7 Khasiat Beras Kencur Beserta Penjelasannya dan Cara Membuatnya Terbaru

Beras kencur merupakan salah satu jenis jamu yang dipercaya sejak dulu oleh nenek moyang kita sebagai penambah nafsu makan. Beras kencur terdiri dari bahan bahan seperti beras, kencur, gula merah, dan asam jawa. Beras kencur memiliki rasa yang manis dan segar, sehingga disukai oleh semua kalangan umur. Para ibu di zaman dahulu memberikan beras kencur kepada anak mereka untuk membantu menambah nafsu maka.

Pasca kelahiran menjadi proses paling menyakitkan bagi seorang ibu. Penyembuhan luka yang memakan waktu lama, stamina banyak yang terkuras, sampai otot otot yang terasa pegal. Membuat para ibu mempercayakan beras kencur. Karena beras kencur dipercaya para ibu pada zaman dahulu sebagai pembantu untuk mempercepat proses penyembuhan luka pasca kelahiran. Memiliki segudang manfaat dan disukai berbagai kalangan, inilah 7 Khasiat Beras Kencur Beserta Penjelasannya dan Cara Membuatnya Terbaru.

7 Khasiat Beras Kencur Beserta Penjelasannya

Mungkin kalian hanya mengetahui khasiat beras kencur sebagai penambah nafsu makan. Tapi apakah kalian sudah mengetahui selain bermanfaat sebagai penambah nafsu makan, beras kencur memiliki segudang khasiat yang bisa kalian rasakan, simak penjelasannya dalam artikel di bawah ini. 

Penambah nafsu makan.

Para ibu sering mengkhawatirkan pertumbuhan anaknya yang susah makan, sehingga para ibu memberikan minuman beras kencur sebagai penambah nafsu makan bagi anak mereka. Rasanya yang manis dan segar menjadi alasan bagi anak kecil menyukainya.

Mengobati sakit flu

Memiliki efek hangat yang dihasilkan beras kencur menjadi alasan sebagai pembantu penyembuhan mual mual gejala flu. Dan sensasi hangatnya juga dapat membantu meringankan sakit kepala, pegal, dan batuk.

Mengobati sariawan

Selain efek hangat, beras kencur juga memiliki khasiat anti bakteri yang dapat menyembuhkan sariawan. Selain itu beras kencur mengandung minyak atsiri sehingga dapat menyembuhkan masalah tenggorokan lainnya. 

Mengobati Infeksi

Seperti yang sudah dijelaskan beras kencur memiliki anti bakteri, sehingga dapat mengobati segala macam infeksi luar maupun dalam. Yang dapat melawan bakteri yang bersarang di tubuh kita.

Mengobati Diare

Beras kencur mengandung zat sitotoksik yang dapat mengobati sakit diare. Diare disebabkan karena infeksi saluran pencernaan, sehingga anti bakteri dari beras kencur dapat melawan infeksi tersebut. 

Anti Diabetes

Memiliki antioksidan tinggi sehingga dapat menjaga kesehatan tubuh, dan mengontrol berat badan sehingga tidak terjadinya diabetes ataupun obesitas.

Mencegah Kanker

Beras kencur mengandung etil p metoksisinamat yang dapat mencegah anti kanker. Kandungan tersebut dapat menghambat proliferasi sel karsinoma hati hepatoseluler yang nantinya menjadi cikal bakal kanker.

Cara Membuat dan Mengolah Beras Kencur

Setelah mengetahui banyaknya khasiat dari beras kencur sebaiknya kalian juga mengetahui cara membuat dan mengolah beras kencur. Mari simak cara membuat dan mengolah beras kencur.

Bahannya :

  • Kencur 3.
  • Jahe 1.
  • Beras 100 gram.
  • Asam jawa 1 sendok.
  • Kunyit 5 cm.
  • Gula jawa dan gula pasir secukupnya.
  • Air 3 gelas.

Cara membuatnya :

  1. Kupas kulit kencur, jahe, dan kunyit, cuci, kemudian parut dan haluskan.
  2. Rendam beras ke dalam air selama 3 jam, sangrai, kemudian haluskan.
  3. Panaskan air, setelah panasnyay cukup masukkan kencur, jahe, dan kunyit, asam jawa yang sudah di jadikan air asam, gula jawa dan gula pasir.
  4. Rebus hingga sampai mendidih dan bergelembung.
  5. Jika sudah mendidih dan bergelembung, saring airnya, kemudian buang ampasnya.
  6. Setelah itu masukkan sedikit beras yang sudah dihaluskan tadi ke dalam air rebusan.
  7. Aduk hingga sampai merata, diamkan sementara hingga sampai sisa ampas mengendap dibawah.
  8. Setelah itu sajikan beras kencur, dan minumlah selagi dalam kondisi hangat.

Beras kencur menjadi jamu yang memiliki segudang khasiat dan memiliki rasa yang nikmat, sehingga tidak heran banyak yang menyukainya. Cara pembuatannya pun sangat mudah dan bahannya pun sangat mudah untuk didapatkan. Setelah mengetahui info tentang beras kencur apakan kalian sudah mulai tertarik untuk meminum jamu beras kencur?.

Beras kencur pun sangat mudah kita cari di kedai jamu, sehingga tidak ada kata sulit untuk mendapatkan minuman jamu yang satu ini. 

Latest articles