Hal-hal yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum dan Sesudah Vaksin Covid-19

ENSIPEDIA.ID, MANADO Angka penularan Covid-19 di Indonesia masih naik turun. Seperti yang dilansir dari laporan Satgas Covid-19, hingga Selasa (31/8/2021) angka penularan Covid-19 mencapai 10.534 kasus baru, bertambah sebanyak 5.098 kasus dari hari sebelumnya yang hanya mencapai 5.436 kasus. 

Mengingat masih tingginya tambahan kasus positif Covid-19, maka masyarakat selalu diminta untuk selalu memiliki tanggung jawab yang tinggi dan kolektif dalam mematuhi protokol kesehatan, seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.
Menurut penelitian, dengan rajin mencuci tangan berpotensi menurunkan risiko penularan virus Covid-19 sebesar 35%, sedangkan memakai masker berpotensi mengurangi risiko penularan hingga 45% (masker kain) dan 75% untuk masker medis.
Tak hanya dengan rajin mencuci tangan dan menggunakan masker, namun untuk menekan angka penularan Covid-19 maka perlu adanya penanganan yang lebih serius. Untuk itu, masyarakat dianjurkan untuk mengikuti program vaksinasi. Pemberian vaksinasi sendiri bertujuan untuk membentuk kekebalan tubuh dari potensi penularan virus, sehingga apabila suatu saat terpapar, maka tidak akan sakit parah atau hanya mengalami sakit ringan.
Vaksinasi dianggap sebagai salah satu cara paling efektif untuk melindungi diri dari ancaman virus corona. Tapi sayangnya, masih banyak masyarakat yang enggan melakukan vaksinasi lantaran dihantui berbagai gejala yang dirasa menakutkan. Padahal, efek atau gejala yang muncul setelah vaksin merupakan hal yang wajar terjadi. Hal tersebut menandakan reaksi dari terbentuknya antibodi baru yang nantinya akan melawan virus yang masuk ke dalam tubuh.
Berdasarkan data terbaru hingga Selasa (30/8/2021) pukul 21.00 WIB dilaporkan, jumlah masyarakat yang telah menerima vaksinasi dosis kedua mencapai 36.050.866 orang atau 17,31 persen dari sasaran vaksinasi. Sedangkan, jumlah masyarakat yang telah menerima vaksinasi dosis pertama sebanyak 63.491.357 orang atau 30,49 persen dari sasaran vaksinasi.
Supaya tidak ragu dan lebih yakin untuk melakukan vaksinasi, berikut ini beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum dan sesudah vaksinasi Covid-19.

Latest articles