Khasiat Buah Pir yang Ternyata Jarang Orang yang Mengetahuinya

Buah-buahan adalah salah satu makanan yang termasuk dalam makanan sehat, itu karena banyak sekali manfaat dalam kandungan buah, seperti ada banyak vitamin, mineral, dan juga beberapa senyawa yang memang baik untuk tubuh. Buah sendiri juga memiliki bentuk dan rasanya tersendiri, seperti contoh pada buah pir yang menyerupai bel dan memiliki harum serta rasa yang menyegarkan mulut.

Dan tidak lupa juga, pir memiliki banyak sekali manfaat, dan itu bahkan sudah diketahui sejak dahulu sekali oleh banyak orang. Nah apakah ada diantara kalian yang memang masih belum tahu manfaat dari mengkonsumsi buah pir? Jika ada maka orang tersebut wajib sekali mengetahui manfaat buah pir, yang mana itu bisa dilakukan dengan membaca artikel ini selengkapnya!

Inilah Beberapa Manfaat Baik dari Buah Pir yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Bukan hanya menyegarkan, manis, dan enak serta harum, pir juga adalah buah yang bisa membantu memberikan manfaat baik bagi tubuh seseorang. Nah manfaat atau khasiat dari buah pir, adalah sebagai berikut:

Membantu Menjaga Kesehatan Tulang

Perlu diketahui, bahwa buah pir itu mengandung berbagai vitamin dan mineral yang memang penting untuk tubuh, termasuk pada tulang. Hal itu karena pir mengandung vitamin K dan boron, yang mana vitamin K bersama mineral lain seperti kalsium, magnesium, dan fosfor dapat bekerja sama untuk menjaga kepadatan tulang dan mencegah pengeroposan dini.

Sementara itu, boron sendiri memiliki perannya dalam menambah kepadatan mineral pada tulang seseorang. Ditambah lagi, ia bisa membantu menjaga kadar vitamin D dalam tulang, dan dapat meredakan peradangan di sekitar tulang manusia. Nah dengan berbagai fungsi tersebut, maka jelas pir sudah termasuk dalam makanan yang membantu menjaga kesehatan tulang.

Bisa Membantu Mencegah dan Menurunkan Obesitas

Layaknya banyak buah yang ada, pir juga bisa membantu mencegah hingga menurunkan obesitas, hal itu karena pir kaya akan kandungan serat dan air. Sehingga seseorang yang hanya mengonsumsi pir, dapat bisa bertahan hidup tanpa sama sekali kekurangan air dan vitamin serta serat.

Mampu Berpotensi Menurunkan Resiko Diabetes

Mengapa bisa begitu? Karena pir memiliki senyawa flavonoid yang ternyata dapat bermanfaat dalam menurunkan risiko penyakit diabetes. Dan itu juga sudah pernah terbukti, dimana dalam sebuah penelitian di AS yang melibatkan lebih dari 9.600 orang dewasa berusia 25-74 selama sekitar 20 tahun, dan orang yang rutin mengkonsumsi lima porsi buah dan sayuran berisiko lebih rendah mengalami diabetes.

Akan Berpengaruh dalam Mencegah Sembelit

Ya pastinya dari kandungan air mineral yang cukup banyak dalam pir, maka itu bisa berpengaruh penting dalam mencegah hingga membantu kondisi sembelit. Maka dari itu, setidaknya kalian harus memakan satu buah pir ukuran sedang, yang mana itu bisa memenuhi 22% kebutuhan serat dalam sehari.

Bisa Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Karena dalam buah pir terkandung zat antioksidan yang disebut prosianidin, dan itu dipercaya dapat mengurangi kekakuan pada jaringan jantung, hingga bisa berpotensi untuk menurunkan kolesterol jahat LDL, serta mampu untuk meningkatkan kolesterol baik (HDL). Namun itu tidak hanya ada di daging buahnya saja, karena kulit buah pir juga mengandung antioksidan lain berupa Quercetin, zat yang bisa membantu memelihara kesehatan jantung dengan cara mengurangi peradangan dan menurunkan tekanan darah.

Mampu Berpotensi Untuk Melawan dan Mencegah Kanker

Buah pir ternyata bisa berpotensi melindungi tubuh dari kanker, itu karena pir memiliki dua zat antikanker, yaitu antosianin dan asam sinamat. Tidak hanya itu, kandungan flavonoid dalam buah pir juga bisa memungkinkan untuk menurunkan risiko kanker payudara dan ovarium.

Jadi itulah manfaat buah pir, semoga dengan artikel ini maka kalian bisa rajin memakan buah-buahan, termasuk salah satunya adalah pir. Jangan lupa share kepada yang lainnya, agar mereka juga tahu manfaat dari buah pir. Selain daripada artikel ini, tentunya kami juga memiliki artikel lain yang membahas berita, informasi, kesehatan, dan lain sebagainya yang bermanfaat, dan itu bisa kalian dapatkan hanya di Ensipedia.id

Latest articles