Apakah Rokok Bisa Menyebabkan Kecanduan?

ENSIPEDIA.ID, Jakarta – Tidak ada habisnya kalau berbicara tentang rokok. Untuk kebanyakan orang khususnya para perokok, merokok adalah suatu kewajiban yang harus dipenuhi, kalau tidak maka akan terasa ada yang kurang. Walaupun kita tahu bahwa rokok bisa menyebabkan kecanduan.

Sebenarnya kenapasih seorang perokok sangat sulit untuk melepas kebiasaanya itu. Apakah di dalam rokok ada suatu zat yang membuat candu?. Sehingga membuat para perokok sangat sulit untuk melepas kebiasaannya tersebut.

Hal yang harus kamu tahu dahulu adalah dalam rokok itu terdapat banyak sekali zat-zat berbahaya bagi tubuh. Maka untuk kalian yang sedang mencoba untuk mulai merokok, mending pikir-pikir dahulu.

Menurut laman “Kementrian Kesehatan Republik Indonesia” dalam satu batang rokok saja terkandung lebih dari 4000 jenis senyawa kimia, 400 zat berbahaya, dan 43 zat penyebab kanker.

Namun di sini saya tidak akan membahas zat-zat yang berbahaya itu. Tetapi hanya fokus membahas tentang zat yang membuat candu para perokok.

Bagaimana Rokok Bisa Menyebabkan Kecanduan?

Sebenarnya zat apa yang membuat candu?. Zat yang membuat candu para perokok adalah zat yang bernama nikotin. Apasih itu nikotin? Kenapa bisa membuat candu?

Nikotin sendiri adalah senyawa organik yang masuk dalam kelompok alkaloid. Senyawa ini biasanya dihasilkan secara alami oleh berbagai macam tumbuhan. Contoh salah satunya adalah tembakau.

Baca juga : Merokok Sambil Berkendara, Awas Bisa Terjerat Hukum

Kadar nikotin yang terdapat pada tembakau sendiri mencapai 0,6 sampai 3% dari berat kering tembakau. Kalau untuk makanan yang sering kita konsumsi seperi tomat, terung, kentang. Kandungan nikotinnya hanya sekitar 200 nanogram per gram dari berat kering atau kurang dari 0,00002%

Disisi lain, nikotin juga bersifat adiktif. Apa yang dimaksud zat adiktif? Adiktif yang dimaksud di sini adalah zat atau bahan lainnya yang bukan merupakan narkotika/psikotropika yang mempunyai pengaruh pada kerja otak dan efeknya bisa menimbulkan ketergantungan.

Kesimpulan

Rata-rata dalam sebatang rokok memberikan 2mg nikotin ke dalam tubuh para perokok. Hal inilah yang membuat para perokok kecanduan rokok, karena ada kandungan nikotin yang bersifat adiktif.

Jadi untuk kesimpulannya apakah rokok bisa menyebabkan kecanduan? Jawabannya bisa. Karena di dalam rokok sendiri terdapat suatu zat adiktif yang bernama nikotin.

Latest articles