Kebiasaan Menunda-nunda yang Harus Dihindari

ENSIPEDIA.ID, Tangerang – Mungkin, ada dari kita yang jika mengerjakan tugas atau pekerjaan lainnya baru mulai dikerjakan saat mendekati batas waktunya (deadline). Namun, walau tugasnya dikerjakan dalam waktu yang singkat, tugas tersebut tetap bisa selesai tepat waktu. Hal seperti ini ada yang menyebutnya sebagai “The power of kepepet”.

Sepertinya, kebiasaan ini banyak dilakukan oleh orang Indonesia yang terkenal santai dalam melakukan sesuatu. Contohnya saja, banyak orang diberi tugas yang harus diselesaikan dalam tempo seminggu. Sebenarnya, ia memiliki waktu 7 hari untuk menyelesaikan tugasnya, tetapi, 5 atau 6 hari sebelumnya ia belum mulai mengerjakan tugasnya karena terlalu mengabaikan atau ngegampangin tugas tersebut. Justru ia baru mulai mengerjakannya saat H-1, atau bahkan satu jam sebelum deadline. Namun, ajaibnya tugas tersebut tetap bisa selesai sesuai jadwal.

Alasan Kita Harus Meninggalkan Kebiasaan Berleha-leha

Ada yang menganggap bahwa “The power of kepepet” adalah sebuah “jurus” alamiah manusia. Jika dalam keadaan terdesak, manusia memang dapat memiliki cara untuk mengatasi suatu hal.

Walau begitu, kamu sebaiknya menghindari situasi seperti itu karena akan menimbulkan kebiasaan yang buruk. Berikut ini alasan mengapa kamu harus menghindari gaya hidup yang tidak disiplin waktu.

• Kamu tidak dapat mengatur manajemen waktumu dengan baik.
• Pekerjaanmu tidak berjalan dengan sempurna.
• Bisa memengaruhi dan menyulitkan pekerjaan orang lain.
• Kamu akan dicap tidak memiliki integritas.
• Meningkatkan kecemasan.

Nah, itu dia pembahasan mengenai “The power of kepepet”, sikap yang sebaiknya kamu hindari. Karena, jauh lebih baik jika kita tidak menunda-nunda dalam mengerjakan tugas atau sebuah pekerjaan.

Latest articles