Apakah Minuman yang Kemasukan Lalat Boleh Diminum?

ENSIPEDIA.ID, Jakarta – Siapa yang tidak kenal dengan hewan yang satu ini, hewan ini ada dimana-mana, mau di tempat yang kotor maupun di tempat rumah anda berada. Kebiasaan lalat yang hinggap di tempat-tempat kotor membuat bahaya jika lalat hinggap di makananmu.

Dalam literasi kilat kali ini saya akan membahas apakah boleh mengkomsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi lalat? Apa resiko jika kita menikmati atau memakan makanan yang sudah dihinggapi lalat?. Yuk kita bahas lebih lanjut.

Kita tahu bahwa lalat yang sering menempel di makanan biasanya tidak memiliki racun, alat penyegat, dan taring. Lalat tidak memiliki gigi, jika makan makanan yang padat biasanya menggunakan air liur atau muntah pada makanan sebelum memakannya.

Senyawa air liur dan empedu lalat akan memecah makanan dan menjadi bubur seperti smoothie. Lalat memang makhluk yang menjijikan. kadang-kadang saat lalat sedang makan dia juga buang air besar, dan kalau lalatnya betina dia juga bertelur.

Bolehkah Mengkomsumsi Makanan atau Minuman yang Terkontaminasi Lalat?

Sebenarnya jika makanan atau minuman kalian ada lalatnya dan lalat itu bertelur, jika telur itu tidak sengaja kamu makan, sebenarnya makan telur lalat itu juga akan mati tercerna dengan sendirinya oleh asam lambung.

Namun yang bahaya sebenarnya ada di kaki-kaki lalat atau permukaan tubuhnya. Kita tau kebiasaan lalat yang sering menempel di tempat-tempat yang kotor membuat lalat menjadi hewan yang membawa banyak bakteri jahat.

Taukah kamu menurut para ahli, jika dibandingkan dengan kecoa, lalat ternyata lebih kotor. Satu ekor lalat saja bisa membawa sekitar 300 lebih jenis virus, bakteri, dan parasit penyebab penyakit.

Dengan penjelasan tadi bisa dikatakan jika makanan yang kalian miliki dihinggapi lalat dan kalian langsung memakannya maka resikonya kuman akan masuk dan berkembang biak, dan efeknya akan menyebabkan infeksi.

Risiko Penyakit yang Dibawa oleh Lalat

Ada banyak resiko jika kamu memakan makanan yang baru saja dihinggapi seekor lalat. Apa saja jenis kuman yang di bawa oleh lalat? Menurut berbagai sumber referensi jika lalat hinggap di makanan kalian, dia akan membawa berbagai jenis kuman penyakit sebagai berikut :

  • E.coli
  • Helicobacter pylori
  • Salmonella
  • Rotavirus
  • Virus hepatitis A

Yang tidak kalah mengejutkannya lagi Badan Kesehatan Dunia (WHO) juga ikut mengeluarkan pernyataan bahwa ada beberapa jenis penyakit yang disebabkan oleh lalat sebagai berikut :

  • Disentri
  • Diare
  • Demam tifoid atau Tipes
  • Kolera
  • Infeksi Mata
  • Infeksi kulit

Sudah taukan jika seekor lalat bisa sangat berbahaya bagi tubuh. yuk mulai sekarang jaga kebersihan dan jangan biarkan lalat hinggap di makananmu. Apakah kamu mau makan makanan yang sudah diludahi atau dimuntahi lalat? Tidak bukan.

Latest articles