Mengenal Apa itu Lucid Dream

ENSIPEDIA.ID, Jakarta – Pernahkan Anda menyadari bahwa Anda sedang bermimpi ketika masih dalam keadaan tidur? Kondisi tersebut merupakan fenomena Lucid Dream (mimpi sadar). Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai lucid dream, berikut ini penjelasannya.
𝐏𝐞𝐧𝐠𝐞𝐫𝐭𝐢𝐚𝐧 𝐋𝐮𝐜𝐢𝐝 𝐃𝐫𝐞𝐚𝐦
Lucid dream atau dalam bahasa Indonesia disebut mimpi sadar adalah sebuah fenomena ketika seseorang menyadari sepenuhnya bahwa dirinya sedang bermimpi. Istilah lucid dream dicetuskan oleh psikiater dan penulis asal Belanda, Frederik van Eeden.
Ketika mengalami lucid dream, seseorang akan menyadari bahwa yang ia alami itu hanyalah mimpi. Selain menyadari mimpinya tersebut, bahkan orang yang mengalami lucid dream juga memungkinkan untuk mengendalikan mimpinya itu sendiri.

𝐏𝐞𝐧𝐞𝐥𝐢𝐭𝐢𝐚𝐧 𝐌𝐞𝐧𝐠𝐞𝐧𝐚𝐢 𝐋𝐮𝐜𝐢𝐝 𝐃𝐫𝐞𝐚𝐦

Fenomena lucid dream merupakan fenomena yang umum terjadi. Menurut penelitian, sekitar 55% orang dewasa pernah mengalami satu kali atau lebih lucid dream.
Namun, meski para ilmuwan telah melakukan berbagai penelitian mengenai lucid dream, mereka belum mengetahui secara persis bagaimana dan mengapa lucid dream bisa terjadi.
Tetapi, sebagian ahli percaya bahwa fenomena ini berkaitan dengan aktivitas pada bagian depan otak, yang disebut prefrontal cortex. Bagian otak ini merupakan bagian yang terlibat dalam pengambilan keputusan dan mengingat ingatan.

𝐀𝐝𝐚𝐤𝐚𝐡 𝐄𝐟𝐞𝐤 𝐍𝐞𝐠𝐚𝐭𝐢𝐟 𝐝𝐚𝐧 𝐌𝐚𝐧𝐟𝐚𝐚𝐭 𝐝𝐚𝐫𝐢 𝐋𝐮𝐜𝐢𝐝 𝐃𝐫𝐞𝐚𝐦

Lucid dream dapat memberikan beberapa manfaat bagi yang mengalaminya loh, antara lain yaitu: mengurangi kecemasan, melatih keterampilan motorik, dan dapat melatih kreativitas.
Namun di samping itu lucid dream juga ternyata memiliki efek buruk bagi tubuh, karena pada kasus tertentu, orang yang mengalami lucid dream bisa juga mengalami “Sleep Paralysis” atau yang biasa disebut ketindihan, kondisi ini bisa mengakibatkan kualitas tidur berkurang sehingga akan mengalami kelelahan karena kurang tidur.
Nah, itu dia penjelasan mengenai lucid dream. Kalau Anda pernah mengalami fenomena lucid dream, tak perlu khawatir, karena fenomena ini umum terjadi.
Namun, apabila Anda mengalami masalah fisik atau psikologis yang disebabkan oleh lucid dream, sebaiknya perikasakan diri Anda ke dokter.

Latest articles