Lolos ke Final Piala AFF, Timnas Indonesia Berpeluang Memutus Kutukan Tak Pernah Juara

Timnas Indonesia berhasil menumbangkan Singapura dengan skor 4-2 pada leg II semi-final Piala AFF 2020 pada Sabtu (25/12/2021) malam WIB. Pertandingan yang digelar Singapura National Stadium ini berjalan hingga babak perpanjangan waktu.

Empat gol Indonesia dicetak oleh Ezra Walian (11′), Pratama Arhan (87′), Shawal Anuar (91′ gol bunuh diri), dan Egy Maulana Vikri (105+2′). Sedangkan dua gol dari Singapura dicetak oleh Song Ui-young (45′) dan Shahdan Sulaiman pada menit ke-74.

Dengan hasil ini, Timnas Indonesia berhak menuju ke partai final Piala AFF 2020 dengan skor agregat 5-3. Hasil ini menjadikan Indonesia telah mencapai final Piala AFF sebanyak enam kali. Namun, naas, dari lima final yang telah dilakoni, tidak ada satupun yang berakhir juara.

Lima Kali Final Tak Pernah Juara

lolos-ke-final-piala-aff-timnas-indonesia-berpeluang-memutus-kutukan-tak-pernah-juara
Skuad Timnas Indonesia tahun 2010

Laga final pertama Indonesia di Piala AFF terjadi pada tahun 2000 yang pada waktu itu masih bernama Piala Tiger. Pada babak fase grup, Indonesia menempati posisi runner-up setelah hanya mampu menang melawan Filipina dan Myanmar serta tumbang atas Thailand dengan skor yang mencolok, 4-1.

Berlanjut ke babak semifinal, Indonesia bertemu dengan Vietnam. Laga pun berjalan alot karena pertandingan harus dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu. Beruntung, Gendut Doni Christiawan mampu mencetak gol pada menjelang akhir pertandingan.

Pada babak final, Indonesia kembali dipertemukan dengan tim tangguh, Thailand. Negeri Gajah Putih melaju ke final setelah menumbangkan Harimau Malaya. Pada pertandingan ini, timnas harus mengubur mimpi menjadi juara setelah tumbang dengan skor 4-1 berkat hattrick dari Worrawoot Srimaka serta gol tambahan dari Tanongsak Prajakkat. Indonesia hanya mampu membalas dengan satu gol dari Uston Nawawi.

Berlanjut pada Piala Tiger 2002, Timnas Indonesia kembali harus bertemu dengan Thailand. Pada pertandingan 90 menit, kedua tim bermain imbang dengan skor 2-2 yang dicetak oleh Cuklat pada menit ke-26, Thedsak pada menit ke-38, serta dua gol balasan Indonesia yang masing-masing dicetak oleh Yaris Riyadi pada menit ke-46 dan dilanjutkan oleh Gendut Doni 33 setelahnya.

Pada gelaran Piala Tiger 2004, Sang Garuda harus kembali menelan “pil pahit”. Pada babak semifinal, pasukan Garuda mampu membombardir Malaysia dengan skor agregat 5-3. Namun, mengulang kembali pada edisi sebelumnya, Indonesia harus berada di posisi runner-up kembali setelah ditumbangkan oleh Singapura dengan skor agregat 5-2.

Adapun pada dua edisi selanjutnya, pasukan garuda tak mampu berbicara pada kompetisi tersebut. Namun, kerinduan tersebut terobati pada edisi berikutnya, 2010. Kala itu, Timnas Indonesia diperkuat oleh nama-nama tenar, seperti Okto Maniani, Gonzales, Irfan Bachdim hingga Bambang Pamungkas.

Timnas Indonesia harus tumbang oleh Harimau Malaya pada final edisi tersebut. Pada leg pertama yang digelar di Stadion Nasional Bukit Jalil, timnas harus mengakui kehebatan negara tetangganya dengan skor 3-0. Pada leg kedua, Timnas Indonesia mampu menang dengan skor 2-1. Namun, hasil tersebut tak mampu mengantarkan sang garuda terbang tinggi karena kalah agregat 4-2.

Harapan pada Final Piala AFF 2020

lolos-ke-final-piala-aff-indonesia-berpeluang-memutus-kutukan-tak-pernah-juara
Skuad Timnas Indonesia di AFF 2020

Setelah tadi malam, Sabtu, 25 Desember 2021 menang dengan skor 4-2 atas Singapura, membuat Indonesia telah berlaga di partai final turnamen sepak bola se-Asia Tenggara sebanyak enam kali. Pada babak fase grup, secara tak terduga, Indonesia mampu menjadi juara grup setelah bermain imbang lawan Vietnam, dan menang meyakinkan atas Malaysia..

Kini Indonesia tinggal menunggu lawan final yang sedang diperebutkan oleh Thailand dan Vietnam. Thailand sedikit diunggulkan karena sudah menang 2-0 pada leg pertama. Namun, tentu anak asuh Park Hang-seo akan berjuang mati-matian nanti malam (26/12/2021).

Adapun final Piala AFF akan digelar dengan format dua leg, leg pertama akan digelar 29 Desember 2021 serta leg kedua pada 1 Januari 2021. Siapa pun lawannya, bukanlah hal yang mudah untuk Indonesia hadapi, baik Thailand maupun Vietnam.

Namun, bola itu bundar, meskipun di atas kertas Vietnam ataupun Thailand lebih unggul dari Indonesia, para punggawa Garuda akan berjuang mati-mati dan membawa pulang Piala AFF untuk pertama kalinya ke Indonesia.

Ubay Muzemmil
Gak tau mau ditulis apa

Latest articles