Inilah Beberapa Manfaat Sagu Untuk Kesehatan yang Wajib Untuk Kalian Ketahui

Indonesia dikenal sebagai negara yang luas dengan keanekaragaman suku dan orang-orangnya. Salah satu contoh keanekaragaman yang mungkin jarang kalian perhatikan adalah tentang makanan pokok. Bila bagi sebagian orang makanan pokok yang mereka konsumsi adalah beras, maka bagi sebagian orang lainnya makanan pokok mereka adalah sagu. Terutama bagi mereka yang tinggal di daerah Maluku dan Papua.

Layaknya beras yang mengandung karbohidrat, sagu juga mengandung banyak karbohidrat murni sehingga dipilih sebagai salah satu makanan pokok. Selain mengandung karbohidrat murni, ternyata sagu memiliki banyak manfaat baik lainnya untuk kesehatan loh. Ingin tahu apa saja manfaat baik yang bisa kalian dapatkan dari sagu? Mari simaklah penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini.

Manfaat Sagu Untuk Kesehatan

Selain mengandung banyak karbohidrat murni, sebagai salah satu makanan pokok sagu juga mengandung banyak zat penting dan baik lainnya, seperti protein, lemak, serat, kalsium, zat besi hingga fosfor. Tentunya dengan banyaknya zat penting dan baik yang dimiliki oleh sagu ini otomatis juga akan membuatnya memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan.

Salah satu manfaat utama yang bisa kalian dapatkan dari sagu untuk kesehatan berasal dari banyaknya kandungan karbohidrat murni yang sangat dibutuhkan oleh tubuh agar kalian memiliki energi untuk beraktivitas serta fungsi otak.

Selain dapat memberikan dan menambah energi bagi tubuh agar kuat untuk beraktivitas, sagu juga dapat meningkatkan produksi glukosamin alami bagi tubuh, sehingga mampu memperbaiki dan memulihkan pergerakan sendi secara menyeluruh. Makanya, bagi atlet atau kalian yang aktif secara fisik sagu bisa dijadikan sebagai pilihan makanan yang disarankan.

Manfaat sagu lainnya yang juga bagus untuk kesehatan adalah bisa mencegah penyakit jantung dimana kadar kolesterol dan trigliserida yang merupakan 2 faktor utama resiko penyebab penyakit jantung ini bisa kontrol oleh sagu agar tetap dalam batas yang wajar.

Kandungan amilose yang terdapat pada sagu inilah yang akan mengontrol kadar kolesterol dan trigliserida agar bisa tetap dalam batas yang wajar. Amilose sendiri adalah sejenis pati dengan rantai glukosa dimana proses cernanya jauh lebih lama, sehingga pelepasan gula ke dalam tubuh yang dilakukan oleh rantai glukosa akan lebih terkontrol yang akan berefek kepada terjaganya kadar kolesterol dan trigliserida didalam tubuh.

Serat yang terkandung pada sagu juga bermanfaat untuk memperbaiki sistem pencernaan kalian yang bermasalah, seperti maag, kembung, sembelit, asam lambung dan masalah pencernaan lainnya. Manfaat serat pada sagu tersebut akan mempercepat proses pencernaan sehingga masalah pencernaan yang kalian alami bisa segera terselesaikan.

Cara Mengolah Sagu

Dengan segudang manfaat yang dimiliki oleh sagu pastinya membuat kalian tertarik untuk mencoba mengkonsumsi sagu, bukan? Nah, bila kalian tertarik dan ingin mencoba sagu, kami memiliki beberapa rekomendasi cara untuk mengolah sagu menjadi berbagai jenis makanan dan kudapan yang enak dan unik.

Yang pertama ada bubur sumsum sagu mutiara. Bahan-bahan yang diperlukan antara lain, untuk bubur sumsumnya, 100 gram tepung beras, 200 ml santan kental, 1 sdt garam, 2 lembar daun pandan 800 ml air. Sementara bahan untuk bubur mutiaranya, seperempat sdt garam, 1 liter air, 100 gram mutiara dan 100 gram gula pasir.

Masaklah bahan untuk bubur sumsumnya dengan mencampurkan santan kental dan tepung beras dengan api yang kecil. Selagi 2 bahan tadi dimasak, tambahkanlah air sedikit demi sedikit hingga bubur matang dan mengental. Jangan lupa untuk terus mengaduk buburnya agar tidak menggumpal.

Lalu untuk bubur mutiaranya bisa kalian rebus hingga matang dan lunak sambil menambahkan gula dan garam sesuai dengan takaran yang sudah disediakan tadi. Masaklah hingga mengental. Terakhir, kalian bisa mencampurkan kedua bubur tadi dan bisa langsung kalian santap.

Atau bila kalian ingin olahan sagu yang dingin dan segar, kalian bisa mencoba bubur mutiara alpukat dengan bahan-bahan 50 gram sagu mutiara yang sudah direbus matang, 300 ml air hangat, 3sdm gula pasir, 5 sdm fibercreme 1 buah alpukat ukuran besar yang sudah dipotong-potong sesuai selera dan es batu secukupnya.

Cara membuatnya cukup mudah dan praktis, kalian hanya perlu melarutkan fibercreme dan gula dengan air, lalu masukkanlah sagu mutiara yang sudah direbus matang tadi beserta dengan potongan buah alpukatnya. Terakhir, biar terlihat segar tambahkan es batu sesuai selera kalian.

Lebih kurang itulah informasi penting seputar Inilah Beberapa Manfaat Sagu untuk Kesehatan yang Wajib untuk Kalian Ketahui yang sudah dirangkum oleh tim Ensipedia.id. Semoga saja informasi pada artikel ini bisa membantu dan memberikan pengetahuan baru bagi kalian serta bisa bermanfaat. Jangan sungkan untuk menjelajahi website kami karena selain artikel ini masih banyak artikel lainnya yang juga berisi informasi penting dan informatif yang mungkin kalian cari dan butuhkan.

Latest articles