Pembahasan Seputar Mimpi

ENSIPEDIA.ID, Jakarta – Bunga tidur atau yang lebih dikenal dengan ‘mimpi’ merupakan kejadian yang sudah tidak asing bahkan setiap tidur kita pasti pernah mengalaminya.
Baik mimpi buruk yang sampai membuat kamu berkeringat karena ketakutan saat bangun atau mimpi indah yang mana kamu akan merasa bahagia terkadang sampai tersenyum saat bangun. Berbicara mengenai mimpi, apa kamu tahu apa itu mimpi?

Apa Itu Mimpi?

Mimpi adalah sebuah gambaran saat tidur yang diciptakan pikiran–ditandai dengan munculnya kejadian kognitif, sensorik, dan emosional selama tidur. Setiap orang yang mengalami mimpi hampir tidak mempunyai kendali atas gambar, konten, serta aktivasi memorinya.
Belum ada penjelasan pasti mengenai mimpi sampai saat ini. Saat seseorang bermimpi, ia akan dipenuhi oleh emosi, figur, serta pengalaman nyata mengandung tema, kekhwatiran, dan objek yang berhubungan dengan hidup seseorang saat terbangun.

Kapan Mimpi Terjadi?

Mimpi terjadi tepatnya pada siklus tidur terakhir yaitu; fase Rapid Eyes Movement (REM). Berikut ini merupakan lima tahapan siklus tidur sampai biasanya kamu bermimpi.

1. Tahap Pertama
Pada tahapan ini sekitar 4-5 persen dari keseluruhan tidur seseorang yang mana gerakan mata akan lambat serta kinerja otak juga berkurang.

2. Tahap Kedua
Pada tahapan ini akan terjadi sleep spindle (semburan gerakan otak cepat) disertai dengan berhentinya gerakan mata serta gelombang otak menjadi lambat. Sekitar 45 persen keseluruhan tidur pada fase ini.

3. Tahap Ketiga
Tahapan ini disertai dengan lambatnya gelombang otak serta akan muncul gelombang delta yang diikuti dengan gelombang otak yang jauh lebih kecil.

4. Tahap Keempat
Tahap 3-4 dapat disebut juga dengan kondisi tidur nyenyak. Sangat susah untuk membangunkan seseorang pada fase ini, beberapa bahkan tidak sadar adanya suara atau gerakan di sekitarnya. Jika kamu terbangun dalam tahap ini maka akan sulit untuk cepat menyesuaikan diri.

5. Tahap Kelima
Rapid Eyes Movements (REM) adalah sebutan untuk tahapan terakhir dalam siklus tidur. Fase ini akan membuat tekanan darah naik dan detak jantung meningkat. Selain itu, otot tungkai lumpuh sementara, pernapasan juga lebih cepat, pendek dan tidak teratur. Untuk pria, ereksi pen*s juga dapat terjadi.

Kenapa Bisa Memimpikan Seseorang?

Vocata George, ph. D– seorang Jungian Analyst at the C.G Jung Education Center of Cleveland mengatakan bahwa mimpi adalah hal simbolis, bukan sungguhan.
Artinya, tidak selalu ada keterkaitan antara mimpi kamu dengan kenyataan yang ada. Barangkali memang ada, namun tidak cukup bukti untuk menyatakan bahwa mimpi dapat menggambarkan kejadian masa depan.
Orang yang muncul di mimpi kamu adalah mereka yang sering muncul dari pengalaman pribadimu juga. Baik itu kenangan, pencapaian, aktivitas serta masalah orang tertentu.
Dr. John Mayer– Psikolog Klinis di Amerika Serikat mengatakan– jika kamu bermimpi mantan pacar bukan berarti masih cinta, hanya saja hal ini memang sering terjadi secara acak tanpa ada penyebabnya.
Hal yang pasti saat memimpikan seseorang adalah– kamu bisa belajar banyak mengenai perasaan serta nilai tertentu. Hal ini dikarenakan– seringkali mimpi mempunyai arti dan keterkaitan yang detail bagi setiap orang.

Kategori Orang yang Masuk Dalam Mimpi

Sebuah penilitian dalam Journal Sleep Research menemukan fakta tentang orang-orang yang sering datang dalam mimpi. Berikut ini bukti dari penilitian yang melibatkan setidaknya 320 laporan kasus mimpi.
  • Si Pemimpi menenal sekitar 48 persen karakter nama yang dikenal
  • Karakter seseorang muncul karena adanya peran sosial seperti profesi atau bisa juga karena mempunyai hubungan seperti pacar atau mantan; dan
  • Setidaknya sekitar 16 persen lain tidak dikenal.

Karakter yang masuk ke dalam mimpi terbagi menjadi:

  • Penampilan sekitar 32 persen
  • Perilaku sekitar 21 persen
  • Interaksi secara langsung sekitar 45 persen; dan
  • Orang yang hanya sekadar tahu sekitar 44 persen.
Meski begitu, tidak ada hubungan pasti saat memimpikan seseorang. Hal ini juga termasuk siapa saja yang muncul dalam mimpi seseorang dan ada keterkaitan apa dengan kamu.

Latest articles