesia, dan perlu kalian tahu meskipun ada yang berharga mahal, tetapi kerang tersebut memiliki nilai dan manfaat baik bagi tubuh dan kesehatan kita. Nah manfaat mengonsumsi scallop adalah sebagai berikut:

Meningkatkan Fungsi Otak 

Mengapa bisa begitu? Itu karena kerang simping atau scallop memiliki kandungan vitamin B12, zink, dan asam lemak omega-3. Dan dengan asupan nutrisi tersebut, maka jelas scallop berperan penting dalam menjaga dan meningkatkan fungsi otak manusia. Selain itu, nutrisi dari scallop juga bisa membantu meningkatkan perkembangan sistem saraf serta mengurangi risiko gangguan Alzheimer, ataupun hingga bisa pada kondisi depresi.

Membuat Jantung Lebih Sehat 

Dengan mengonsumsi scallop, maka secara tidak langsung kalian telah membantu menjaga kesehatan organ jantung kalian. Itu karena adanya kandungan 2 mineral yang ada di dalamnya, yaitu ada kalium dan juga magnesium. Kenyataannya, resiko penyakit jantung bisa menjadi lebih rendah apabila ada asupan kedua nutrisi tersebut. Maka dari itu, dengan magnesium dan kalium dalam makanan, hal itu juga yang bisa membantu menurunkan tekanan darah. Sehingga, kesehatan jantung juga lebih terjaga berkat kandungan omega-3 yang ada di dalam makanan yang mengandung nutrisi dan zat tersebut.

Mampu Menurunkan Resiko Penyakit Kanker 

Tentunya siapa yang menyangka bahwa makanan sejenis kerang mampu menurunkan resiko terkena kanker. Nah makanan laut scallop bisa melakukan itu, itu karena scallop diperkaya dengan kandungan selenium yang disebut juga bisa membantu menurunkan risiko terkena kanker. Riset dan penelitian pernah menyatakan dengan menyebut bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung selenium, bisa berpotensi membantu menurunkan risiko kanker payudara, kanker paru-paru, kanker prostat, serta kanker usus besar, dan beberapa kanker lainnya.

Mampu Membantu Menurunkan Berat Badan

Jika biasanya makanan laut mengandung banyak sekali kandungan kalori yang dapat membuat seseorang menjadi gemuk, maka tidak dengan kerang scallop. Hal itu karena dari perhitungan kalori pada scallop, ditemukan cukup sedikit kalori dalam kandungan olahan scallop, tetapi itu tidak termasuk dengan bumbu ataupun pendamping dari daging scallop itu sendiri.

Dan itulah beberapa manfaat apabila anda mengonsumsi scallop, yang mana semuanya sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Semoga jadi manfaat untuk anda dan yang lainnya, dengan cara anda share artikel Ensipedia ini kepada mereka yang masih belum tahu manfaat dari scallop. Tentunya masih banyak lagi artikel menarik seputar berita, kesehatan, informasi, dan lain sebagainya dari kami, yang mana itu bisa kalian temukan hanya di Ensipedia.id

Latest articles