Mengapa BPOM Melarang Susu Kental Manis Diseduh?

ENSIPEDIA.ID, Kendal – Susu kental manis, adalah cairan bertekstur kental dan memiliki rasa yang manis dan pertama kali diperkenalkan pada tahun 1852 oleh peternak sapi perah di Inggris. Kini susu kental manis telah banyak diketahui oleh orang-orang di seluruh dunia.

Para orang tua maupun anak-anak banyak menggunakannya untuk topping makanan ataupun campuran minuman. Tak ayal, banyak juga yang langsung meminumnya dengan cara diseduh dengan air hangat.

Eh tapi sudah tahu belum, bahwa susu kental manis ternyata tidak boleh diseduh, lho! Hal ini juga dikemukakan langsung oleh BPOM. Yuk, simak penjelasannya.

Apa saja pelarangan yang dikeluarkan oleh BPOM? 

Penggunaan susu kental manis ternyata tidak boleh diseduh | Pixabay

1. Visualisasi pada kemasan atau iklan yang menggambarkan SKM dalam gelas

Selain melarang penggunaan visualisasi SKM dalam gelas, BPOM juga melarang visualisasi SKM yang diseduh atau diminum langsung.

Selanjutnya, BPOM mewajibkan produsen, importir dan distributor SKM untuk menuliskan pesan peringatan pada label dan kemasan produk. Adapun yang wajib dicantumkan adalah “Perhatikan! Tidak untuk menggantikan air susu ibu,” “tidak cocok untuk bayi sampai usia 12 bulan” dan tulisan “tidak dapat digunakan sebagai satu-satunya sumber gizi.”

2. Digunakan untuk minuman dengan cara diseduh

SKM hanya boleh digunakan sebagai toping makanan dan minuman saja, seperti martabak manis, kue, kopi, dll. Artinya, SKM tidak boleh dikonsumsi dengan cara diseduh dan diminum langsung.

3. Digunakan sebagai asupan pengganti susu

SKM sangat tidak cocok digunakan untuk pengganti ASI. Hal ini lantaran SKM tidak begitu banyak mengandung gizi sehingga bukan satu-satunya sumber gizi yang tentunya dibutuhkan oleh bayi.

Peraturan yang dikeluarkan oleh BPOM

Susu kental manis ternyata sudah terdapat peraturannya |  EugeneTomeev

BPOM ternyata juga sudah merilis peraturan tertulisnya tentang hal ini, lho. Peraturan ini masuk pada BPOM No 31 tahun 2018 tentang label pengolahan pangan.

Di dalamnya, BPOM menegaskan bahwa penggunaan SKM yang tepat adalah untuk topping makanan, lalu mengeluarkan regulasi baru tentang visualisasi periklanan SKM.

Nah, itulah tadi point penting yang menjadi jawaban mengapa susu kental manis dilarang untuk diseduh. Ternyata selama ini masyarakat masih salah dalam mengonsumsi SKM, ya. Menurut saya sendiri mengapa masyarakat masih salah dalam hal ini karena kurangnya sosialisasi dari pihak yang berperan dalam bidang pangan, dan juga kurangnya literasi atau minat masyarakat dalam mengetahui manfaat dan mudharat suatu makanan dan minuman.

Hilmi Harsaputra
Menyukai alam dan dunia secara fisik, flora fauna serta astronomi.

Latest articles