Wajah Tidak Simetris Disebabkan Oleh Aktivitas Berikut yang Tanpa Kamu Sadari

ENSIPEDIA.IDWajah tidak simetris seringkali menyebabkan seseorang menjadi malu. Apalagi saat berswafoto, ia akan merasa bahwa ukuran wajah antara pipi kanan dan kiri tidak seimbang. Namun, siapa sangka aktivitas di bawah ini sering kita lakukan menjadi penyebab wajah tidak simetris.

Di dalam dunia ortopedi atau kecantikan, kondisi wajah tidak seimbang dinamakan Asimetris. Hampir setiap orang memiliki tingkat asimetris di wajahnya. Kondisi tersebut sebenarnya normal, dalam beberapa kasus wajah asimetris ada yang disebabkan oleh kegiatan sehari-hari, berikut beberapa aktivitas yang dapat menyebabkan wajah tidak simetris :

1. Sering mengunyah makanan pada satu sisi saja

Aktivitas mengunyah makanan pada satu sisi mulut membuat salah satu pipi menjadi lebih besar dan pipi lainnya akan terlihat kecil yang menyebabkan wajah tidak simetris.

Hal ini dikarenakan sisi mulut yang sering dibuat saat mengunyah makanan mengalami perubahan komposisi lemak, otot dan berdampak pada bentuk tulang pipi serta rahang. Mulai sekarang untuk mengunyah makanan pada kedua sisi secara bergantian agar aktivitas otot pada kedua sisi tumbuh seimbang.

2. Bertopang dagu

Kebiasaan dagu menopang sering kita lakukan, entah saat mendengarkan materi di sekolah atau saat duduk sendirian untuk mencari inspirasi.

Ternyata, aktivitas menopang dagu dapat membuat wajah tidak simetris . Itu disebabkan karena aktivitas bertopang dagu dapat membuat sendi tertekan. Jika aktivitas ini terjadi secara terus menerus akan menyebabkan rahang bergeser dan miring.

3. Tidur dalam posisi menyamping

Tidur dalam posisi menyamping memang dapat mengurangi dengkuran, namun siapa sangka dengan posisi miring dapat menyebabkan sisi lain tidur tertekan. Cinta untuk mengganti posisi tidurmu, contohnya hari ini kamu tidur menyamping ke kanan, besok tidur menyamping ke kiri.

4. Membawa barang berat hanya bertumpu pada satu sisi tubuh

Semasa sekolah atau kuliah, banyak dari kamu menggunakan tas yang bertipe cross body backpack ataupun messenger bag yang di mana tas-tas tersebut bertumpu pada satu sisi tubuh saja.

Jika kamu menggunakan tas model ini dalam jangka waktu yang lama, ini akan berpengaruh pada struktur bahu dan punggung. Karena struktur tulang pada tubuh saling terkoneksi, tulang bahu yang tidak seimbang akan membuat struktur tulang pada wajah tidak simetris.

5. Kebiasaan merokok

Sebuah penelitan tahun 2014 yang diterbitkan Plastic Reconstructive Surgery Journal mengungkapkan bahwa kebiasaan merokok dapat menyebabkan ketidaksimetrisan wajah. Itu dikarenakan adanya zat kimia yang terkandung di dalam rokok.

Nah itu tadi beberapa kebiasaan yang dapat menyebabkan ketidaksimetrisan wajah . Mari sekarang perbaiki kebiasaan buruk, sekecil apapun itu.

Latest articles