6 Cara Untuk Menyembuhkan Bicara Gagap

ENSIPEDIA.ID, JakartaGagap merupakan gangguan bicara yang mana aliran bicara terganggu akibat pengulangan dan pemanjangan suatu kata, suku kata, frasa dan suara tanpa disadari oleh pengidapnya.

Gagap pada anak-anak dapat diketagorikan hal yang wajar, karena hal tersebut merupakan bentuk ketidakmampuan dalam menyampaikan sesuatu. Kira-kira 5–10% dari semua anak akan gagap pada suatu saat dalam hidup mereka, tetapi sebagian besar biasanya akan sembuh dalam beberapa bulan atau tahun.

Gangguan ini biasanya disebabkan oleh gangguan yang ada pada otak, otot ataupun saraf yang terlibat dalam proses berbicara.

Gangguan bicara tersebut juga dapat dihilangkan ataupun dikurangi dengan berbagai cara. Bagaimana cara menghilangkan dan mengurangi gagap? Simak ulasannya berikut ini.

1. Terapi Bicara

Terapi yang bisa dilakukan ialah dengan cara memperlambat kecepatan bicara ataupun mengontrol situasi ketika gajala gagap memburuk. Penelitian menunjukkan bahwa terapi adalah obat terbaik untuk anak-anak ataupun orang dewasa.

2. Memanfaatkan Perangkat Elektronik

Beberapa elektronik dapat membantu mengobati penyakit gagap. Salah satunya adalah Delayed Auditory Feedback, alat ini dapat memutar ulang suara Anda seper sekian detik.

Anda juga bisa mengkombinasikannya dengan alat yang bernama Frequency-Shifted Auditory Feedback, fungsinya adalah untuk memutar kembali suara dengan frekuensi yang yang tinggi ataupun rendah.

3. Hindari Kata-kata Pemicu

Orang-orang yang menderita gangguan bicara gagap biasanya merasa tidak harus berhenti menggunakan kata-kata tertentu yang dapat mengganggu bicaranya.

Namun, beberapa orang mungkin menghindari kata-kata tertentu yang cenderung membuatnya berbicara terbata-bata. Solusi yang dapat dilakukan ialah dengan membuat daftar-daftar kata tersebut dan menggantinya dengan kata yang lain.

4. Terapi Perilaku Kognitif

Terapi ini merupakan jenis psikoterapi yang bertujuan untuk mengubah pola pikir dan perilaku seseorang yang dapat memperburuk gangguan gagap.

Tak hanya itu, psikoterapi ini juga membantu pasien dalam memecahkan masalah yang dihadapi ketika berbucara gagap, seperti stres, gelisah ataupun tentang kepercayaan diri.

5. Meditasi

Menurut beberapa studi menyebutkan bahwa dengan bermeditasi dapat membantu Anda menghilangkan gagap. Meditasi yang dimaksud pada kali ini adalah memfokuskan diri tentang hal yang terjadi pada isi pikiran dan kondisi tubub pasien.

6. Obat-obatan

Beberapa obat yang biasanya diberikan dokter kepada pasiennya ialah Alprazolam (Xanax), Citalopram (Celexa) ataupun clomipramine (Anafranil).

Namun, The Stuttering Foundation menyarankan bahwa obat ini tidak efektif bagi kebanyakan orang. Obat dapat bekerja dengan baik dan maksimal jika diiringi dengan terapi bicara.

Cara di atas harus dilakukan dengan sabar dan rutin karena untuk mengurangi ataupun menghilangkan gagap tidak bisa dilakukan secara instan.

Gangguan bicara gagap sangat memberikan dampak dalam berbagai aspek, salah satunya adalah kepercayaan diri. Rata-rata orang yang menderita gagap, kurang percaya diri tampil didepan umum.

Oleh karena itu, kita sebagai teman, kerabat ataupun orang tua penderita gagap harus mempu mendukung dan menyemangati mereka agar dapat berbicara dengan lancar seperti manusia pada umunya.

Ubay Muzemmil
Gak tau mau ditulis apa

Latest articles